SWARA – Namanya juga diskon besar-besaran, nggak jarang jadi surga bagi banyak orang. Apalagi buat mereka yang hobi belanja dan juga perempuan seperti saya, hehehe. Begitu masuk mall dan ada tulisan diskon hingga 90%, sudah pasti kaki akan melangkah ke angka yang jadi sumber kerumunan itu. Sekalipun alasan utama masuk mall tadi adalah ingin makan karena lapar.

 

Hal pertama yang jadi incaran pastilah nominal diskon yang paling besar. Selain promo potongan harga, ada juga promo yang menyaratkan membeli dalam jumlah tertentu lalu mendapatkan bonus. Setelah mendapatkan barang diskon, selanjutnya kaki pasti menuju sana dan siap memasukkan barang belanjaan ke dalam keranjang. Alhasil jadilah kalap belanja dan membeli ini itu yang nggak perlu. Tahu-tahu kantong sudah bolong, deh.

 

Kamu sering mengalaminya? Bagaimana, sampai rumah menyesal, kan? Ternyata barang yang dibeli nggak butuh-butuh amat dan uang yang harusnya untuk beli sesuatu yang lebih diperlukan ludes begitu saja. Tentulah kamu nggak ingin hal demikian terjadi lagi dan lagi. Yuk kontrol keuangan saat sale besar-besaran dengan cara:

 

1. Pahami fakta gelap di balik diskon

Sebenarnya sudah jadi rahasia umum kalau barang yang didiskon itu dinaikkan berkali-kali lipat dulu harganya. Namun, sayangnya tetap saja hasrat belanja kita keluar saat melihat ada tulisan diskon. Coba deh dipikir-pikir lagi. Nggak selamanya kan kamu jadi orang yang konsumtif. Bayangkan deh, buat apa membeli barang yang sebenarnya nggak ada penurunan harga? Sayang uangnya.

 

Artikel terkait: Hal-hal seputar diskon yang harus kamu ketahui

  1. Peluang Bisnis Jasa Titip, Solusi Buat yang Nggak Sempat Belanja dan Mengejar Diskonan
  2. Gemar Belanja? Ini Fakta Gelap Barang Diskonan yang Harus Kamu Tahu!
  3. Ini Tips Kebiasaan Belanja Bulanan yang Baik untuk Diterapkan

 

2. Selalu bawa list kebutuhan

Coba mulai sekarang setiap awal bulan setelah gajian kamu membuat list kebutuhan urgent apa saja selama satu bulan. Dari situ kamu tahu apa-apa saja yang perlu kamu beli kalau sedang bepergian. Masukkan catatannya di smartphone, selanjutnya, bawa daftar kebutuhan tersebut kemana pun kamu pergi. Berpatokanlah dengan daftar itu dan jadikan sebagai alat kontrol ketika hasrat belanjamu naik.

 

3. Bawa uang pas

Ini adalah cara terbaik saya dalam mengontrol keuangan, membawa uang pas saat ke mall. Selain itu, saya juga mulai meninggalkan ATM dan Kartu Kredit ketika bepergian. Ya sama aja bohong kan kalau bawa uang pas tapi kartu kredit masih ada di dompet, hehe.

 

Artikel terkait: Hal-hal seputar kartu kredit

  1. Perhatikan 7 Cara Cerdas Membayar Tagihan Kartu Kredit Agar Tidak Merasa Terbebani
  2. Bayar Tunai atau dengan Kartu Kredit Saat Liburan? Ini Pertimbangannya
  3. 5 Tips Bijak Pakai Kartu Kredit, Aman Tanpa Banyak Tagihan

 

4. Genggam aplikasi keuangan di smartphone

Saat sale besar-besaran, tentu ada barang kebutuhan yang kamu perlukan. Kalaupun nggak ada, pastilah kamu memiliki dana cadangan yang dikhusukan untuk belanja. Untuk itu, kamu perlu mengecek pengelolaan keuanganmu. Daripada ribet harus buka dompet, alangkah baiknya kalau kamu memasang aplikasi pengaturan keuangan di smartphone. Tentu cara ini lebih praktis dan mudah.

 

5. Langsung ke tujuan

Mulai sekarang, cobalah untuk langsung menuju tempat tujuan begitu masuk mall. Kalau memang lapar, ya langsung saja menuju food court, walau di tengah jalan tertulis beli 1 gratis 1. Awalnya memang susah, tapi kalau dibiasakan lama-lama menjadi mudah.

 

Itu dia 5 cara untuk mengontrol keuangan saat sale besar-besaran. Semoga setelah ini kamu bisa mengontrol hasrat belanjamu dan mendapatkan hasil surplus setiap bulannya, ya.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

 

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


TRI PUSPITASARITRI PUSPITASARI