SWARA –  Libur Lebaran telah usai. Saatnya kembali beraktivitas seperti biasanya. Penulis sendiri masih merasa malas untuk kembali ke kantor, tapi tetap berusaha semangat melakoni pekerjaan. Selain masih terbawa suasana liburan, penulis juga merasa sedikit berdosa karena gaji bulan ini terpakai untuk keperluan Lebaran.

 

Budget untuk membeli baju Lebaran, buah tangan, dan angpau bagi sanak saudara membengkak sehingga terpaksa menggunakan sedikit gaji bulan ini. Kondisi seperti ini pasti banyak terjadi. Namun, kamu nggak perlu cemas karena ada cara untuk memulihkan kondisi keuangan pasca-Lebaran. Yuk, simak 6 tips yang dapat membantumu!

 

1. Susun kembali anggaran

Periksa sisa uang setelah Lebaran, baik yang ada di dompet maupun di ATM. Jumlahkan semuanya lalu susun kembali anggaran keuangan hingga akhir bulan. Bayar dulu tagihan-tagihan rutin, seperti cicilan, pulsa, listrik, air PDAM, iuran kebersihan, iuran kompleks, dan lain sebagainya. Kemudian sisanya baru untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Kalau biasanya langganan internet hingga Rp200 ribu, kamu bisa mengurangi menjadi Rp100 ribu saja dengan mencari paket internet lain.

 

Selain anggran rutin, jangan lupa mulai lagi menabung setelah Lebaran, wahai raqyat! Caranya gimana? Coba cek nabungyuk.com, yuk. Amar Bank punya 3 program menabung dan investasi yang bisa kamu coba dan pilih sesuai dnegan kebutuhanmu.

 

Butuh tabungan biasa? Kamu bisa coba Tabungan Aster yang bisa dimulai dengan menabung Rp50.000 saja. Atau mau coba tabungan berjangka? Coba buka TAMARA, saja. Kamu sudah bisa menabung mulai dari Rp100.000 per bulan dan lama periode menabungnya bisa kamu pilih sendiri, Kawan Tunaiku. Bunganya juga nggak kalah saing dengan bank lain, kok, yaitu 5,5% per tahunnya. Lumayan, kan? Atau kalau kamu sudah punya sejumlah uang yang mau kamu diamkan saja tak perlu disentuh, cobain program Deposito, deh. Dengan bunga 6,5% per tahunnya, kamu bisa punya tabungan Deposito dengan minimal menabung sebesar Rp1.000.000.

 

Penasaran untuk detailnya? Langsung saja ke nabungyuk.com, isi data diri, dan tim kami akan menghubungi kamu untuk proses selanjutnya. Jadi kamu nggak perlu repot ke kantor cabang Amar Bank untuk buka rekening. Mudah, kan?

 

 

Artikel Terkait: Tips Hemat di Akhir Bulan

  1. 5 Cara Bikin Hemat Bujet Makan Selain Bawa Bekal
  2. Tips Agar Hemat Kuota Saat Browsing Melalui Google
  3. Ini 6 Cara Mudah Menghemat Bensin, Wajib Tahu!

 

2. Batasi pengeluaran

Cara lain untuk memulihkan kondisi keuangan adalah dengan prioritaskan kebutuhan mulai dari yang penting hingga kurang penting. Kamu juga bisa memangkas pengeluaran-pengeluaran lain yang hanya sekedar keinginan, bukan kebutuhan. Misalnya, kamu ingin membeli baju baru hanya karena bentuknya unik, padahal sebenarnya nggak membutuhkan baju tersebut. Maka, kamu nggak perlu untuk membelinya.

 

Batasi pengeluaranmu, upayakan agar uang yang keluar dari dompet benar-benar untuk hal-hal yang bermanfaat. Berhematlah dengan mencari diskon dan cashback ketika berbelanja, meski terlihat kecil, tapi kalau dihitung-hitung lumayan juga, lho!

 

3. Tetapkan pengeluaran harian

Cara yang ampuh untuk menghemat pengeluaran adalah dengan menetapkan pengeluaran harian. Misalnya, per hari jatahnya Rp50 ribu untuk membeli makan siang, uang bensin, dan keperluan lain. Kalau ada sisa uangnya bisa digunakan untuk membeli kebutuhan lain. Namun, usahakan agar budget harian nggak melebihi Rp50 ribu agar uangmu sampai akhir bulan tetap aman.

 

4. Bawa uang secukupnya

Ketika bepergian kamu mungkin terbiasa membawa uang lebih. Namun, uang tersebut akhirnya habis juga digunakan untuk berbelanja. Sebaiknya buatlah daftar belanja ketika akan membeli sesuatu dan bawalah uang secukupnya saja untuk menghindari belanja konsumtif.

 

5. Hindari pusat perbelanjaan dan situs belanja online

Ketika ingin berhemat, hindari pusat perbelanjaan dan situs belanja online karena kamu bakal mudah tergiur pada diskon-diskon yang ditawarkan. Hal ini justru akan membuatmu stres karena ingin berbelanja sedangkan kamu sedang nggak punya banyak uang.

 

Artikel Terkait: Tips untuk Memiliki Karier Gemilang

  1. 7 Skill Ini Wajib Kamu Miliki untuk Karier yang Gemilang
  2. 5 Hal Kecil Sepele Ini Ternyata Dapat Membuat Kariermu Semakin Naik
  3. Benarkah Pengalaman Bekerja Sangat Berpengaruh dalam Kemajuan Karier?

 

6. Cari hiburan yang murah

Untuk mengisi waktu di hari libur, cari hiburan yang murah, misalnya menonton film di rumah, pergi jalan-jalan ke pantai, mengunjungi museum, atau memasak dan membuat kue. Kamu juga bisa memanfaatkan hari libur untuk jogging di taman dekat rumah. Selain mendapatkan hiburan yang murah, badanmu pun akan sehat.

 

Itulah 6 tips pulihkan kondisi keuangan pasca-Lebaran. Mudah untuk dilakukan, bukan?

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

    PAULUS RISANG

 

 

 

 

 

Tunaiku