SWARA – Lebaran yang tinggal menghitung hari jadi momen menyenangkan yang ditunggu-tunggu. Bersyukur karena sudah satu bulan lamanya menahan lapar dan hawa nafsu patut kita rayakan bersama keluarga tercinta. Selain berkumpul bersama, turunnya uang THR dari tempat kerja menjadi hal yang juga ditunggu-tunggu.

 

Bagi pekerja yang sudah bekerja 1 tahun atau lebih bisa mendapatkan THR penuh. THR ini bagi kebanyakan orang berfungsi memenuhi kebutuhan Lebaran, membeli barang impian bahkan untuk berinvestasi. Lalu bagaimana jika kamu baru masuk kerja dan belum bisa mendapatkan THR dari kantor? Haruskah merayakan Lebaran dengan kurang bersemangat?

 

Jangan patah semangat dulu, karena di bawah ini ada tips merayakan Lebaran tetap seru meskipun belum mendapatkan THR. Yuk, simak!

 

1. Siapkan tabungan untuk THR kamu sendiri

Jika kamu tahu tahun ini bakal nggak mendapatkan THR dari kantor, sebaiknya sudah siap-siap sejak jauh hari untuk menyiapkan THR kamu sendiri. Bagaimana caranya? Kamu bisa membuat terlebih dahulu rancangan anggaran kebutuhan yang pasti dikeluarkan saat Lebaran.

 

Dari rancangan anggaran ini, kamu harus menyisihkan pendapatan kamu dalam waktu 1 tahun sebelumnya hingga pada saat Lebaran tiba, kamu bisa menggunakan uang yang sudah kamu simpan. Banyak media yang bisa membantu kamu untuk mempersiapkan uang THR ini, seperti tabungan berjangka atau tabungan emas yang bisa menyimpan uang kamu tanpa khawatir ingin kamu pakai sebelum waktunya tiba.

 

Artikel Terkait: Tips Mengelola THR

  1. Lakukan 5 Langkah Ini Agar Tak Kalap Belanjakan Uang THR Saat Melihat Diskon!
  2. Antiboros, Ikuti 5 Cara Bijak Mengatur THR!
  3. THR Aman, Buat 5 Pos Pengeluaran Ini!

 

2. Gunakan uang sisa pengeluaran

Jika kamu seorang yang sangat memperhatikan keuangan, kamu pasti akan membuat pos-pos pengeluaran tambahan seperti perbaikan kendaraan, biaya berobat, atau renovasi rumah tiap bulannya. Jika pos-pos yang sudah kamu buat ini ternyata dananya masih sisa, kamu bisa menyimpan setiap dana sisa itu menjadi tabungan yang akan terus diakumulasi selama satu tahun, sehingga saat Lebaran tiba, kamu bisa memakai kumpulan sisa dana itu untuk uang THR kamu sendiri.

 

Kalau perlu, buatlah rekening khusus untuk mengumpulkan sisa-sisa uang kamu tiap bulannya agar lebih mudah dalam pencatatannya, sehingga saat akhir bulan Ramadan kamu sudah tahu bakal ada dana berapa untuk kebutuhan THR kamu.

 

3. Kurangi pengeluaran bulanan

Agar bisa mendapatkan uang THR dengan jumlah yang cukup besar, kamu bisa merencanakan untuk mengurangi beberapa pengeluaran kamu tiap bulan. Cobalah untuk menghitung kembali pengeluaran tiap bulan kamu, susun kembali rancangan keuangan bulanan kamu dan kurangi beberapa pengeluaran yang bisa kamu kurangi seperti pengeluaran untuk membeli barang yang sifatnya demi kesenangan diri sendiri atau pengeluaran untuk makan di luar.

 

4. Berhemat dalam menggunakan uang bulanan

Kamu bisa mencoba untuk mengurangi beberapa pengeluaran bulanan dengan cara berhemat. Misalnya penggunaan listrik, sebisa mungkin matikan lampu jika sudah nggak digunakan dan jangan sampai AC atau alat elektronik lainnya dibiarkan hidup tanpa ada yang menggunakan.

 

Kurangi makan di luar dan lebih sering untuk memasak sendiri karena lebih hemat dan kurangi uang bensin dengan sekali-kali pergi naik kendaraan umum atau naik motor daripada naik mobil. Jika kamu disiplin, nggak terasa pengeluaran untuk kebutuhan pokok kamu akan berkurang dan uang sisanya bisa ditabung.

 

Artikel Terkait: Kiat Berinvestasi

  1. 4 Cara Mudah Investasi Saham Online untuk Para Investor Pemula
  2. Kalau Nggak Sekarang Kapan Lagi? Ini 3 Alternatif Investasi Mulai Rp100 Ribu!
  3. 4 Kiat Simpel agar Raup Banyak Keuntungan dari Investasi Tanah Kosong

 

5. Berinvestasi

Berinvestasi jangka pendek juga bisa menjadi tempat untuk menyimpan dan menghasilkan uang tambahan agar saat Lebaran kamu bisa memiliki THR kamu sendiri. Banyak instrumen investasi yang bisa dilakukan selama 1 tahun seperti tabungan berjangka, reksadana atau menabung emas.

 

Cobalah berniat untuk menabung terlebih dahulu tanpa terlalu memikirkan keuntungannya. Keuntungannya hanya sebagai bonus tambahan dari hasil sisa uang yang kamu tabung di dalam instrumen investasi ini.

 

Merayakan Lebaran nggak melulu soal uang dan tampil berkesan di depan sanak saudara, tapi lebih pada merayakan kemenangan diri dengan kebersamaan bersama keluarga dan saling memaafkan. Jangan lupa untuk memenuhi kewajiban dulu seperti sedekah dan membayar zakat agar semakin berkah dan Lebaran lebih bahagia.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

    PAULUS RISANG