SWARA – Dunia bisnis yang dinamis ini memunculkan banyak istilah-istilah baru ditengah banyak nya inovasi. Istilah Solopreneur dan entrepereneur pasti sudah nggak asing lagi di telinga kamu. Kedua istilah ini ada dan sangat relevan dengan kondisi perkembangan bisnis saat ini. Tetapi, adakah diantara kamu yang mengerti perbedaannya?.

 

Kini nggak jarang orang-orang yang berjuang membangun bisnis secara indepanden dan nggak mau melibatkan banyak staff. Ini layak kamu sebut sebagai solopreneur. Sedangkan enterpreneur memiliki pengertian mendasar bahwa peluang bisnis yang ia ciptakan bukan hanya dibangun oleh dirinya sendiri, tetapi juga melibatkan pihak-pihak tertentu diluar dirinya. Meskipun berbeda, keduanya sama-sama memberikanmu kesempatan untuk sukses dan berhasil di dunia bisnis lho.

 

Ini dia tips agar kamu sukses di dunia bisnis, baik ketika menjadi Solopreneur atau Entrepreneur!

 

Artikel terkait: Butuh penghasilan tambahan?. Simak brbagai macam usaha sampingan yang nggak perlu modal besar berikut!

  1. 6 Ide Usaha Rumahan dengan Modal Kecil yang Meraup Banyak Keuntungan
  2. 7 Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan dan Cocok Sebagai Bisnis Sampingan Para Karyawan
  3. Bisnis Laundry Kiloan, Usaha Rumahan Bermodal Kecil Tapi Menjanjikan

1. Fokus pada passion

Seorang solopreneur maupun entrepreneur nggak hanya befokus pada uang, tetapi juga passion terhadap pekerjaannya. Kalau hanya fokus pada uang maka dia bakal kehilangan semangat dan gairahnya untuk bekerja.

 

2. Lebih menghargai waktu

Ini lebih dirasakan oleh seorang solopreneur dibandingkan entrepreneur. Sebagai orang yang menjalankan bisnis secara independen. Solopreneur harus memiliki manajemen waktu yang baik, karena hampir semuanya ia kerjakan sendiri.

 

3. Paham kolaborasi dalam berbisnis

Baik solopreneur maupun entrepreneur akan berusaha belajar dari orang lain dan membangun relasi bisnis dengan orang lain. Mereka bisa saling mempromosikan produk.

 

4. Memiliki tujuan yang jelas

Siapapun yang bertekad membangun karir di dunia bisnis, harus memiliki tujuan dan arah yang jelas. Sebelum memulai pikirkan target dan apa saja yang perlu kamu capai dalam waktu jangka pendek maupun panjang.

 

5. Siap dengan kegagalan

Modal utama yang harus dibawa bagi pelaku bisnis adalah keberanian. Dalam perjalanan mengembangkan usaha, kamu bakal menemui kegagalan berkali-kali. Kamu harus membiasakan diri dengan hal ini dan jangan lupa untuk bangkit lagi.

 

6. Bersifat dinamis

Sudah tau kan bahwa dunia bisnis sangat dinamis?. Itu artinya kamu harus terus belajar dan belajar mengembangkan diri. Gali informasi dari berbagai pengalaman orang lain dan tambah wawasan, serta pengetahuan baru.

 

7. Berani ambil risiko

Kamu akan dihadapkan oleh banyak pilihan dan disetiap pilihan yang kamu ambil pasti ada risikonya, tetapi risiko tersebut sudah kamu pertimbangkan dengan matang. Kamu harus berani menghadapi risiko yang ada. Dengan begitu kamu tahu apa saja yang kamu butuhkan agar bisnismu berkembang, berbagai kendala bisnis apa saja yang ditemui.

 

8. Konsisten

Meskipun dunia bisnis cukup dinamis, dalam hal-hal tertentu kamu harus bisa konsisten. Misalnya konsisten dengan bidang bisnis yang kamu ambil, tetap fokus pada tujuan awalmu dan capai target yang sudah kamu tentukan.

 

Tertarik menjadi solopreneur atau entrepreneur?. Keduanya bisa memberikanmu peluang bisnis yang sama besarnya. Hal terpenting nya adalah ikuti kata hati dan kondisi yang sedang hadapi. Selamat berjuang!

 

Artikel terkait: Poin-poin penting yang perlu kamu perhatikan saat sedang membangun karir!

  1. 6 Tips Sukses Saat Interview Pekerjaan Lagi Setelah Lama Berhenti Kerja
  2. Ini 5 Kiat Mengajak Ngobrol Atasan Soal Promosi Jabatan
  3. Tips Sukses Buat Kamu yang Baru Naik Jadi Manajer

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

1


Setyo KinanthiĀ SETYO KINANTHI