SWARA – Banyak sekali nasabah yang curhat kepada saya akan sulitnya menabung karena ada tanggungan membayar cicilan dan tagihan setiap bulannya. Padahal menabung untuk berinvestasi adalah hal yang sangat perlu dilakukan agar memiliki keamanan finansial di masa depan. Nah, bagi kamu yang mengalami hal ini sebaiknya nggak perlu khawatir, karena ada 4 investasi yang bisa dilakukan dengan modal kecil. Apa saja investasi yang dimaksud? Berikut investasi-investasi tersebut!

 

1. Reksadana

Investasi satu ini nggak hanya diminati investor pemula. Investor berpengalaman juga tetap memiliki reksadana sebagai salah satu instrumen investasinya. Keunggulan yang ditawarkan adalah minimnya risiko yang didapatkan investor serta nggak membutuhkan modal besar untuk memulainya.

 

Beberapa reksadana bisa dibuka hanya dengan uang sebesar Rp100 ribu saja, tentu nggak akan memberatkan kamu setiap bulannya. Uang dari para investor ini akan dikelola oleh manajer investasi untuk disebarkan ke berbagai perusahaan agar risikonya menjadi rendah sehingga kamu nggak perlu repot-repot lagi memantau pergerakan nilai investasi setiap saat. Hal yang perlu kamu lakukan adalah memastikan manajer investasi yang dipilih benar-benar ahli dalam bidangnya dan sudah memiliki reputasi baik.

 

2. Emas

Emas selalu dianggap investasi yang paling aman dan menguntungkan sejak dulu. Dari orang tua hingga anak muda berbondong-bondong menginvestasikan uangnya untuk dibelikan emas. Wajar saja, harga emas cenderung naik dari tahun ke tahun, dan emas aman dari inflasi yang menghantui uang kertas. Harga emas tiap gram cukup mahal menjadikan orang berpikir ulang untuk membeli emas batangan. 

 

Namun saat ini sudah banyak lembaga yang bisa membantu nasabahnya untuk bisa membeli emas dengan cara menabung. Kamu bisa menyetorkan uang mulai dari harga emas per 0,01 gram. Terbayang murahnya, bukan? Jika kamu menginvestasikan uang sebesar Rp100 ribu saja tiap bulannya, sudah berapa gram emas yang bisa kamu dapatkan selama 1 tahun? Kemudahan untuk menjual kembali emas yang kamu miliki juga menjadi nilai plus berinvestasi emas.

 

Artikel Terkait: Cara Investasi Meski Gaji Pas-pasan

  1. Investasi Meski Gaji Pas-pasan, Ini Caranya!
  2. Gaji 5 Juta, Bisa Investasi Apa Saja?
  3. Langkah Tepat Menabung dan Investasi bagi yang Bergaji UMR

 

3. Saham

Saham identik dengan investor besar, tapi nggak ada salahnya kamu sebagai investor pemula sudah mulai belajar berinvestasi saham. Pilih saham yang cenderung stabil dan risikonya lebih sedikit, misalnya saham perusahaan BUMN. Kamu bisa menabung dulu beberapa bulan untuk bisa membeli saham pertamamu. Jangan lupa terus cari info dan ilmu tentang saham agar nggak rugi saat membeli saham.

 

4. Investasi barang-barang hobi

Memiliki hobi unik memang menyenangkan, termasuk dari segi keuntungan finansial yang akan didapat. Beberapa barang koleksi yang dapat diperjualbelikan kembali adalah action figure, sneakers, uang kuno, tumbuhan, atau hewan peliharaan. Selalu jaga barang hobi yang kamu miliki. Jika harganya sedang naik, melepas barang hobi yang kamu miliki bisa mendatangkan keuntungan finansial. 

 

Itulah 4 jenis investasi yang bisa kamu lakukan dengan modal kecil. Berinvestasi bukan perkara seberapa besar modal yang bisa kita keluarkan, melainkan sejauh apa kita bisa berlatih untuk komitmen dalam menyambut masa depan nanti.