Beranda > Finansial > Kapan Saat yang Tepat untuk Menukar Uang di Money Changer?

Kapan Saat yang Tepat untuk Menukar Uang di Money Changer?

Kapan Saat yang Tepat untuk Menukar Uang di Money Changer?watermark

Saat kamu memutuskan untuk pergi ke luar negeri, entah untuk urusan pekerjaan atau sekadar liburan, menukarkan rupiahmu dengan mata uang negara tujuan adalah keharusan. Gampang saja sebenarnya. Kamu tinggal pergi ke money changer, tukarkan sejumlah uang sesuai kebutuhan dan, voila! Mata uang yang kamu butuhkan sudah di tangan.

Tetapi untuk mendapatkan nilai tukar yang oke, kamu dituntut cerdik. Tidak hanya asal menukarkan. Selain harus riset di beberapa money changer untuk membandingkan nilai tukarnya, kamu juga harus tahu saat yang tepat untuk melakukan penukaran. Kapan itu?

 

Jangan mendadak! Pastikan kamu menukarkan rupiahmu hari sebelum tanggal keberangkatanmu ke luar negeri

Dinamika di pasar uang menyebabkan nilai tukar berubah dari waktu ke waktu. Maksimal, kamu harus nuker rupiahmu seminggu sebelum keberangkatan. Malah kalau lebih memungkinkan, tukar rupiahmu  jauh-jauh hari. Rentang waktu ini memungkinkanmu untuk menimbang waktu penukaran yang paling menguntungkan. Seperti saran beberapa orang yang dilansir dalam situs travel diKompas.com, kamu bisa menukarkan rupiahmu tiap senin atau Selasa, saat pasar uang baru dibuka.

 

Ketika rupiah menguat, menukarkan uang adalah saat yang tepat.

Masih ingatkah kamu, apa yang terjadi beberapa waktu lalu ketika dolar menguat di angka Rp 14.000? Ya, orang Indonesia berbondong-bondong pergi ke money changer untuk menukarkan dolar mereka. Nah, logika yang sama juga bisa kamu gunakan, ketika yang terjadi sebaliknya: rupiah menguat. Ketika kamu menukarkan uang saat rupiah menguat, nilai tukar yang akan kamu dapatkan akan jauh lebih besar. Menguntungkan, bukan? Jadi, yang perlu kamu lakukan adalah pintar-pintar memantau dinamika nilai tukar di situs-situs perbankan.

 

Sebisa mungkin, tukarkan saat kamu masih berada di negaramu sendiri

Saat yang tepat untuk menukarkan uang di money changer adalah saat kamu masih berada di sini, Indonesia. Bahasa yang familiar, lingkungan yang familiar, menolongmu untuk mencari money changer terbaik. Bayangkan jika tukar menukar uang ini harus kamu lakukan di luar negeri. Tempat di mana kamu mungkin baru berada di sana untuk pertama kaliny. Bahasa dan budaya yang asing akan menyulitkanmu. Ya, tentu saja kamu juga bisa menukar uang di ATM saat berada di luar negeri. Tapi jangan kaget ya kalau nilai tukarnya jauh berbeda dengan nilai tukar di money changer!

 

Sudah ada sedikit gambaran ‘kan, kapan waktu yang tepat untuk menukarkan uang di money changer? Kecerdikan “bermain” dengan waktu akan membuatmu mendapatkan nilai tukar yang seru.

Oiya, kalau kamu punya pengalaman mengenai hal ini atau sekadar mau berbagi pendapat, silakan tulis di komentar ya.

Selamat mencoba!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett