Beranda > Finansial > Hai Kamu yang Berusia 20-an, Terapkan 5 Langkah Mengatur Keuangan a la Orang Dewasa Ini!

Hai Kamu yang Berusia 20-an, Terapkan 5 Langkah Mengatur Keuangan a la Orang Dewasa Ini!

Hai Kamu yang Berusia 20-an, Terapkan 5 Langkah Mengatur Keuangan a la Orang Dewasa Ini!watermark

TUNAIKU.COM – Usia 20-an bisa dianggap gerbang kedewasaan. Kamu harus mulai bisa hidup mandiri dan bekerja dengan jerih payah sendiri di usia ini. Selain itu, ilmu mengatur pengeluaran juga harus dikuasai. Pasalnya, hal inilah yang bisa membuat keuanganmu tetap aman di masa depan nanti.

Kira-kira apa saja lima langkah mengatur keuangan a la orang dewasa yang bisa kamu terapkan dari sekarang? Yuk, simak penjabarannya di bawah ini!

 

 

  • Gunakan autopay supaya tidak ada tagihan yang terlewat

 

Kebutuhan hidup di usia 20-an tentu makin menggunung. Kamu harus memenuhi kebutuhan hidup sendiri. Mulai kebutuhan makan, kebutuhan bulanan, hingga berbagai macam cicilan barang. Hal inilah yang membuatmu terkadang kerepotan membayar semuanya.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan sistem autopay. Sistem keuangan ini akan membayar cicilan secara otomatis dari rekening pribadimu. Keuntungannya adalah kamu bisa membayar tepat waktu tanpa perlu kerepotan. Jika selalu membayar tepat waktu, bisa dipastikan kamu juga nggak akan terkena denda.

 

 

  • Scan semua surat-surat penting, nota pembayaran, dan buku tabungan supaya aman

 

Apakah kamu masih menyimpan nota-nota penting dari hasil pembayaran? Belum lagi buku tabungan dan surat penting lainnya. Di zaman serba canggih sekarang ini, kamu perlu membuat cadangan semua kertas-kertas fisikmu tadi.

Scan semua surat penting dan masukkan ke dalam folder sesuai dengan jenisnya supaya kamu lebih mudah menemukannya. Hal ini tentu akan membuat surat penting yang kamu miliki tetap aman.

 

 

  • Jadikan semua tagihan pinjaman atau tagihan kartu kredit jadi satu, hal ini bisa mempermudahmu

 

Punya lebih dari satu kartu kredit? Kamu bisa meminta kepada pihak penagih untuk menjadikan satu tagihan pinjamanmu. Jangan lupa pastikan kartu kreditmu memiliki fasilitas 0% cicilan.

 

 

  • Gunakan e-banking di smartphone untuk mengecek keadaan finansialmu tiap saat

 

E-banking akan mempermudahmu mengatur keuangan di mana saja dan kapan saja. Kamu tak perlu bolak-balik pergi ke bank yang justru akan membuat boros waktu, tenaga, dan uang. Memiliki e-banking akan membuat hidupmu lebih mudah dan ringkas.

Bahkan, ketika ingin menekan hasrat berbelanja. kamu bisa mengecek apakah saldo tabunganmu cukup atau tidak. Namun, jangan lantas tergoda untuk terlalu sering belanja online setelah memiliki e-banking ya.

 

  1. Mulai menabung dan depositokan uangmu

Ingin sukses di masa depan? Sisihkan gajimu dan masukkan ke dalam deposito mulai sekarang. Deposito berjangka bisa mencegahmu menarik uang tabungan sewaktu-waktu. Bahkan, ada beberapa jenis deposito yang memberikan bunga cukup besar daripada tabungan biasanya.

Meski umur 20-an merupakan saat keemasan di masa muda, akan lebih baik jika kamu belajar menjadi dewasa. Salah satunya dalam kehidupan finansialmu. Jika kamu punya tips lainnya, bagikan di kolom komentar ya!

 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett