Beranda > Finansial > Investasi Berlian atau Emas, Pilih Mana?

Investasi Berlian atau Emas, Pilih Mana?

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Investasi Berlian atau Emas, Pilih Mana?watermark

TUNAIKU.COM – Belakangan ini harga emas Antam memang cenderung mengalami penururan. Tentu hal ini membuat resah mereka yang berinvestasi emas. Apakah kamu juga termasuk?

 

Sebenarnya salah satu cara agar bisa berinvestasi secara aman adalah dengan melakukan difersifikasi investasi. Jika kamu berinvestasi saham, bisa membagi modalmu pada beberapa perusahaan. Jadi, nggak fokus di satu perusahaan saja. Nah, buat kamu yang berinvestasi perhiasan, ada baiknya mulai melirik ke berlian.

 

Sebenarnya peminat investasi berlian sudah banyak. Namun, ada beberapa hal yang diperhatikan sebelum memilih investasi ini. Apa saja?

 

Artikel Terkait: Pahami Risiko dalam Berinvestasi

  1. Ingin Mulai Berinvestasi? Kenali 7 Jenis Risiko Investasi Ini
  2. Pahami 5 Risiko Ini Sebelum Berinvestasi Unit Link!
  3. Ini Dia 10 Jenis Investasi Risiko Rendah tapi Menguntungkan. Yuk, Dicoba!

 

1. Perhatikan ukuran karat

Dalam berinvestasi berlian, ada baiknya minimal 2 karat. Pasalnya, harga berlian tentu ditentukan karatnya. Semakin besar karat, semakin mahal harganya. Namun, karat berlian berbeda dengan emas. Contohnya seperti ini. Harga 1 karat berlian misalkan Rp80 juta. Maka 2 karat berlian harganya Rp240 juta.

 

2. Bentuk irisan berlian

Bentuk irisan berlian biasanya disebut juga dengan cutting. Irisan inilah yang akan memengaruhi permainan dari cahaya berlian itu. Namun, kamu juga perlu memerhatikan proporsi bagian atas dan bawah. Kamu juga perlu melihat irisannya dari kualitas bagian pinggang.

 

3. Tingkat keputihan warna berlian

Penentu harga berlian lainnya terletak pada warna. Semakin putih, kualitas berlian semakin bagus, yang otomatis semakin mahal harganya. Ada pun warna paling putih ditandai dengan huruf “D” sedangkan “Z” untuk yang terendah.

 

4. Kejernihan berlian

Berlian juga memiliki kode “VVS”. Kode ini menunjukkan bahwa kondisi berlian tanpa cacat alias jernih atau flawless. Kejernihan berlian ini sering disebut dengan clarity.

 

Artikel Terkait: Hal-hal Seputar Investasi Berlian

  1. Seluk Beluk Investasi Berlian Bagi Kamu yang Tertarik Investasi Berlian
  2. Tertarik Investasi Berlian? Ini Keuntungan yang Akan Kamu Dapatkan!
  3. Investasi Emas atau Berlian? Ini Perbandingannya Agar Untung Maksimal

 

5. Status sertifikat berlian

Agar aman dan terjamin, pastikan kamu berinvestasi berlian yang memiliki sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga sertifikat dunia. Dengan demikian, investasimu akan aman. Harga berlianmu akan selalu mengacu pada harga berlian di dunia.

 

Itu dia hal-hal yang harus kamu perhatikan saat berinvestasi berlian. Kalau harus memilih manakah yang lebih baik, emas atau berlian, saya sendiri cenderung memilih emas. Pasalnya, nanti harga emas pun akan membaik lagi seperti yang sudah terjadi dulu-dulu. Jadi dari segi keamanan, investasi emas masih menjadi idaman.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

CTABARU3

Mobile Site CTA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett