SWARA – Di bulan Ramadan, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa. Esensi puasa nggak sekadar menahan haus dan lapar, tetap juga menahan hawa nafsu, termasuk nafsu untuk belanja.

 

Ketika kita kini hanya makan dua kali sehari, yaitu saat sahur dan berbuka, seharusnya pengeluaran belanja untuk bulan ini bisa semakin irit. Namun, dari pengalaman yang sudah-sudah, kok, justru semakin boros, ya? Saat puasa, kita justru tergoda untuk belanja ini-itu untuk persiapan sahur dan berbuka, yang lebih ‘wah’ daripada makan sehari-hari.

 

Nah, biar pengeluaranmu selama Ramadan tetap terkontrol, simak dulu beberapa tips belanja antiboros berikut ini.

 

Artikel Terkait: Tips Ramadan

  1. Ramadan Tiba, Ini 7 Aktivitas Seru Saat Ngabuburit yang Anti-mainstream!
  2. Persiapan Jelang Ramadan, Ini 4 Cara Tetap Produktif Walaupun Berpuasa
  3. Suka masak? 10 Takjil ini Bisa Kamu Coba Jual untuk Dapat Peruntungan Selama Bulan Ramadan

 

1. Rencanakan variasi menu sahur dan berbuka selama Ramadan

Sebelum memutuskan untuk berbelanja, ada baiknya kamu merencanakan variasi menu sahur dan berbuka untuk 1-2 minggu ke depan.

 

Usahakan untuk memperkirakan bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan dan berapa banyak. Biar lebih nyaman, manfaatkan bahan-bahan yang bisa diolah menjadi aneka masakan agar kamu dan keluarga gak gampang bosan.

 

2. Buatlah daftar belanja

Grocery list atau daftar belanjaan adalah cara sederhana yang ampuh mengontrol pengeluaran kamu. Sebelum pergi berbelanja, terlebih dulu siapkan daftar belanjaan yang akan kamu beli nanti. Akan lebih baik lagi jika kamu juga sudah mempersiapkan menu untuk sahur dan berbuka agar kebutuhan belanjamu tetap pada jalurnya.

 

3. Cek harga promo

Supermarket biasanya menawarkan berbagai promo menarik selama Ramadan. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan harga terbaik dari barang-barang kebutuhanmu. Jangan ragu untuk membandingkan berbagai promo dari berbagai supermarket di sekitar tempat tinggalmu agar kamu bisa mendapatkan harga termurah.

 

4. Disiplin berbelanja sesuai list yang sudah dibuat

Ketika berbelanja kebutuhan di supermarket, kamu mungkin akan tergoda dengan beragam produk dan promo yang sebenarnya nggak kamu butuhkan. Nah, inilah gunanya daftar belanja yang kamu buat di poin 2, agar belanjamu tetap terkontrol.

 

Ingat, puasa berarti kita harus menahan hawa nafsu. Untuk itu, pastikan kamu belanja secukupnya saja. Usahakan untuk nggak tergoda membeli barang di luar list yang sudah kamu buat.

 

5. Hindari membeli stok terlalu banyak

 

Wajar saja bila kamu menginginkan stok bahan makanan yang cukup selama Ramadan. Namun, bukan berarti kamu harus membeli banyak. Sayang, kan, kalau justru terbuang? Nah, biar uang belanjamu nggak membengkak, pastikan kamu juga menyiapkan bujet untuk setiap kali belanja.

 

Artikel Terkait: Tips Hemat Selama Puasa

  1. Begini Caranya Menerapkan 30 Hari Antiboros Saat Ramadan Tiba!
  2. 5 Trik Menabung Selama Ramadan untuk Tambahan DP Rumah
  3. Lebih Hemat #TunaikanRamadan dengan Bahan Makanan Murah Tapi Sehat

 

6. Kurangi buka bersama di luar

Selama Ramadan, ajakan untuk buka bersama banyak berdatangan. Namun, bukan berarti kamu harus mengiyakan semuanya karena itu bisa menguras uang belanjamu. Pastikan kamu memilah mana yang layak untuk didatangi. Biar lebih hemat, kamu bisa mengajak mereka buka bersama di rumah dengan cara potluck, yaitu tiap tamu membawa makanan sendiri untuk dibagi.

 

Itu tadi beberapa tips belanja anti boros semalam Ramadan. Yuk, jaga hawa nafsu dari belanja yang berlebihan!

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

    PAULUS RISANG

 

 

 

 

 

Mobile Site CTA