Apakah kamu sudah memiliki tabungan deposito? Asal kamu tahu, salah satu jenis investasi yang cukup menggiurkan karena menawarkan bunga yang besar adalah deposito.

 

Saat ini, perbankan di Indonesia tengah berlomba-lomba untuk menawarkan produk deposito dengan bunga yang menarik. Meski begitu, kamu tetap harus selektif dalam memilih penyedia produk deposito dengan bunganya menguntungkan, namun tetap aman.

 

Sebelum memutuskan untuk memanfaatkan produk deposito, memang penting sekali bagi kamu untuk mengenal layanan keuangan ini.

 

Pengertian deposito

 

Deposito adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada jangka waktu tertentu dan syarat-syarat tertentu. 

 

Hal tersebut menjadi perbedaan utama antara deposito dan tabungan rekening biasa. Secara lebih terperinci, terdapat perbedaan antara deposito dengan tabungan yaitu:  

 

Waktu pencairan

 

Seperti dijelaskan sebelumnya, terdapat perbedaan waktu pencairan antara deposito dan tabungan. Bisa dikatakan, tabungan adalah bentuk simpanan yang lebih fleksibel ketimbang deposito.

 

Uang yang tersimpan pada tabungan bisa diambil kapanpun dibutuhkan, baik lewat ATM maupun lewat mobile banking.

 

Sementara, pada deposito, pengambilan dana hanya bisa dilakukan pada waktu jatuh tempo. Masa jatuh tempo deposito pun beragam, ada yang mulai 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, hingga 24 bulan dan bisa diperpanjang otomatis.

 

Besaran bunga

 

Bila dibandingkan dengan tabungan, bunga deposito yang ditawarkan lebih tinggi. Meski demikian, bunga atau bagi hasil setiap bank berbeda-beda. 

 

Jadi perlu dipastikan dahulu mengenai bunga deposito tersebut ke pihak bank bila ingin membuka deposito.

 

Sebagai contoh, bila menabung di tabungan biasa, bunga yang didapatkan biasanya di bawah 1 persen, sedangkan pada deposito, karena saat ini berada di masa suku bunga rendah, bunga yang ditawarkan di kisaran 2,85 persen untuk tenor simpanan 1 dan 3 bulan. 

 

Sementara untuk deposito dengan tenor di kisaran 6 sampai 36 bulan di kisaran 3 persen per tahun.

 

Deposito terbaik di Senyumku dengan bunga hingga 9%

 

Salah satu produk bank digital yang menawarkan bunga deposito yang cukup menggiurkan adalah Senyumku.

 

Senyumku adalah bank digital besutan Amar Bank yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Jangan sanksi soal keamanannya, karena simpanan Amar Bank merupakan peserta penjamin LPS.

 

Sebagai bank digital, Senyumku juga menawarkan deposito dengan tingkat suku bunga yang kompetitif bahkan hingga 9 persen per tahun.

 

Minimal deposito hanya sebesar Rp100.000 dengan periode deposito mulai dari 1 hingga 36 bulan dengan ketentuan bunga dihitung bulanan dan dapat ditarik pada akhir periode.

 

Contoh simulasi bunga deposito di Senyumku

 

Agar kamu bisa semakin yakin bahwa menggunakan deposito Senyumku adalah pilihan investasi yang tepat, kamu bisa melakukan simulasi secara mandiri melalui situs resmi. 

 

Untuk rincian yang lebih lengkap, saya akan membantu memaparkan simulasi hasil deposito Senyumku dengan dana awal Rp10 juta hingga Rp100 juta untuk berbagai jangka waktu.

 

Simulasi deposito 10 juta selama tiga bulan

 

Deposito Senyumku dengan periode 3 bulan menawarkan bunga simpanan sebesar 6 persen. Anggaplah kamu akan menyimpan dana sebesar Rp10 juta. 

 

Artinya, menyimpan dana nominal Rp10 juta pada produk deposito Senyumku akan menjadi Rp10.147.945 belum termasuk pajak.

 

Simulasi deposito 10 juta selama enam bulan

 

Lalu, apabila kamu memilih Deposito Senyumku dengan periode 6 bulan, bunga yang ditawarkan sebesar 6,25 persen. 

 

Artinya, ketika kamu menyimpan dana nominal Rp10 juta pada produk deposito Senyumku akan menjadi Rp10.308.219 belum termasuk pajak.

 

Simulasi deposito 10 juta selama 12 bulan

 

Kemudian, untuk Deposito Senyumku dengan periode 12 bulan, menawarkan bunga simpanan sebesar 7 persen. 

 

Jika kamu menyimpan dana nominal Rp10 juta pada produk deposito Senyumku akan menjadi Rp10.700.000 belum termasuk pajak.

 

Simulasi deposito 10 juta selama 12 bulan

 

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, deposito Senyumku dengan periode 12 bulan menawarkan bunga simpanan sebesar 7 persen. 

 

Artinya, menyimpan dana nominal Rp10 juta pada produk deposito Senyumku akan menjadi Rp10.700.000 belum termasuk pajak.

 

Simulasi deposito 100 juta selama 36 bulan

 

Deposito Senyumku dengan periode 36 bulan menawarkan bunga simpanan sebesar 9 persen. Ini adalah nominal bunga tertinggi yang bisa didapatkan ketika menggunakan deposito Senyumku.

 

Seandainya kamu menyimpan dana nominal Rp10 juta pada produk deposito Senyumku selama 36 bulan, maka jumlah uangmu akan menjadi Rp Rp12.700.000 belum termasuk pajak.

 

Artikel Terkait: Cara Buka Rekening Tabungan Online Senyumku

 

Menarik, bukan? Salah satu keunggulan dari produk deposito Senyumku adalah tingkat bunga yang relatif lebih tinggi dari produk-produk deposito lain.

 

Di samping itu, Deposito Senyumku juga menjanjikan keamanan dan kemudahan untuk proses menabung atau pencairan dana.

 

Jadi tunggu apa lagi? Segeralah kamu simpan danamu pada produk deposito Senyumku. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Senyumku untuk mulai menggunakan fitur deposito dengan bunga tinggi hingga 9 persen. Selamat menabung!