SWARA – Saat mendengar kata ‘investasi’, pasti kamu langsung membayangkan emas, saham, reksadana, deposito, rumah, apartemen, atau jenis investasi lain yang memiliki wujud. Tapi, tahukah kamu investasi itu nggak selamanya memiliki wujud? Selain itu, investasi pun nggak selalu menyoal duit dan mendatangkan profit.

 

Untuk anak milennial, ada beberapa investasi yang nggak berwujud tapi justru sangat penting. Manfaatnya pun seumur hidup dan bisa menopangmu dalam kehidupan sehari-hari. Penasaran kan?

 

Berikut adalah investasi tak berwujud yang wajib dimilki anak milenial.

 

1. Pendidikan

Saya setuju banget kalau pendidikan itu disebut sebagai investasi. Pendidikan yang baik membentuk manusia berbudi luhur dan mampu menghargai sesama. Pendidikan, yang dimulai dari keluarga hingga ke universitas, sangat penting untuk membentuk kualitas anak milenial dan dengan demikian membentuk generasi sebuah bangsa.

 

Pendidikan formal memang membutuhkan biaya yang nggak sedikit. Akan tetapi, dengan pendidikan, kamu bisa memiliki kesempatan lebih besar untuk meraih cita-cita serta mengembangkan diri.

 

Untuk di dunia kerja, dengan memiliki investasi tak berwujud berupa pendidikan, kamu juga memiliki kemungkinan diterima dan mendapatkan gaji lebih besar dibanding orang yang nggak sekolah.

 

Artikel Terkait: Menjalani investasi yang sehat.

  1. Lakukan 4 Hal Ini Saat Kamu Jadi Korban Investasi Bodong
  2. Kenali Ciri-Ciri Investasi Bodong agar Kamu Tidak Menjadi Korban!
  3. Jangan Sampai Jadi Korban, Yuk, Waspadai Tawaran Investasi Bodong di Internet!

2. Pengalaman

Pendidikan sangat penting, tapi pengalaman pun nggak kalah krusial dalam menentukan karakter seseorang. Banyak orang yang bilang bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Banyak orang dihargai karena tingginya pengalaman mereka, apakah itu menyangkut di dunia kerja ataupun di bidang lainnya.

 

Di dunia yang kompetitif, uang dan kecerdasan bukan penentu mutlak keberhasilan seseorang. Pengalaman yang matang adalah salah satu kunci yang harus dimiliki anak muda zaman sekarang. Karena itu kamu sebagai anak milennial memperkaya diri dengan pengalaman. Kamu bisa mulai dari magang atau melakukan bakti sosial.

 

3. Seminar

Jangan pernah menganggap enteng seminar atau workshop karena acara-acara inilah yang mendukung pengembangan dirimu. Yep, seminar bisa dibilang merupakan sebuah investasi nggak berwujud yang wajib dimiliki anak milennial zaman sekarang.

 

Dengan mengikuti seminar atau workshop, kemampuan dan pengetahuan kamu pun bertambah. Dengan demikian, kompetensimu meningkat dan kamu masuk dalam jajaran sumber daya manusia yang layak dipertimbangkan oleh perusahaan impianmu.

 

Selain itu, banyak juga penyelenggara beasiswa yang mementingkan seberapa sering kamu mengikuti seminar atau workshop. Dengan berinvestasi di bidang ini, kesempatan kamu untuk dapat beasiswa di dalam atau ke luar negeri pun semakin besar.

 

Artikel Terkait: Gaya hidup dan investasi yang digemari para millennials.

  1. Pengeluaran yang Biasanya Dikeluarkan Generasi Millenial Selama Liburan
  2. Jenis Investasi Reksa Dana yang Paling Disukai Para Millenials
  3. SWARA KAMU: Tantangan Investasi Generasi Millenial

 

5. Jalan-jalan

Anak milennial zaman sekarang hobinya jalan-jalan. Tapi, tahukah kamu kalau jalan-jalan itu bukan cuma soal pamer di berbagai media sosial untuk membuktikan eksistensi diri? Jalan-jalan adalah sebuah investasi untuk diri dan pikiranmu. Dengan mengunjungi berbagai tempat, kamu bisa belajar budaya lain dan mengenal keberagaman di Indonesia dan dunia.

 

Dengan jalan-jalan, mata kamu akan terbuka tentang dunia yang luas. Mindset kamu pun pasti sedikit banyak akan terpengaruhi. Kamu menjadi lebih fleksibel dan terbuka dan wawasanmu pun bertambah. Karena itu, selagi muda, berkelanalah! Jelajahilah tempat-tempat di dunia agar pengalaman dan kekayaan batinmu bertambah. Kelak saat kamu tua kamu nggak akan menyesal karena telah melihat dunia dengan segala keragamannya yang indah secara langsung.

 

Itulah investasi tak berwujud yang wajib dimiliki anak milenial. Selagi muda, usahakan untuk berinvestasi sebanyak-banyaknya, terutama yang berfokus pada pengembangan diri. Inilah yang akan menjadi bekalmu dalam menjalani hidup di masa depan yang penuh tantangan.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 


KENNY CAROLINEKENNY CAROLINE