SWARA – Kawasan indekos alias kosan selalu memiliki peluang untuk membuka usaha. Sewaktu saya masih mahasiswi, kosan tempat saya tinggal dikelilingi oleh laundry, jasa fotokopi, dan warteg. Tempat usaha ini dimiliki oleh mereka yang selalu membuka mata dan menangkap kesempatan bisnis yang menjanjikan.

Membuka usaha di sekitar wilayah kosan memang cukup menjanjikan. Sebab, orang-orang yang tinggal di wilayah kosan adalah orang-orang rantau dan mereka biasanya membutuhkan banyak hal setiap bulannya. Kamu juga nggak perlu modal besar, 10-20 juta sudah cukup untuk memulai usaha.

Lalu ide usaha apa saja yang bisa kamu coba? Berikut adalah jenis usaha modal kecil menjanjikan yang bisa jadi alternatif buat kamu.

1. Buka usaha kuliner

Bisnis kuliner adalah satu jenis usaha paling strategis di kawasan kosan. Yang namanya manusia kan nggak terlepas dari kebutuhan untuk makan, toh? Di tempat saya tinggal sekarang saja ada banyak sekali rumah makan mulai dari warteg, rumah makan padang, nasi pecel, hingga penjual jus. Jangan ragu untuk membuka warung makan karena sudah pasti daganganmu bakal lagu. Tapi, pastikan makanan yang kamu jual enak dan bersih ya!

 

Artikel Terkait: Memulai bisnis dengan Tunaiku.

  1. Mau Coba Usaha Waralaba? Pakai Pinjaman Tanpa Agunan Bisa Dong!
  2. 10 Ide Bisnis dengan Modal Rp 20juta, Langsung Gunakan Pinjaman Tunaiku!
  3. 5 Langkah Memaksimalkan Kredit Tanpa Agunan Untuk Pengembangan Bisnis

2. Bisnis laundry

Rata-rata penghuni kos adalah mahasiswa dan pekerja yang sibuk dan memiliki jadwal padat. Biasanya, mereka nggak memiliki waktu untuk mencuci karena sebagian menganggap mencuci memotong waktu istrahat. Kamu bisa menangkap peluang ini dengan mencoba bisnis laundry.

3. Air isi ulang

Usaha kecil selanjutnya yang bisa kamu coba adalah air isi ulang. Seperti halnya makan, manusia pun butuh minum air putih. Di kota-kota besar, banyak orang memilih airĀ  isi ulang karena memasak air cukup menyita waktu. Nah, jangan sia-siakan kesempatan ini. Bukalah usaha air isi ulang dan berikan solusi buat anak-anak kosan yang membutuhkan minuman.

 

4. Konter pulsa

Membuka usaha konter pulsa bisa menjadi pilihan bila kamu tinggal di kawasan kosan. Saat ini, hampir semua orang di perkotaan memiliki ponsel. Mereka pun membutuhkan pulsa atau paket kuota. Nah kamu bisa menjadi solusi untuk kebutuhan ini.

 

5. Rental warnet, jasa fotokopi, atau ATK

Salah satu kebutuhan utama mahasiswa adalah warnet. Mereka biasanya nongkrong di tempat ini untuk online ataupun menyelesaikan tugas. Mereka pun membutuhkan jasa print untuk mencetak tugas dan atau memfotokopi bahan bacaan dari dosen. Nah, kamu bisa menjawab kebutuhan mereka dengan membuka usaha fotokopi, warnet, ataupun ATK. Kamu nggak bakal rugi dengan usaha ini. Karena semua mahasiswa membutuhkan hal tersebut.

 

Artikel Terkait: Kisah pebisnis kuliner yang inspiratif.

  1. Sosok Sukses di Industri Kuliner Nusantara yang Inspiratif
  2. Bondan Winarno, Maestro Maknyus Kuliner yang Jago Berbisnis
  3. Ini Dia 10 Kuliner Hits Kota Semarang yang Wajib Dicicip

 

6. Percetakan spanduk

Usaha ini juga bisa kamu coba. Biasanya mahasiswa mencetak spanduk untuk kegiatan-kegiatan kampus seperti seminar, pertandingan olahraga, pemilihan Ketua BEM, dan lain-lain. Percetakan spanduk bisa menjadi usaha menjanjikan apalagi bila kamu mendirikannya di wilayah kosan dan kampus.

 

Itulah beberapa jenis usaha kecil menjanjikan yang bisa kamu coba. Skalanya boleh dibilang kecil, tapi ke depan bisa memberi profit tambahan buat kamu. Tunggu apa lagi?

 

Nah, buat kamu yang berniat membuka usaha dan sedang mencari modal, Tunaiku punya solusinya nih. Tunaiku punya program Kredit Tanpa Agunan(KTA) yang bisa kamu manfaatkan untuk membuka usaha menjanjikan di wilayah kostan. Jumlah pinjaman yang ditawarkan beragam, mulai dari Rp6-20 juta. Tenornya pun bisa kamu pilih dari 6-20 bulan.

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

KTA


KENNY CAROLINEKENNY CAROLINE