SWARA – Nggak terasa sebentar lagi sudah memasuki bulan Ramadan. Suasana puasa yang khas tentu banyak dirindukan orang. Nggak hanya bekal secara rohani yang perlu kita persiapkan untuk menyambut bulan penuh berkah ini, tapi juga bekal secara finansial agar keuangan tetap aman.

 

Di bulan Ramadan, kebiasaan kita berubah karena adanya puasa. Jadi, perlu sedikit penyesuaian dalam mengatur keuangan. Jika nggak diatur ulang, bisa-bisa pengeluaran akan membengkak karena adanya momen-momen khusus bulan Ramadan yang membutuhkan uang lebih seperti agenda buka bersama, jalan-jalan menunggu waktu berbuka, dan rencana mudik ke kampung halaman. Agar ibadah lebih khusyuk tanpa kepikiran urusan keuangan yang menipis, kamu bisa ikuti 5 langkah jitu kelola uang di bulan Ramadan ini!

 

Artikel Terkait: Serba-serbi di Bulan Ramadan

  1. Lebih Hemat #TunaikanRamadan dengan Bahan Makanan Murah Tapi Sehat
  2. #TunaikanRamadan Bersama Anak dengan Memasak Bersama
  3. #TunaikanRamadan dengan Tips Mengontrol Amarahmu di Kantor

 

1. Ingatah pengeluaran Ramadan tahun lalu

Belajar dari pengalaman sangat penting untuk mempersiapkan keuangan di bulan Ramadan tahun ini. Kamu bisa mengingat-ingat kembali pengeluaran apa saja yang paling menguras kantong tahun lalu, misalnya belanja pakaian menjelang Lebaran, angpau untuk sanak saudara, dan biaya mudik.

 

Jika mendapatkan THR (Tunjangan Hari Raya), kamu bisa mengalokasikannya untuk biaya-biaya yang memang wajib dikeluarkan tiap menjelang Ramadan. Dengan mengetahui borosnya tahun lalu, bisa membantu meminimalkan pengeluaran yang berlebihan di Ramadan tahun ini.

 

2. Tahan hawa nafsu untuk berbelanja

Bulan puasa nggak hanya menahan lapar dan dahaga. Namun, juga perlu menahan hawa nafsu termasuk dalam menghabiskan uang untuk berbelanja barang yang nggak kita perlukan. Ketika puasa, logikanya kita nggak akan mengeluarkan banyak uang untuk makan karena waktu makan kita berkurang. Namun, hawa nafsu melihat makanan-makanan menjelang berbuka puasa saat ngabuburit justru malah menjadi sumber keborosan uangmu.

 

Padahal, setelah membelinya karena terlalu kenyang kita justru nggak menghabiskan makanannya. Sebaiknya kamu bisa menahan hawa nafsu untuk nggak membeli sesuatu yang berlebihan dan biasakan mengukur kemampuan perut untuk menampung makanan berbuka.

 

3. Modifikasi pos-pos pengeluaran

Jika terbiasa membuat pos-pos pengeluaran, di bulan puasa ini kamu tetap perlu membuat pos-pos pengeluaran dengan sedikit perubahan agar sesuai dengan kebutuhan. Salah satu yang bisa kamu ubah adalah pos untuk makan.

 

Saat puasa kamu perlu membatasi anggaran untuk makan karena waktu makan berkurang yang biasanya tiga kali sehari makan besar menjadi dua kali makan besar dan satu kali makanan ringan. Selain itu pos-pos untuk gaya hidup juga bisa kamu kurangi karena pada malam harinya lebih baik melaksanakan ibadah salat Tarawih dan mengaji dibandingkan nongkrong di kedai kopi agar mendapat banyak pahala.

 

4. Persiapkan budget khusus Ramadan

Ramadan memang terkadang membutuhkan pengeluaran lebih. Namun, kita juga terbantu dengan adanya THR. Nah, nggak melulu mengandalkan THR, kamu justru bisa membuat tabungan tersendiri beberapa bulan sebelum Ramadan dan Lebaran tiba. Sebenarnya kebutuhan uang saat Ramadan akan kembali ke gaya hidup yang kita jalani, lho.

 

Artikel Terkait: Cara Mengelola Uang THR

  1. Ikuti Cara Bijak Mengelola THR Ini Agar #TunaikanRamadan dengan Tenang
  2. Ini 5 Kebiasaan Beracun yang Bikin THR Habis Begitu Saja
  3. Jangan Sampai THR-mu Terbuang untuk Hal-hal Berikut!

 

5. Pikirkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan

Berhemat saja mungkin nggak cukup untuk menyelamatkan keuangan di bulan Ramadan ini. Jadi, kamu perlu memikirkan untuk mencari tambahan penghasilan. Banyak sekali usaha-usaha musiman yang bisa kamu lakukan dengan berjualan makanan atau minuman untuk berbuka, parcel Lebaran, serta snack rumahan untuk persiapan Lebaran.

 

Jika kamu pekerja kantoran, biasanya saat Ramadan pekerjaan bisa semakin meningkat terutama di bidang yang berkaitan langsung dengan kebutuhan Lebaran. Jangan ragu untuk mengambil lembur di kantor, selain agar kamu nggak mudah tergoda hawa nafsu karena bekerja lebih lama, kamu juga bisa menambah pemasukan, lho.

 

Itulah 5 cara jitu yang bisa kamu lakukan untuk mengelola keuangan selama Ramadan. Yuk, mulai diterapkan!

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

   PAULUS RISANG