Beranda > Finansial > Gaji Terlalu Pas-Pasan buat Hidup di Kota Besar? Gampang, Terapkan 6 Cara Ini Aja!

Gaji Terlalu Pas-Pasan buat Hidup di Kota Besar? Gampang, Terapkan 6 Cara Ini Aja!

Gaji Terlalu Pas-Pasan buat Hidup di Kota Besar? Gampang, Terapkan 6 Cara Ini Aja!watermark

TUNAIKU.COM – Kota besar seperti Jakarta biasanya jadi tujuan para perantau. Selain banyaknya kesempatan kerja yang tersedia, kota sekelas Jakarta juga menjanjikan gaji yang tinggi. Tak heran jika akhirnya banyak orang memilih meninggalkan kampung halaman untuk merantau ke sana.

 

Sayangnya meski tersedia banyak pekerjaan dengan gaji relatif tinggi, hidup di kota metropolitan bukanlah perkara gampang. Biaya hidup yang nggak kalah tinggi, umumnya jadi salah satu hambatannya.

 

Itulah mengapa dibutuhkan kemampuan berhemat bagimu yang tinggal di kota besar seperti Jakarta. Supaya bisa bertahan dengan gaji yang kamu punya, ini nih cara-cara gampang yang bisa kamu lakukan!

 

Pintar-pintarlah mencari tempat tinggal yang murah

Demi bisa berhemat, tinggal menumpang adalah salah satu cara yang bisa kamu coba. Khususnya yang memiliki saudara atau teman dekat, menumpang di tempat mereka sangat efektif untuk menghemat pengeluaran. Namun, kamu juga bisa menyewa kamar kos sendiri. Pastikan memilih kos dengan harga sewa yang terjangkau atau tidak boleh lebih dari 20% penghasilanmu.

 

Makanlah di warteg atau masak sendiri

Selain urusan tempat tinggal, perkara makan juga harus diperhatikan. Untuk bisa berhemat, sebaiknya kamu membiasakan diri untuk makan di warteg atau memasak sendiri. Makan di warteg tentu lebih praktis dan murah, sedangkan masak sendiri juga cenderung murah sekaligus lebih sehat.

 

Biasakan jalan kaki atau naik kendaraan umum

Dalam hal mobilitas, kamu pun nggak boleh manja. Nggak harus punya mobil atau motor sendiri, kamu bisa berhemat dengan naik kendaraan umum atau jalan kaki. Manfaatkan berbagai fasilitas umum yang tersedia, misalnya dengan menggunakan bus atau kereta. Selain itu, rajin-rajinlah berjalan kaki yang juga sangat baik bagi kesehatan.

 

Jangan keseringan nongkrong atau jalan-jalan

Berbagai hiburan tersedia di kota-kota besar, mulai dari mall sampai aneka tempat nongkrong. Nah, dalam hal ini kamu tentu harus piawai menahan diri. Sebaiknya jangan terlalu sering nongkrong dengan teman, karena kebiasaan tersebut akan menguras isi dompetmu.

 

Manfaatkan diskon saat belanja

Sesekali berbelanja tentu boleh-boleh saja, tapi perhatikan budget yang kamu punya. Jangan sampai kamu kehabisan uang karena kurang bijak dalam berbelanja. Justru yang harus kamu lakukan adalah memanfaatkan diskon yang biasanya ada di mall-mall. Selain itu, pastikan bahwa barang yang kamu beli memang kamu butuhkan.

 

Cari uang tambahan dengan Referral Gamification Tunaiku

Selain berhemat, cara yang harus kamu coba adalah dengan mencari pemasukan tambahan. Salah satunya dengan menjajal Referral Gamification dari Tunaiku. Kamu hanya perlu merekomendasikan Tunaiku kepada keluarga atau teman yang membutuhkan solusi keuangan. Kamu bisa mendapatkan rezeki tunai sebesar Rp 25 ribu – 35 ribu untuk setiap aplikasi yang disetujui. Nggak cuma bertugas menyebarkan kode referral di media sosial, Referral Gamification ini juga mengajakmu berpetualang menyelesaikan serangkaian misi. Untuk setiap misi yang terselesaikan, kamu akan naik level dan dapat poin ‘gold’ yang bisa ditukar dengan berbagai hadiah menarik.

 

Hidup di kota besar dengan gaji yang pas-pasan memang nggak gampang. Asalkan mau menerapkan cara-cara berhemat di atas, kamu pasti nggak akan kesulitan. Selain itu, kamu bisa mencari pemasukan tambahan lewat Referral Gamification yang pastinya gampang dan menguntungkan. Yuk, dicoba! Pelajari tentang Referral Gamification lebih lanjut di sini atau langsung daftar ke sini.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett