Beranda > Finansial > Kamu Suka Mengoleksi Barang? Yuk, Intip Barang-barang Koleksi yang Bisa Kamu Jadikan Investasi

Kamu Suka Mengoleksi Barang? Yuk, Intip Barang-barang Koleksi yang Bisa Kamu Jadikan Investasi

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
Kamu Suka Mengoleksi Barang? Yuk, Intip Barang-barang Koleksi yang Bisa Kamu Jadikan Investasiwatermark

TUNAIKU.COM – Hobi mengoleksi barang selalu dikonotasikan dengan menghambur-hamburkan uang. Alasannya, banyak banget orang yang mengoleksi suatu barang dengan harga beli mahal, tetapi nggak bisa dijual lagi. Jatuhnya, hobi mengoleksi barang pun terasa mubazir. Nggak adanya faedah selain untuk kepuasaan pribadi semata. Nah, ini dia yang membuat hobi mengoleksi barang terkesan merugikan.

 

Berbeda cerita kalau kamu mulai mengoleksi barang-barang tertentu yang bisa dijadikan investasi. Saya ambil contohnya dari member boyband Korea yaitu T.O.P. Rapper kelahiran tahun 1987 ini hobi banget mengoleksi barang antik, lukisan, hingga furnitur mahal, lho. Sampai-sampai, tampilan rumahnya nggak kalah artistik dari galeri seni.

 

Berawal dari koleksi barang mewah, hobi mengoleksi barang bisa menjadi investasi yang menjanjikan di masa depan.  Semakin tua usia barang, harga barang antik pasti akan semakin mahal, bukan? Makanya, kamu mesti mempertimbangkan untuk mengoleksi barang-barang tertentu yang bisa dijadikan investasi.

 

Tertarik untuk mengoleksi barang untuk investasi? Ini dia pilihannya.

 

Artikel Terkait: Merintis Investasi Emas

  1. Pilih Investasi Emas atau Reksa Dana?Yuk, Pelajari dan Kenali Lebih Dalam
  2. Pilih mana Investasi Emas Online atau Fisik? Ini Plus Minusnya!
  3. 7 Tips Agar Untung Trading Emas

 

1. Lukisan karya seniman kenamaan

Seperti yang sudah saya paparkan di atas, mengoleksi lukisan sangatlah menguntungkan. Kamu yang suka karya seni, bisa memilih lukisan untuk investasi. Nggak hanya berfungsi untuk mempercantik ruangan, kalau kamu pandai memilih suatu lukisan, bakal untung banyak di masa depan, lho.

 

Sebelum membeli, pastikan kalau kamu membeli lukisan karya pelukis kenamaan. Kalau hanya punya bujet sedikit, pertimbangkan untuk memilih karya seniman muda yang menjanjikan di masa depan. Seperti karya dari seniman muda Alvian Anta Putra yang telah memenangkan Most Promising Artist 2017 di UOB Painting of the Year. Jika seniman muda ini semakin terkenal, harga jual karyanya otomatis naik. Kamu bakal dapat untung berlipat-lipat, deh.

 

2. Alat musik antik bersejarah

Pernah dengar kalau harga piano seken milik Heintzman laku dijual seharga Rp 8,64 miliar? Harganya mahal banget, kan? Alasannya adalah alat musik antik ini memiliki sejarah tersendiri dan sudah cukup tua usianya.

 

Kalau kamu menemukan alat musik yang memenuhi kedua kriteria di atas, langsung beli saja, tuh! Karena kamu nggak akan pernah tahu, kalau alat musik yang kamu beli bisa dijual lagi dengan harga tinggi. Beberapa pilihan alat musik yang bisa dibeli yaitu biola, gitar, piano, dan lainnya.

 

3. Uang kuno dengan kondisi bagus

Satu lagi barang antik yang memiliki nilai jual tinggi yaitu uang kuno. Kalau kamu suka koleksi uang kuno, kesempatan untuk dapat untung sangatlah besar. Saya pun mengoleksi uang koin kuno dari Indonesia, Singapura, bahkan uang koin Filipina.

Namun, mesti diingat kalau kondisi uang kuno ini harus terjaga, ya. Kalau kondisi bagus, bisa dijual dengan harga tinggi. Namun, kalau kondisi kurang bagus, jangan terlalu berharap bakalan laku.

 

4. Mainan mahal dan unik

Saya ada beberapa teman yang hobi banget mengoleksi mainan seperti gundam. Hobi mahal yang satu ini nggak semata-mata menguras uang, tetapi juga bisa buat investasi. Apalagi, kalau kamu membeli gundam limited edition. Pasti bisa dijual lagi kepada kolektor gundam yang sudah kehabisan.

 

Selain gundam, masih banyak mainan lain yang bisa untuk investasi. Misalnya, miniatur mainan berupa alat transportasi seperti pesawat dan mobil. Bahkan, miniatur maskapai juga banyak peminatnya, kok. Terpenting, kamu mesti pandai-pandai memilih mainan yang memiliki nilai jual tinggi di masa depan.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Tempat Liburan

  1. 5 Pilihan Destinasi Wisata Romantis untuk Liburan Tahun Baru Bareng Pasangan
  2. 7 Spot Liburan Instagramable di Bandung yang Bisa Ditempuh dalam Sehari
  3. Liburan Sehari di Semarang yang Tidak Menguras Dompet, Kunjungi Tempat-tempat Ini!

 

5. Tas branded buatan tangan

Apakah kamu termasuk cewek yang suka koleksi tas mahal dan bermerek? Kalau ya, bisa dijadikan aset investasi, nih! Selain untuk menunjang penampilan, tas bermerek bisa dijual lagi, lho. Jadi, nggak benar-benar pemborosan karena tetap bisa dijual lagi dengan harga yang melambung.

 

Apalagi, untuk beberapa merek tas, harga sekennya malah cenderung lebih mahal daripada tas baru. Seperti merek tas Hermes yang memiliki harga seken sekitar Rp136 juta. Padahal harga barunya sebesar Rp117 juta.

 

Kok bisa, sih? Penyebabnya adalah tas Hermes dibuat dengan tangan dan memiliki kualitas jempolan. Mereka pun sering menjualnya dengan jumlah yang terbatas. Kamu bisa menjual tas bermerek seken koleksimu kepada para kolektor dengan harga yang mahal.

 

Nah, itu dia beberapa barang koleksi yang punya nilai investasi. Selain buat hiburan, mengoleksi barang bisa juga tuh buat aset. Tinggal bagaimana kamu dalam memilih barang koleksi yang benar-benar ada masa depannya.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

CTABARU1

 

 

 

 

Mobile Site CTA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett