SWARAShopping memang menyenangkan dan banyak orang yang menjadikannya sebagai hobi. Terkadang, shopping juga dijadikan cara untuk mengusir stres ringan. Tetapi, kegiatan menyenangkan ini bisa juga menjadi “senjata makan tuan”. Kalau kamu nggak mengaturnya dengan baik, hobi ini bisa membuat kamu jadi boros. Oleh karena itu, ada baiknya ada batasan kamu berlakukan pada kegiatan yang satu ini.

 

Sebenarnya, berbelanja itu sah-sah saja. Apalagi kalau mengingat hal ini merupakan bentuk dari penghargaan hasil kerja. Nah, saran saya, sembari kamu menikmati hasil kerja, persiapkan aturan yang jelas dan atur bujet yang diperlukan agar kamu tetap bisa menabung.

 

Artikel terkait: Mengamankan keuangan meski suka belanja

  1. 5 Jurus Jitu Mengatasi Kebiasaan Berbelanja Impulsif
  2. 7 Aplikasi yang Membantu Menghemat Saat Belanja Kebutuhan Sehari-Hari!
  3. Jangan Sampai Lapar Mata Melulu, Ini Tips Untuk Kendalikan Diri Saat Belanja!

 

1. Hindari nongkrong di mal

Terkadang, hasrat shopping bisa muncul tiba-tiba tanpa adanya keharusan untuk memenuhi kebutuhan. Misalnya saat kamu jalan ke mal atau pusat berbelanjaan lainnya, lalu kamu melihat barang yang menarik, keinginan untuk membelinya saat itu juga kadang terlintas di pikiranmu. Kita menyebutnya “lapar mata”.

 

Nah, dengan kamu mengurangi intensitas jalan ke mal, risiko untuk berbelanja karena “lapar mata” pun ikut berkurang. Jadi kalau ingin berhemat, menghindari mal dan membatasi waktu belanja, dua minggu sekali misalnya, bisa kamu terapkan.

 

2. Daripada beli, sewa saja

Kamu mungkin akan dihadapkan pada kebutuhan untuk membeli satu jenis barang tertentu untuk digunakan pada momen khusus. Misalnya kebutuhan traveling, gaun untuk ke pesta, dan lain sebagainya.

 

Daripada membeli, yang toh nantinya akan jarang kamu gunakan atau hanya digunakan sekali, lebih baik menyewa saja.

 

3. Menggunakan jasa titipan

Pernahkah kamu mendengar “jasa titip beli”? “Jasa titip-beli” bisa membantumu untuk menghemat saat ingin berbelanja suatu barang yang nggak ada di kotamu. Dengan demikian, kamu nggak perlu mengeluarkan ongkos berlebih untuk ongkos kirimnya.

4. Menekan pos belanja

Sebagai salah satu pemenuhan kebutuhan, belanja nggak jarang memang diperlukan. Tetapi, sebesar apapun kebutuhanmu, pastikan jumlah pengeluaran yang diperlukan nggak sampai mengganggu pos tabungan. Caranya, buatlah anggaran khusus belanja di satu bulan. Misalnya dengan mengalokasikan anggaran sebesar 10% dari penghasilan untuk belanja.

 

Nah saat ada barang yang sekiranya melebihi anggaran, cobalah dengan nggak mengambil dari pos lain. Cobalah dengan cara mendapatkan uang tambahan.

 

5. Manfaatkan promo

Promo dan diskon nggak jarang bikin shopaholic jadi gelap mata saat berbelanja. Tapi kalau kamu cukup jeli memanfaatkan musim diskon dan promo, kamu bisa berbelanja dengan hemat. Jeli dan nggak gelap mata, ingat!

 

6. Memanfaatkan poin reward

Selain diskon dan promo, beberapa pusat perbelanjaan sering pula memberikan program point reward untuk menggaet minat belanja masyarakat. Bukan sepenuhnya sesuatu yang salah dan wajib dihindari, point reward justru bisa membantu kamu menekan pengeluaran belanja. Dengan catatan, kamu jeli dan nggak gelap mata.

 

7. Pilih penawaran terbaik

Untuk mendapatkan harga terbaik pada suatu jenis barang, yang harus kamu lakukan tentu dengan memperbanyak referensi tempat belanja. Kenali tren harga pada pusat-pusat perbelanjaan dan pertimbangkan akses menuju pusat perbelanjaan tersebut sehingga kamu dapat benar-benar menekan pengeluaran belanja.

 

Artikel terkait: Trik menyiasati kebutuhan belanja, agar nggak boros

  1. Agar Nggak Boros Ketika Belanja Bulanan, Ikuti 6 Cara Ini!
  2. 5 Cara Ampuh Agar Belanja Nggak Boros, Coba Buktikan!
  3. Ini Dia 5 Tips Berbelanja Cerdas Buat Pria

 

Apapun itu, melakukan hal yang membuatmu senang masih bisa dilakukan dengan tetap menabung, asalkan kamu cermat dalam mengatur arus uangmu.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


HENDRATANU WIJAYAHENDRATANU WIJAYA