SWARA-Siapa, sih, yang nggak mau punya dana tabungan pensiun? Kalau bisa, saya juga mau tuh punya dana pensiun sejak usia produktif. Konon, waktu terbaik untuk nabung dana pensiun adalah saat memasuki usia 20-an.

Tapi, bagaimana dong kalau sudah terlanjur berkepala empat? Masih mungkin nggak ya untuk nabung dana pensiun? Tenang saja, usia 40 tahun nggak menjadi penghalang untuk mulai menabung, kok.

Nah, biar bisa menabung dana pensiun sejak usia 40 tahun, kamu bisa mencoba beberapa langkah jitu ini, nih. Kira-kira bisa ditiru dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari nggak, ya?

 

1. Memangkas Kebutuhan yang Tidak Perlu

Sudah saatnya untuk mengencangkan ikat pinggang, nih. Maksudnya, kamu harus ekstra hemat kalau memang mau punya dana pensiun. Kalau biasanya kamu menghabiskan banyak uang untuk segelas kopi mahal maka sebisa mungkin hapus kebiasaan tersebut.

 

Artikel terkait: Informasi Dana Pensiun

  1. 5 Hal yang Lupa Dipersiapkan untuk Pensiun Sebelum Usia 50 Tahun
  2. 6 Jenis Investasi Dana Pensiun yang Cocok untuk Karyawan Pemula
  3. Apa Sih Perbedaan Antara Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun dari BPJS Ketenagakerjaan?

Coba teliti lebih lanjut, apa saja pengeluaran bulanan yang bisa kamu pangkas. Alihkan bujet tersebut untuk dana pensiun. Cara ini cukup efektif untuk menebalkan dana pensiunmu.

 

2. Tentukan Jumlah Dana Pensiun

Berapa, sih, jumlah dana pensiun yang perlu disiapkan? Para ahli boleh saja mengeluarkan angka-angka fantastis. Tetapi, hanya kamu sendiri, lho, yang tahu jumlah pastinya.

Besar dan kecil dana pensiun dipengaruhi oleh beberapa hal. Di antaranya adalah gaya hidup, kebutuhan harian, sampai kapan rencana untuk pensiun. Dari sini, kamu bisa mencari tahu berapa banyak dana pensiun yang perlu disiapkan.

 

3. Potong Beban Pengeluaran

Ada satu cara ekstrem untuk bisa menyisihkan dana pensiun, yaitu dengan memotong beban pengeluaran terbesar. Misalnya, beban pengeluaran terbesar pada perawatan apartemen.

Sekarang, kamu bisa memangkas beban biaya dengan pindah ke apartemen yang lebih murah. Kamu nggak perlu mengeluarkan biaya besar lagi, deh. Nggak hanya soal tempat tinggal, kalau perlu potong bujet liburan atau beli mobil baru.

 

4. Memprioritaskan Dana Pensiun

Kalau memang sudah memutuskan untuk menabung dana pensiun maka usahakan untuk nggak mengutak-atik uang tersebut. Memang, sih, kamu butuh dana untuk kebutuhan lain, misalnya biaya sekolah anak. Tetapi, wajib hukumnya untuk menyusun prioritas agar uang pensiun tetap aman.

 

5. Lebih Agresif

Berhubung kamu sedikit telat untuk menabung maka harus lebih agresif!  Sikap agresif ini bisa dimulai dengan menyisihkan sebanyak mungkin uang gaji untuk ditabung. Kira-kira, ada nggak ya cara paling efektif buat menyisihkan uang gaji untuk dana pensiun? Caranya adalah dengan membuat sistem otomatis pada rekening gaji.

Jadi, setiap bulannya, gajimu akan terpotong secara otomatis dan uang tersebut langsung masuk ke rekening dana pensiun. Dengan cara ini, kamu nggak lagi bakal bandel buat menyisihkan uang.

 

6. Kurangi Pengeluaran Konsumtif

Wah, bulan ini sudah belanja pakai kartu kredit belum, nih? Penggunaan kartu kredit sama saja dengan pengeluaran konsumtif, lho. Memakai kartu kredit untuk belanja sama saja dengan menggunakan uang untuk berutang.

Sebenarnya, kalau ditelisik lagi, kamu nggak butuh barang tersebut. Tetapi, karena ada kartu kredit, jadi tergoda buat belanja dan lebih boros. Pastikan kamu nggak belanja banyak untuk hal konsumtif yang bisa menambah utang.

 

7. Minta Bantuan Ahli

Ketika rencana demi rencana nggak berjalan dengan lancar, segera cari bantuan ahli. Kamu bisa menghubungi perencana finansial agar bisa membaca kondisi keuanganmu.

 

Artikel terkait: Tips Liburan Murah

  1. Satu Minggu Liburan Murah ke Jepang di Bawah Rp10 juta
  2. Begini Mengatur Anggaran saat Liburan, Hemat dan Jauh dari Over Budget
  3. Dengan Rp6 Juta, Bisa Liburan Murah ke Raja Ampat A La Backpacker

Nantinya, mereka akan membantumu untuk mencari jalan keluar. Bagaimana ya cara terbaik untuk mencapai target dana pensiun?  Berbagai solusi dan strategi akan diberikan, termasuk pilihan investasi yang cocok buatmu.

Setelah ketujuh tips jitu di atas diterapkan, kamu jadi bisa menabung untuk dana pensiun. Selamat mencoba!

 

1

 

 


DEWI AYU NURJANAHDEWI AYU NURJANAH