SWARA– Masih sedikit yang tahu, kalau tabungan itu banyak jenisnya, termasuk saya sendiri, hehehe. Sampai beberapa bulan yang lalu, saya hanya tahu tabungan anak dan tabungan konvensional. Dan baru saja tahu kalau kalau ada tabungan haji dan seabrek tabungan lain yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

 

Agar lebih melek soal dunia perbankan, saya jadi rajin cari tahu tentang jenis-jenis tabungan di bank. Sehingga, nantinya saya bisa pilih tabungan yang sesuai dengan kebutuhan. Apa saja, ya jenis-jenis tabungan di bank? Ini dia penjelasannya.

 

1. Tabungan mata uang asing

Ketika kamu sering melakukan transaksi dengan mata uang asing, coba deh untuk buka tabungan mata uang asing. Kamu pasti akan dimanjakan dengan kemudahan bertransaksi.  Dengan adanya tabungan ini, kamu nggak harus pusing lagi untuk tukar uang ke bank atau money changer.

 

Artikel Terkait: Tabungan Pernikahan

  1. Mempersiapkan Tabungan untuk 7 Pernikahan Adat Termahal di Indonesia
  2. Pentingkah Punya Tabungan Bersama Sebelum Menikah? Perhatikan 7 Hal Ini!
  3. 9 Cara Mewujudkan Tabungan untuk Pernikahan

 

Jenis tabungan ini juga cocok buat kamu yang melakukan investasi mata uang asing. Kamu bisa lebih mudah untuk menjual mata uang asing saat nilai tukar tinggi. Atau pun membelinya, saat nilai tukar sedang rendah.

 

2. Tabungan investasi

Saat kamu bermain saham maka harus punya rekening khusus untuk menampung uang atau modal investasi. Pilihannya, kamu bisa menabung di tabungan investasi.

 

Tabungan ini dipakai untuk menampung uang yang khusus dipakai untuk transaksi saham. Seperti untuk menyimpan profit dan untuk jual-beli saham.

 

3. Tabungan konvensional

Ini dia salah satu jenis tabungan yang dimiliki hampir seluruh lapisan masyarakat, yaitu tabungan konvensional. Tabungan ini banyak dipilih karena prosesnya gampang dan lebih praktis.

Kamu tinggal daftar, nanti akan dapat buku tabungan dan kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Berbagai fasilitas yang dimiliki adalah kamu bisa setor uang kapan saja, mengambil uang, dan transfer uang.  Tetapi, tiap bulannya kamu harus bayar administrasi sesuai dengan kebijakan masing-masing bank.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman tanpa jaminan, pinjaman tanpa agunan, pinjaman mudah dan cepat, amar bank indonesia, kredit tanpa jaminan, kredit tanpa agunan, kredit mudah dan cepat, HP android layar besar, HP android untuk gamers

 

4. Tabungan anak

Saat saya masih anak-anak, pernah dibuatkan tabungan anak-anak oleh orang tua. Dan sekarang, nih, adik saya yang berusia 10 tahun pun punya tabungan anak. Tujuannya adalah untuk mengedukasi si adik agar tahu tentang budaya menabung.

Bagusnya tabungan anak di zaman now adalah buku tabungan dan ATM-nya punya tampilan yang menarik. Jadi, mereka lebih rajin untuk menabung. Agar lebih aman, kamu bisa melakukan pengawasan pada si kecil saat mengelola buku tabungan dan ATM.

 

5. Tabungan berjangka

Beberapa bank tertentu juga memiliki jenis tabungan berjangka yang bisa kamu pilih. Kalau dilihat dari modelnya, serupa dengan tabungan konvensional. Tetapi, tabungan jenis ini memiliki bunga yang cukup tinggi, lho, yaitu antara tiga sampai tujuh persen.

Perbedaan utama tabungan berjangka dengan tabungan konvensional, yaitu kamu nggak bisa ambil uang yang kamu simpan sewaktu-waktu. Tetapi, harus sesuai dengan jadwal yang sudah kamu sepakati dengan bank.  Jangka waktu yang bisa kamu pilih di antaranya selama tiga bulan, enam bulan sampai 12 bulan.

 

6. Tabungan giro

Jenis tabungan ini nggak sembarang orang yang bisa mengaksesnya. Umumnya, nasabah tabungan giro adalah perusahaan yang biasa melakukan transaksi bisnis. Transaksi bisnis ini bisa dengan pakai cek atau bilyet giro.

Nantinya, perusahaan tersebut akan mendapatkan bukti transaksi yang dikirim setiap bulannya. Jadi, perusahaan tersebut nggak akan dapat buku rekening seperti jenis tabungan lainnya.

 

7. Tabungan haji

Kalau kamu punya impian mengirim orang tua untuk ibadah ke tanah suci, kamu pertimbangkan untuk membuka tabungan haji. Jenis tabungan ini cukup unik dan mungkin nggak semua negara memilikinya. Kamu pun bisa menikmati fasilitas berupa asuransi jiwa, kecelakaan diri, dan kemudahan untuk mempersiapakan bujet ibadah haji.

 

Artikel Terkait: Tips Perawatan Mobil

  1. Bagian Mobil yang Harus Dibersihkan Setelah Liburan, Wajib Tahu!
  2. 7 Cara Merawat Mobil di Musim Hujan Agar Kondisinya Prima
  3. 7 Cara Merawat Mobil di Musim Hujan Agar Tidak Cepat Rusak

 

Nantinya, setelah uang sudah terkumpul sebesar Rp25 juta sampai Rp30 juta, bisa segera melakukan pendaftaran haji. Untuk bisa mencapai target tabungan, setiap bulannya kamu harus setor uang sebesar Rp100 ribu sampai Rp500 ribu.

 

Sekarang, kamu sudah tahu berbagai jenis tabungan bank. Silakan pilih yang seusai dengan kebutuhanmu.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 


DEWI AYU NURJANAHDEWI AYU NURJANAH