Beranda > Finansial > Cara Jitu atasi Putus Asa Setelah Gagal Berbisnis

Cara Jitu atasi Putus Asa Setelah Gagal Berbisnis

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Cara Jitu atasi Putus Asa Setelah Gagal Berbisniswatermark

TUNAIKU.COM – Saat ini sudah banyak bermunculan pengusaha-pengusaha baru. Ada yang benar-benar memberikan perhatian 100% pada bisnisnya. Ada juga yang belum 100% berbisnis karena memang masih berstatus sebagai karyawan. Coba saja perhatikan lingkungan kerjamu. Apakah ada yang menjadi reseller atau jastip? Jika ya, mereka juga sudah bisa dikatakan pengusaha, lho.

 

Hal yang perlu kamu ketahui adalah dalam menjalankan bisnis, pasti ada pasang surutnya. Bisa jadi kamu mendapatkan banyak permintaan hingga dihujani keuntungan berlipat. Namun, ada kalanya juga pasar sepi sehingga usahamu terkesan stagnan bahkan bangkrut.

 

Artikel Terkait: Pengin Membuka Usaha? Baca Ini!

  1. 5 Jurus Jitu Hal Ini Agar Sukses di Bisnis Kos-Kosan dan Untung Besar
  2. Rintis Bisnis Clothing Brand, Kisah Sukses Nasabah Tunaiku Ini Menginspirasi!
  3. 6 Kiat Sukses Rintis Bisnis Online Shop, Mudah dan Cepat Menghasilkan

 

Kemampuan bertahan dalam menjalankan usaha memang sangat diperlukan. Jangan sampai ketika kegagalan menyapa, kamu jadi nglokro dan nggak semangat untuk memulainya lagi. Padahal, semangat untuk memulai lagi inilah yang paling penting agar kamu bisa bertahan menjalankan bisnis.

 

Yang namanya putus asa saat gagal memang lumrah. Namun, kamu nggak boleh berlama-lama dalam keadaan ini. Ada cara agar kamu bisa mengatasi rasa putus asa itu. Ini dia beberapa cara di antaranya!

 

1. Menjadikan pembelajaran

Mungkin tips pertama ini terkesan klise. Namun, kalau dipikir-pikir, memang benar bukan? Dengan adanya kegagalan dalam membangun bisnis, kita jadi tahu apa penyebabnya. Dengan sebab tadi, kita bisa belajar untuk membangun bisnis lebih baik. Jadi, tetaplah berprasangka baik terhadap kegagalan yang kamu alami.

 

2. Memiliki tokoh idola

Dalam menjalankan bisnis, ada baiknya kamu memiliki mentor atau pun idola. Tentu saja tokoh yang kamu idolakan adalah pebisnis yang sudah sukses menjalankan usaha, ya. Mengidolakan seseorang bahkan belajar bisnis darinya, membuat kita makin semangat mengelola bisnis, baik saat keadaan sulit maupun sebaliknya.

 

Artikel Terkait: Public Figure yang Sebaiknya Kamu Ikuti Kesuksesannya

  1. Sontek 8 Ide Bisnis Ala Maia Estianty
  2. Mantra Sukses Ala Lady Gaga
  3. 7 Tips Sukses dalam Mengembangkan Bisnis A La Victoria Beckham

 

3. Rajin membaca kesuksesan pebisnis lain

Tokoh idola dalam dunia bisnismu tadi pastilah sebelum sesukses sekarang pernah mengalami masa-masa surut. Dengan membaca dan mengetahui kisah perjuangannya melawan masa-masa sulit, secara nggak langsung membuatmu lebih semangat untuk bangkit.

 

4. Miliki motivasi

Nggak bisa disangkal kalau kamu harus memiliki motivasi dalam menjalankan usaha. Motivasi di sini bisa berupa tujuan jangka panjang, kepuasan, pencapaian, kepemilikan suatu barang, dan lain sebagainya. Sebagai contoh, kamu sangat ingin keliling Eropa. Untuk itu, kamu pun harus mengumpulkan uang dalam jumlah lumayan. Nah, jadikan rencana liburan ke Eropa ini sebagai motivasi dalam mengumpulkan pundi-pundi keuntungan. Jadi, setiap kali gagal, kamu akan lebih mudah untuk bangkit lagi.

 

5. Menanamkan sifat ikhlas 

Saya iri pada orang yang memiliki sifat ikhlas. Dengan sifat ikhlas yang dimilikinya itu, dia pun lebih mudah menerima semua keadaan bahkan cobaan yang dialami. Sifat ikhlas ini tentu menjadi modal utama dalam menjalankan usaha. Dengan adanya sifat ikhlas, pebisnis pun akan lebih mudah untuk menerima kenyataan dan berusaha lagi untuk bangkit.

 

Itu dia tips buat kamu yang baru saja gagal dalam menjalankan usaha. Kegagalan memang pasti akan dialami setiap orang. Namun, yang perlu kamu pahami adalah, segeralah bangkit karena itu jadi kekuatanmu dalam bertahan di dunia usaha.

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

CTABARU1

Mobile Site CTA

 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett