SWARA – Menjadi seorang ASN/PNS bisa dikatakan impian semua orang. Pun dengan saya, pengin banget bisa jadi ASN/PNS. Terlepas dari gaji kecil yang diterima khususnya buat ASN/PNS daerah, saya masih sangat berminat. Toh, kalau soal gaji kan, kita bisa membuka usaha, apalagi kalau ngomongin bisnis rumahan.

 

 

Well, seenggaknya ada 10 bisnis rumahan bermodal kecil yang bisa dicoba khusus PNS. Ini dia beberapa di antaranya!

 

1. Online shop

Untuk usaha satu ini memang banyak jadi pilihan. Ada-ada saja barang yang bisa dijual di situs online, seperti kerudung, baju, sepatu, dan lain sebagainya. Lapak online ini banyak diminati karena bisa dikatakan kamu tanpa modal. Yap, kamu nggak perlu stok barang dan bayar iklan. Begitu ada pesanan baru kamu ambil dari penjual utama. Itulah kenapa online shop ini banyak diminati orang-orang.

 

2. Jualan pulsa dan paket data

Sebagai seorang ASN/PNS kamu juga bisa berjualan pulsa dan paket data. Kebanyakan pegawai kantoran memang malas untuk mampir ke counter beli pulsa dan kuota. Nah, nggak ada salahnya kamu mencoba usaha ini.

 

3. Freelance penulis

Kamu punya hobi menulis? Jika ya, sebenarnya menjadi freelance writer bisa jadi pilihan buat kamu. Di luar sana ada perusahaan start up yang menerima artikel untuk situs mereka, kok. Layak dicoba!

 

4. Penerjemah

Kalau kamu memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik, kamu bisa membuka jasa penerjemah. Pastinya usaha ini nggak akan menyita waktumu terlalu banyak. Pekerjaan utamamu selaku ASN/PNS pun nggak akan terkesampingkan.

 

5. Fotografer

Suka fotografi dan kebetulan juga punya kamera DSLR? Jangan hanya dianggurin! Coba kamu buka usaha fotografer. Kan, kameramu jadi terpakai dan kemampuanmu makin terasah. Hal yang lebih penting, kamu juga dapat keuntungan dari sana. 

 

6. Youtuber

Sepuluh tahun yang lalu apakah kamu bisa memprediksi kalau ada profesi seperti youtuber? Nah, profesi semacam ini bisa kamu jadikan pekerjaan sampingan. Selanjutnya kamu tinggal melihat minatmu, pada bidang kecantikan, traveling, makanan, atau apa pun. Kalau kamu suka traveling bisa jadi travel vlogger.  

 

Artikel Terkait: Pengin Jadi Vlogger? Baca Ini

  1. Pilih Jadi Content Creator Youtube dan Instagram? Ikuti 5 Tips Ini!
  2. Belajar Sukses dari 10 Aktivitas yang Rutin Dilakukan oleh Youtuber GitSav
  3. Atta Halilintar: Kaya dari Nge-Vlog di YouTube

7. Kontrakan

Punya rumah yang lagi nggak dipakai? Sayang sekali kalau dianggurin. Ada baiknya kamu jadikan sebagai rumah sewaan yang bisa menjadi pendapatan pasif. Lumayan banget, kan?

 

8. Rental kendaraan

Apakah kamu tinggal di kota yang menjadi tujuan wisata? Apakah kamu memiliki kendaraan yang juga jarang digunakan? Jika ya, kamu bisa menjadikannya sebagai rental kendaraan. 

 

9. Jualan makanan

Orang kantoran juga biasanya nggak sempat sarapan. Nah, sebenarnya ini bisa jadi peruntungan buat kamu jualan makanan baik itu makanan ringan maupun berat. Kamu pun bisa menyetok sarapan untuk mereka.

 

10. Jastip

Kamu seorang ASN PNS yang suka traveling ke luar negeri? Kalau ya, usaha murah meriah yang bisa kamu coba adalah usaha jastip. Jika kamu memiliki banyak teman yang branded fashion, usaha ini tentu sangat menjanjikan.

 

Artikel Terkait: Suka Belanja? Baca Peluang Jastip di Bawah Ini

  1. Intip Peluang Dapatkan Cuan dari Bisnis Jastip
  2. Jastip Alias Jasa Titip Bisa Jadi Peluang Bisnis Menguntungkan!
  3. 15 Usaha yang Bisa Kamu Rintis dengan Modal Rp10 Jutaan!

 

Itu dia 10 bisnis rumahan yang bisa kamu coba sebagai seorang ASN/PNS. Mana yang ingin kamu pilih?