Edukasi dan Inspirasi Finansial dari Amar Bank

 

Akibat perkembangan teknologi, saat ini kita jadi makin melek dengan jaminan dan keamanan finansial di hari tua nanti, termasuk para generasi milenial. Salah satu cara untuk menjamin kondisi finansial kita baik di masa depan adalah dengan menabung dan berinvestasi.

 

Sebagai generasi milenial, kamu mungkin tidak mempertimbangkan deposito sebagai investasi yang menjanjikan. Deposito terdengar jadul, tidak keren seperti reksa dana, saham, atau bitcoin. Padahal ada banyak keunggulan deposito untuk milenial, lho.

 

Yuk kita simak serba-serbi deposito dan kenapa deposito patut kamu pertimbangkan!

 

Kalau deposito yang aman tapi kasih untung besar, Senyumku dari Amar Bank bisa kasih, lho. Cari tahu di sini!

 

Deposito untuk milenial

Deposito adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada jangka waktu tertentu dan syarat-syarat tertentu. Hal tersebut menjadi perbedaan utama antara deposito dan tabungan rekening biasa.

 

Secara lebih terperinci, terdapat perbedaan antara deposito dengan tabungan yaitu:  

 

1. Waktu pencairan

Seperti dijelaskan sebelumnya, terdapat perbedaan waktu pencairan antara deposito dan tabungan. Bisa dikatakan, tabungan adalah bentuk simpanan yang lebih fleksibel ketimbang deposito. Uang yang tersimpan pada tabungan bisa diambil kapanpun dibutuhkan, baik lewat ATM maupun lewat mobile banking.

 

Sementara, pada deposito, pengambilan dana hanya bisa dilakukan pada waktu jatuh tempo. Masa jatuh tempo deposito pun beragam, ada yang mulai 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, hingga 24 bulan dan bisa diperpanjang otomatis.

 

Oleh sebab itu, deposito untuk milenial cocok untuk kamu yang memiliki kesulitan untuk menabung setiap bulannya. Kamu tidak perlu memikirkan lagi uang yang telah disimpan, kamu hanya perlu mengeceknya pada masa jatuh tempo yang sudah ditetapkan.

 

2. Besaran bunga

Bila dibandingkan dengan tabungan, bunga deposito yang ditawarkan lebih tinggi.  Meski demikian, bunga atau bagi hasil setiap bank berbeda-beda. Jadi perlu dipastikan dahulu mengenai bunga deposito tersebut ke pihak bank bila ingin membuka deposito untuk milenial.

 

Sebagai contoh, bila menabung di tabungan biasa, bunga yang didapatkan biasanya di bawah 1 persen, sedangkan pada deposito, karena saat ini berada di masa suku bunga rendah, bunga yang ditawarkan di kisaran 2,85 persen untuk tenor simpanan 1 dan 3 bulan. 

 

Sementara untuk deposito dengan tenor di kisaran 6 sampai 36 bulan di kisaran 3 persen per tahun.

 

Bunga deposito Senyumku dari Amar Bank hingga 9% per tahun, lho. Nggak percaya? Cek langsung di sini!

 

Keunggulan deposito

Setelah membaca penjelasan di atas, kamu masih ragu untuk membuka rekening deposito? Untuk lebih meyakinkanmu, berikut beberapa keunggulan deposito untuk milenial.

 

1. Risiko kecil dan aman

Bagi kamu yang masih mencari investasi dengan risiko kecil, deposito adalah pilihan yang tepat. Sebab, saham pasti mengalami perubahan setiap harinya, tergantung dengan kondisi saham. Apalagi dengan adanya Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), uangmu dijamin tersimpan dengan baik dan aman. Jadi, tidak perlu khawatir ada penyelewengan dana.

 

Salah satu produk bank digital yang menjamin keamanan deposito adalah Senyumku. Senyumku adalah bank digital besutan Amar Bank yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

Jangan ragu soal keamanannya, karena simpanan Amar Bank merupakan peserta penjamin LPS.

 

2. Suku bunga yang tinggi

Dibanding menabung biasa, suku bunga deposito tentunya lebih menguntungkan. Sebagai bank digital, Senyumku juga menawarkan deposito dengan tingkat suku bunga yang kompetitif bahkan hingga 9 persen per tahun.

 

Minimal deposito hanya sebesar Rp100.000 dengan periode deposito mulai dari 1 hingga 36 bulan dengan ketentuan bunga dihitung bulanan dan dapat ditarik pada akhir periode.

 

 

Contoh simulasi deposito untuk milenial

Agar kamu bisa semakin yakin bahwa Senyumku menawarkan deposito untuk milenial yang tepat, kamu bisa melakukan simulasi secara mandiri melalui situs Senyumku.

 

Untuk rincian yang lebih lengkap, ini dia simulasi hasil deposito Senyumku dengan dana awal Rp10 juta hingga Rp100 juta untuk berbagai jangka waktu.

 

1. Simulasi deposito 10 juta selama tiga bulan

Deposito Senyumku dengan periode 3 bulan menawarkan bunga simpanan sebesar 6% per tahun. Anggaplah kamu akan menyimpan dana sebesar Rp10 juta. 

 

Artinya, menyimpan dana nominal Rp10 juta pada produk deposito Senyumku akan menjadi Rp10.147.945 belum termasuk pajak.

 

2. Simulasi deposito 10 juta selama enam bulan

Lalu, apabila kamu memilih Deposito Senyumku dengan periode 6 bulan, bunga yang ditawarkan sebesar 6,25% per tahun. 

 

Artinya, ketika kamu menyimpan dana nominal Rp10 juta pada produk deposito Senyumku akan menjadi Rp10.308.219 belum termasuk pajak.

 

3. Simulasi deposito 10 juta selama 12 bulan

Kemudian, untuk Deposito Senyumku dengan periode 12 bulan, menawarkan bunga simpanan sebesar 7% per tahun. 

 

Jika kamu menyimpan dana nominal Rp10 juta pada produk deposito Senyumku akan menjadi Rp10.700.000 belum termasuk pajak.

 

4. Simulasi deposito 10 juta selama 12 bulan

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, deposito Senyumku dengan periode 12 bulan menawarkan bunga simpanan sebesar 7% per tahun. 

 

Artinya, menyimpan dana nominal Rp10 juta pada produk deposito Senyumku akan menjadi Rp10.700.000 belum termasuk pajak.

 

5. Simulasi deposito 100 juta selama 36 bulan

Deposito Senyumku dengan periode 36 bulan menawarkan bunga simpanan sebesar 9% per tahun. Ini adalah nominal bunga tertinggi yang bisa didapatkan ketika menggunakan deposito Senyumku.

 

Seandainya kamu menyimpan dana nominal Rp10 juta pada produk deposito Senyumku selama 36 bulan, maka jumlah uangmu akan menjadi Rp Rp12.700.000 belum termasuk pajak.

 

Artikel Terkait: Cara Buka Rekening Tabungan Online Senyumku

 

Menarik, bukan? Salah satu keunggulan dari produk deposito Senyumku adalah tingkat bunga yang relatif lebih tinggi dari produk-produk deposito lain. Di samping itu, Deposito Senyumku juga menjanjikan keamanan dan kemudahan untuk proses menabung atau pencairan dana.

 

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Senyumku untuk mulai menggunakan fitur deposito dengan bunga tinggi hingga 9% per tahun. Selamat menabung!

 

Jadi tunggu apa lagi? Segeralah kamu simpan danamu pada produk deposito Senyumku dari Amar Bank. Cari tahu di sini.