SWARA  – Pinjaman online 24 jam kini marak dijadikan solusi untuk berutang. Hal ini wajar, karena pinjaman online menawarkan berbagai macam kemudahan seperti cepat, tanpa jaminan, jumlah uang pinjaman yang besar, masa cicilan lama, dan mudah diakses secara online tanpa ribet mengurus banyak dokumen layaknya pinjaman di bank.

 

Di balik berbagai keunggulan yang ditawarkan, meminjam uang online juga memiliki risiko, lho! Misalnya bunga yang tinggi dan potensi kemampuan mengembalikan uang yang terkadang nggak bisa dipenuhi oleh peminjam. Namun, kamu nggak perlu khawatir jika ingin melakukan pinjaman online 24 jam, karena di bawah ini ada 5 tips cerdas untuk meminjam uang online agar hidup lebih aman. Yuk, simak artikelnya!

 

1. Hanya pinjam uang sesuai kebutuhan saja

Saat akan meminjam uang, harus tahu benar dan sadar untuk kebutuhan apa kamu meminjam uang tersebut. Jangan mudah tergiur untuk menambah nominal uang pinjaman melebihi kebutuhan yang sudah kamu tetapkan. Misalnya, kamu ingin meminjam uang untuk membeli tiket pulang guna menjenguk orang tua, maka hanya pinjam uang untuk membeli tiket saja, jangan menambah meminjam yang lain-lain di luar kebutuhan mendesak.

 

Artikel Terkait: Beragam Manfaat Pinjaman Tanpa Jaminan

  1. Renovasi Rumah? Coba Pinjaman Uang Tanpa Jaminan Proses Cepat!
  2. 5 Inspirasi Foto Kolam untuk Rumah Mungil, Dapatkan dengan Pinjaman Tunai Tanpa Jaminan Ini!
  3. Mau Bayar Kuliah Pakai Pinjaman Bank? Kenapa Tidak!

 

2. Pahami platform tempat akan meminjam uang online

Saat ini terdapat banyak sekali platform penyedia pinjaman uang online yang menawarkan banyak promo menarik. Namun, sebaiknya jangan tergiur dan pahamilah dulu tentang platform tersebut. Cek secara detail setiap platform penyedia pinjaman online melalui situsnya, bandingkan mana yang menawarkan penawaran paling menarik dan masuk akal. Untuk keamanan, kamu bisa cek di situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK) apakah platform tersebut terdaftar dalam pengawasan OJK atau nggak. Pastikan platform yang kamu akan gunakan termasuk di dalam daftar perizinan oleh OJK agar lebih aman.

 

3. Sesuaikan jumlah pinjaman dan lama angsuran sesuai kapasitas

Pinjaman online 24 jam terkadang memberikan penawaran menarik seperti jumlah pinjaman yang tinggi dan durasi angsuran yang lama agar terasa ringan cicilannya. Nah, sebaiknya disesuaikan dengan kapasitasmu untuk membayar sebelum mulai melakukan pinjaman. Hitung dulu pengeluaran tiap bulan agar masih bisa membayar cicilan. Jika memang kamu mampu, jangan ragu untuk mengambil masa cicilan yang pendek agar utang cepat selesai.

 

4. Teliti platform yang menawarkan bunga rendah

Bunga pinjaman online memang lebih tinggi daripada bunga pinjaman konvensional di bank. Meskipun begitu, biasanya bunga pinjaman uang online tetap masih berada sesuai standar bunga yang diterapkan oleh OJK. Kamu perlu lebih teliti dalam memilih jasa layanan pinjaman uang online yang menawarkan bunga rendah, ya. Pastikan platform tersebut sudah terdaftar dan mendapat izin resmi dari OJK.

 

Artikel Terkait: Tips Mengajukan Pinjaman Tanpa Agunan

  1. Pinjaman Koperasi dan Pinjaman Tanpa Jaminan, Mana yang Lebih Aman?
  2. Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Saat Mengajukan Pinjaman Tanpa Jaminan
  3. Pinjaman 1 Hari Cair Tanpa Jaminan, Aman Nggak, Ya?

 

5. Tanggung jawab membayar utang tepat waktu

Setelah berutang, jangan lupa untuk bertanggung jawab melunasi cicilan utangnya setiap bulan. Jangan sampai terlambat karena akan menambah besarnya pengeluaran tiap bulan akibat denda yang diberlakukan. Semakin kamu disiplin membayar cicilan utang tiap bulan, akan semakin nyaman hidupmu karena nggak dikejar-kejar tagihan yang menunggak.

 

Itulah 5 tips cerdas saat akan meminjam uang di pinjaman online 24 jam yang bisa coba kamu terapkan. Meminjam uang secara online boleh-boleh saja dilakukan jika kamu terdesak kebutuhan. Namun, kamu wajib berkomitmen untuk membayarnya sehingga terbebas dari masalah lainnya yang mungkin datang akibat kurang disiplin dalam membayar utang.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.