Beranda > Finansial > Kartu ATM-mu Tertelan? Jangan Panik, Lakukan Langkah Berikut Ini!

Kartu ATM-mu Tertelan? Jangan Panik, Lakukan Langkah Berikut Ini!

Kartu ATM-mu Tertelan? Jangan Panik, Lakukan Langkah Berikut Ini!watermark

TUNAIKU.COM – Penyebab ATM tertelan bermacam-macam. Selain karena salah memasukkan PIN hingga tiga kali, ATM tertelan juga bisa disebabkan karena kita terlalu lama mengambil kartu setelah transaksi. Bisa juga karena mati listrik maupun mesin ATM yang tiba-tiba ngadat. Untuk menghadapi “ujian” ini, ada tiga langkah utama yang harus kamu lakukan.

 

  1. Jangan Panik!

Hal paling utama yang harus kamu lakukan adalah jangan panik. Ingat, panik justru dapat membuat suasana menjadi tambah kacau. Kamu sering lihat ‘kan, berita tentang modus-modus penipuan yang sering berlangsung di ATM? Mulai dari ada orang yang menawarkan bantuan untuk mengeluarkan kartu, hingga nomor customer care palsu yang ditempelkan di mesin ATM.

Oleh karenanya, usahakan diri agar tetap tenang. Jangan bergeser dari mesin ATM jika ada kejadian janggal, seperti uang dan kartu yang tak keluar meski kamu telah memasukkan pin dan nominal uang yang akan kamu ambil. Waspadai orang-orang di sekelilingmu. Segera telepon ke customer care, untuk segera dilakukan pemblokiran. Pastikan nomor telepon customer care sudah benar-benar sesuai.

 

  1. Telepon ke customer service bank untuk segera melakukan pemblokiran

Segera telepon customer service bank-mu dan mintalah pemblokiran. Biasanya pihak bank akan menanyakan beberapa pertanyaan untuk verikifikasi data. Pertanyaan yang umum diajukan adalah nama, alamat, nomor rekening, dan nama ibu kandung. Pemblokiran kartu ATM penting untuk menghindari penggunaan kartu oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Selain itu, tanyakan juga persyaratan apa yang harus dibawa ketika berada di kantor cabang nanti. Hal ini untuk menghindari kamu bolak-balik ke bank. Pasalnya, berdasarkan pengalaman, ada bank yang akan meminta kita untuk menyertakan surat keterangan hilang dari kantor polisi. Jika memang diminta demikian, tak ada salahnya untuk segera mengurusnya ke kantor polisi. Biasanya persyaratan yang diminta adalah KTP dan buku tabungan. Oiya, jangan lupa untuk menyiapkan sejumlah uang untuk biaya administrasi.

 

  1. Segera pergi ke kantor cabang terdekat

Jika kamu sudah menelepon CS untuk melakukan pemblokiran dan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan, segeralah pergi ke kantor cabang terdekat untuk meminta pembuatan kartu baru. Ambil nomor antrian untuk ke customer service, bukan ke teller. Di teller, kamu akan diminta untuk mengisi formulir dan lagi-lagi akan ditanyai beberapa pertanyaan seputar kartu seperti kapan kartu tertelan, di ATM mana, transaksi terakhir, dan sebagainya. Jika tak ada kendala, seharusnya kartu barumu akan selesai pada hari itu juga.

 

Itulah tiga langkah mudah mengurus ATM yang tertelan. Prinsip utamanya adalah kamu tak boleh panik ketika mengalami hal demikian. Pasalnya, dewasa ini sering terjadi penipuan seperti yang telah disebutkan di atas.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett