SWARA – Aristoteles satu kali pernah berkata, “Manusia adalah makhluk sosial (zoon politicon)”. Artinya, keutuhan manusia akan tercapai apabila manusia sanggup menyelaraskan perannya sebagai makhluk yang hidup bermasyarakat sebagai agen ekonomi dan sosial.

 

Atau dengan kata lain, kamu nggak bisa lepas dari bantuan orang lain dalam kaitannya  dengan mengoptimalkan peran dalam hidup. Begitupun sebaliknya. Maka dari itu, kamu butuh bantuan teman, temanmu pun butuh kamu untuk membantunya.

 

Tapi, teman seperti apakah yang bisa membantu kamu? Misalnya menginspirasi mu untuk lebih efektif membelanjakan uangmu. Ini yang mesthi diperhatikan. Berikut ini 5 tipe teman yang bsa jadi inspirasi dalam mengatur keuangan.

 

Artikel terkait: Bagaimana menyehatkan keuangan? Simak tipsnya

  1. Ini 5 Manfaat Pentingnya Mencatat Pengeluaran Harian
  2. Lakukan 7 Hal Ini untuk Memperbaiki Keadaan Keuanganmu!
  3. 6 Kebiasaan Mengelola Keuangan yang Baik, Begini Caranya!

 

1. Si-Jago Menawar

Temanmu ini dikaruniai bakat terbaik yang sudah ditempa oleh berbagai latihan lobi-lobi diplomatik, dalam menghasilkan harga terbaik untuk menekan pengeluarannya. Ia melihat harga yang tercantum pada suatu produk bukan sebagai harga final.

 

Ia akan menilai suatu barang dengan harga serasional mungkin, bila perlu harga terendah sekalipun, ia nggak akan segan. Lalu, begaimanapun caranya ia akan melobi si penjual untuk melepas produknya sesuai dengan batas harga terbawah dari produk yang ia incar.

 

2. Si-Pemborong

Ia lebih memilih untuk membeli sesuatu dalam takaran “lusinan” atau memborong satu kebutuhan. Sekilas memang nampak sebagai pemborosan, tapi yang terjadi justru sebaliknya.

 

Misalnya kamu ada kebutuhan membeli air mineral botol, jika membeli satu atau dua botol di hargai sekian, tapi jika kamu beli satu kardus dengan isi 10, harga yang harus kamu bayar akan lebih hemat. Toh air mineral itu kamu akan konsumsi setiap hari. Beli satu atau dua tetap akan beli lagi jika sudah habis diminum.

 

 

3. Si-Sahabat Keuangan

Ia sangat bersahabat dengan semua jenis permasalahan dan tren keuangan umat manusia. Bershabat dalam hal ini, ia bisa menganalisa jenis permasalahan yang berpotensi akan ditemui seseorang, sehingga one way or another, ia akan menemukan solusi terbaik dalam mengatasi permasalahan tersebut.

 

Baginya mengatur keuangan ibarat bakat alami yang lahir dalam dirinya, seolah ia berbicara dalam “bahasa uang”.

 

4. Si-Nemu Aja

Pernah nggak kamu memiliki barang sejenis dengan temanmu, atau temanmu memiliki barang yang lagi hits, tapi saat ditanya harga ia selalu mendapatkan barang tersebut jauh di bawah harga pasarnya.

 

Seakan ia dikaruniai kemampuan untuk memonitori produk-produk dan di mana saja produk tersebut dijual lengkap beserta varian harganya. Sehingga ia selalu mendapatkan toko terbaik dengan harga paling murah dibanding toko lainnya. Jika ada teman seperti dia di khazanah pertemananmu, saya yakin kalimat pertama yang terlontar dari mulutmu adalah “Kok lo nemu aja!?”

 

5. Si-Jago Berhemat

Di antara ke empat jenis di atas, jenis ini adalah yang paling wajib kamu miliki. Ia sanggup memanfaatkan berapapun uang yang ia miliki untuk digunakan selama mungkin. Bertahan hidup selama satu bulan dengan gaji di bawah rata-rata bukan masalah baginya.

 

Sebab, berhemat adalah salah satu kelebihannya. Ia penuh akan berbagai opsional dalam menghemat uang hariannya, tempat makan favorit, menu favorit, produk favorit, pilihan transportasi terbaik, dan semuanya itu didapatnya dengan tanpa mengeluarkan biaya berlebihan. Baginya, makan hanya harus kenyang nggak perlu neko-neko, nongkrong seperlunya dan nggak perlu terlalu sering.

 

Teman seperti ini mengajarkanmu esensi sebenarnya dalam membelanjakan uangmu dengan sangat bijak.

 

Artikel terkait: Kiat ampuh efektif mengatur keuanganan

  1. Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Keuangan?
  2. Hati-Hati, Ini 6 “Dosa” Finansial yang Sering Dilakukan Perempuan
  3. 5 Kiat Hidup Aman dan Nyaman dengan Gaji di Bawah 5 Juta Rupiah

 

Nah itulah lima tipe teman yang wajib kamu miliki jika kamu nggak lihai-lihai amat dalam membelanjakan uangmu. Tipe teman tersebut akan memberikanmu inspirasi sekaligus mengajarkanmu begaimana semestinya membelanjakan uang mu dengan bijaksana.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu di sini sekarang!

 


HENDRATANU WIJAYA HENDRATANU WIJAYA