SWARA – Minat terhadap dunia investasi terus meningkat setiap tahunnya. Banyak investor muda yang terjun ke dunia investasi, salah satunya adalah investasi properti yang peluangnya dianggap semakin naik di tahun 2020 ini. Selain properti, tren investasi yang juga diprediksi akan meningkat di tahun depan adalah saham dan obligasi karena memang merupakan investasi jangka panjang. 

 

Nah, jika kamu ingin mendalami dunia properti khususnya apartemen di Jakarta, berikut ada 6 hal yang perlu kamu perhatikan!

 

1. Perhatikan pengembang apartemennya

Investasi apartemen nggak selalu aman. Sebagai investor, kamu harus memastikan pengembang apartemen yang bekerja sama denganmu benar-benar pengembang yang tepercaya. Sebab, nggak sedikit pengembang bodong yang terlihat meyakinkan di awal, tetapi proses pengembangan apartemennya nggak menunjukkan kejelasan.

 

Periksa kembali track record dari pengembang yang akan membangun apartemen yang jadi investasimu itu. Jangan lupa untuk mengecek kembali surat perizinan pengembang untuk memastikan mereka bekerja sesuai dengan regulasi. Cek juga proyek apa saja yang sudah mereka kerjakan dan bagaimana kemampuan mereka dalam berhubungan dengan investor yang bekerja sama dengannya.

 

2. Pilih lokasi dengan baik

Setelah urusan dengan pengembang sudah selesai, kamu bisa memilih lokasi yang paling sesuai untuk diinvestasikan. Lokasi di tengah kota nggak selalu jadi lokasi yang baik, kamu juga bisa memilih lokasi di pinggiran kota, tetapi pastikan lokasi tersebut memiliki akses yang baik dengan fasilitas umum. Sesuaikan juga lokasi dengan budget investasi yang kamu miliki, karena lokasi yang strategis tentu akan menaikkan harga apartemen.

 

3. Cek bangunan apartemen yang ingin kamu investasikan

Jika berinvestasi dengan apartemen baru, kamu bisa melakukan pengecekan bangunan yang sudah pernah dikembangkan oleh pihak pengembang. Cek bagaimana kualitas bangunannya, apakah menggunakan material yang bagus atau nggak? 

 

Jika kamu berinvestasi di apartemen bekas, perhatian perawatan apartemennya, apakah dirawat dengan baik atau nggak? Karena perawatan yang baik akan meningkatkan kenyamanan penghuni yang artinya bisa melancarkan investasi kamu.

 

4. Pengecekan fasilitas juga perlu dilakukan

Apartemen di Jakarta sudah banyak yang menawarkan beragam fasilitas untuk penghuni. Cek kembali fasilitas apa yang ada di apartemen yang kamu investasikan. Beberapa fasilitas yang wajib ada di apartemen adalah lahan parkir yang luas, tempat ibadah, dan akses ke pusat perbelanjaan yang mudah. Fasilitas menjadi pertimbangan seseorang untuk menempati apartemen, lho.

 

5. Pahami detail apartemen yang kamu investasikan

Apartemen memiliki aturannya masing-masing, seperti nggak boleh membawa hewan peliharaan atau nggak boleh gaduh. Kamu sebagai investor wajib mengetahui hal-hal detail hingga ke aturan yang diterapkan di apartemen yang kamu investasikan, hal ini berguna untuk memperkirakan dengan tren yang sedang terjadi di kalangan penghuni apartemen. 

 

Misalnya belakangan ini memelihara kucing sedang menjadi tren banyak orang, sehingga mereka akan memilih apartemen yang ramah bagi hewan peliharaan. Tentu saja apartemen yang aturannya kurang fleksibel akan kurang diminati orang.

 

6. Perhatikan kelengkapan surat-surat apartemen

Berinvestasi di apartemen juga perlu mengetahui kelengkapan surat-surat perizinan dari apartemen yang sudah kamu tentukan. Surat-surat tersebut seperti sertifikat hak guna bangunan (HGB) dan akta jual-beli jika apartemen bekas. Surat-surat ini sangat penting untuk kamu ketahui keberadaannya karena termasuk dalam sebuah kebutuhan legalitas yang menandakan apartemen yang kamu investasikan adalah apartemen resmi dan terhindar dari investasi bodong.

 

Itulah 6 hal yang perlu kamu perhatikan untuk berinvestasi di bidang properti khususnya apartemen. Berinvestasi properti masih sangat menguntungkan di tahun 2020 nanti, sehingga saat ini adalah momen yang tepat bagi kamu untuk mempersiapkan apartemen yang cocok untuk investasi kamu.