SWARA – Seiring dengan berjalannya waktu, nyatanya terjadi sebuah pergeseran dalam hal kebutuhan pokok seseorang. Mungkin, yang dulunya suatu barang adalah disebut sebagai kebutuhan sekunder, kini barang tersebut bisa jadi sebuah kebutuhan pokok.

 

Apa contohnya? Salah satunya adalah ponsel. Pada zaman dahulu, ponsel hanyalah sebuah benda yang hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu saja. Selain itu, ponsel juga dirasa sebagai barang mewah yang sulit dimiliki oleh orang kebanyakan.

 

Mati gaya saat ponsel tertinggal

Namun kini, terjadi sebuah pergeseran pada benda tersebut. Ponsel kini disebut-sebut sebagai sebuah benda yang wajib dibawa oleh seseorang saat ia beraktivitas. Bahkan ada sebagian orang yang beranggapan “lebih baik ketinggalan dompet dibanding ketinggalan ponsel”.

 

Fenomena tersebut membuktikan bahwa saat ini kebutuhan pokok seseorang semakin banyak ragamnya. Tak hanya makanan dan minuman, benda-benda elektronik pun dirasa sudah seperti barang pokok yang harus dimiliki oleh seseorang.

 

Artikel Terkait: Baca artikel populer di SWARA!

  1. First Day di Kantor? Ini Jurus Hadapi Kecanggungan Hari Pertamamu
  2. Tunjukkan 9 Hal Ini untuk Memberikan Impresi Baik saat Interview
  3. Cincin Pernikahan dan Cincin Pertunangan, Sama atau Beda?

 

Lalu, apa dampaknya?

Dari fenomena tersebut tentunya akan berdampak dalam banyak hal, baik itu dampak positif dan juga dampak negatif. Dampak tersebut akan terasa jika seseorang memang merasakan sendiri fenomena tersebut di dalam kehidupannya.

 

Pertama, dampak positif dari fenomena tersebut adalah komunikasi antar individu sudah tak terbendung lagi. Tak ada lagi batasan untuk seseorang yang ingin menghubungi orang lain untuk berbagai kepentingan.

 

Ini dampak negatifnya!

Selanjutnya, apa sih dampak negatifnya? Dampak negatif dari fenomena tersebut adalah terutama bagi orang-orang yang kondisi ekonominya belum tercukupi. Mereka merasa ada dorongan dari lingkungan sekitar untuk membeli sesuatu yang sebenarnya bukan kebutuhan pokok mereka.

 

Contoh nyatanya adalah jika seseorang tidak memiliki ponsel di antara teman-teman lainnya yang sudah memiliki ponsel. Kondisi tersebut tentunya akan mendorong orang tersebut untuk melakukan berbagai cara agar bisa memiliki sebuah ponsel dan dipandang baik oleh teman-temannya.

 

Dari contoh kondisi tersebut dapat terlihat bahwa ponsel yang sebenarnya bukan sebuah kebutuhan pokok, tiba-tiba berubah menjadi sebuah kebutuhan pokok karena lingkungan di sekitar.

 

Jadi, apa solusi yang tepat menyikapi pergeseran fenomena tersebut?

Kini, mengandalkan pemasukan dari satu sumber saja tidak cukup. Kita tidak bisa selalu bergantung pada gaji yang kita terima setiap bulannya. Terlebih, terdapat pergeseran fenomena yang sudah disebutkan sebelumnya, tentunya gaji dari perusahaan kita belum bisa mencukupi berbagai kebutuhan “pokok” tersebut.

 

Maka dari itu, kita harus pandai-pandai mencari peluang untuk bisa menambah pundi-pundi pemasukan agar bisa mencukupi berbagai kebutuhan pribadi. Nah, salah satu solusi yang paling recomended dan sedang hits di kalangan masyarakat saat ini adalah investasi.

 

Memang betul, investasi bukanlah hal baru di kalangan masyarakat. Namun kini, investasi sedang banyak diperbincangkan oleh sebagian kalangan. Kok bisa? Yap, karena kini berinvestasi sudah lebih mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun.

 

Artikel Terkait: Cari tahu apa kata zodiakmu!

  1. Tips dan Trik Mengatur Keuangan Sesuai Zodiakmu
  2. Inilah Zodiak yang Dikenal Sangat Tangguh Saat LDR, Kamu Termasuk?
  3. Kata Zodiak, Keberuntungan Milik Taurus. Bagaimana Zodiak yang Lain?

 

Apa aja investasi yang bisa dilakukan?

Jangan khawatir, kini sudah banyak sekali cara untuk seseorang bisa berinvestasi, baik itu secara online maupun konvensional. Nah, berikut ini adalah beberapa macam investasi yang sedang berkembang di kalangan masyarakat!

 

  1. Investasi saham perusahaan terbuka
  2. Investasi surat berharga negara
  3. Investasi emas
  4. Investasi properti

 

Keempat ragam investasi tersebut hanyalah sebagian kecil saja dari jenis investasi yang bisa kamu coba. Terlebih, berkembangnya teknologi yang semakin canggih juga memudahkan kita untuk mencari berbagai informasi terkait investasi tersebut.

 

Nah, buat kamu yang belum mencobanya, yuk mulai dari sekarang!