Gaji pas-pasan tak bisa investasi? Siapa bilang? Kamu juga bisa melakukan investasi meski gaji yang kamu miliki sedikit. Sudah banyak, kok orang yang membuktikannya. Saat ini, saya juga sudah memulai investasi walau gaji saya juga pas untuk kebutuhan harian. Dilansir dari Moneysmart, ini tips investasi dengan modal kecil agar menguntungkan!

1. Susun Rancangan Keuangan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika mau investasi meski dengan modal kecil adalah menyusun rancangan keuangan. Tujuan dari menyusun rancangan keuangan ini adalah untu mengetahui berapa nominal uang yang bisa kamu masukkan dalam investasi ini. Sebenarnya, menurut banyak pakar, jumlahnya adalah sekitar 10% dari gajimu.

 

Namun, tentu saja kadang ini tak realistis mengingat kebutuhan hidup itu banyak sekali. Oleh sebab itu, buat rancangan keuanganmu lebih dulu. Kalau saya, dengan gaji 5 juta per bulan dan memiliki cicilan kendaraan 1 juta per bulan, ditambah ongkos dan makan sebanyak 1,5 juta per bulan serta kebutuhan lain sekitar 500 ribu sebulan, tidak banyak yang bisa ditabung.
Kebutuhan itu belum termasuk harus memberi orang tua sekitar 500 ribu per bulan, ya! Nah, dengan semua itu, setidaknya saya hanya punya 1,5 juta saja lagi. Satu juta saya simpan untuk kebutuhan mendadak. Sisanya sebanyak 500 ribu, saya gunakan untuk investasi ini.

 

2. Pilih Instrumen yang Sesuai dengan Kondisi Keuangan

Setelah menemukan jumlah dana yang bisa diinvestasikan, lanjut dengan memilih instrumen investasi yang tepat sesuai keuangan. Ada banyak kok yang bisa kamu pilih. Meski begitu, tetap saja kamu harus hati-hati dan menelitinya dengan benar, ya! Salah satu investasi dengan modal kecil yang bisa kamu pilih adalah reksa dana dan peer to peer lending.

 

Oleh karena saya mau yang risikonya minim, maka saya lebih memilih menggunakan investasi reksa dana saja. Meski return yang akan saya dapat tak banyak, setidaknya uang tersebut tak akan ludes karena salah investasi atau karena saya tak paham dengan instrumen investasi tersebut.

 

 

3. Ikut Reksa Dana Auto Debit

Biasa, yang namanya habis gajian pasti sering lapar mata. Daripada kebablasan dan uangnya habis untuk beli hal tak guna, saya putuskan untuk ikut reksa dana auto debit saja. Jadi, reksa dana akan dengan otomatis mendebit sendiri yang harus saya bayarkan dari tabungan. Selain tak perlu top up dana setiap bulan, kamu juga akan terhindar dari lupa bayar.

 

Bisa dibilang, cara ini mirip dengan tabungan berjangka, ya! Untungnya lagi, kamu tak akan dikenakan denda bila saldo di kartumu tak cukup. Kalau tak cukup, kamu dihitung tak melakukan investasi bulan ini.

 

4. Jangan Tergoda Gaya Hidup

Nah, salah satu kendala kesuksesan investasi di usia muda dengan gaji pas-pasan itu adalah gaya hidup. Banyak orang yang rela bayar mahal untuk sepiring bakso yang umumnya bisa ditebus dengan Rp10.000,-. Masih banyak lagi contoh lainnya, kok! Hal inilah yang membuatmu susah dalam berinvestasi.

 

Padahal, meski modal yang kamu miliki sedikit, kamu tetap bisa melakuaknnya. Apalagi, kebanyakan orang sekarang bahkan sampai terjerumus gali lubang tutup lubang untuk memenuhi gaya hidup ini. Miris, kan? Nah, daripada kamu hambur-hamburkan uang untuk keperluan yang tak perlu, mending investasi saja.

 

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan agar bisa investasi meski gaji yang kamu miliki sebenarnya pas-pasan. Tak susah asal kamu memiliki tekad dalam melakukannya. Kalau kamu butuh modal tambahan untuk investasi yang lebih besar, bisa pinjam di Tunaiku saja. Kamu bisa pinjam dana hingga 20 juta rupiah, lo di sini!

 


Audrey GabriellaAudrey Gabriella