SWARA – Keberadaan bisnis online shop semakin berkembang di Indonesia. Hal itu pun didukung oleh e-commerce yang bertebaran. Belum lagi dengan banyak aplikasi media sosial yang memudahkan proses jual-beli antara penjual dan pembeli. Hal ini saya sadari ketika saya mulai membuka online shop (olshop) tahun lalu.

 

Membuka toko online yang baru berarti harus memiliki beberapa aplikasi sebagai alat tempur. Selain memudahkan komunikasi antara penjual, aplikasi berikut bakal memudahkanmu dalam berbagai proses kelancaran transaksi online.

 

Karena itu, untuk kamu yang punya bisnis online, ada beberapa aplikasi penting yang harus ada di smartphone-mu. Simak yuk aplikasi apa aja!

 

1. Aplikasi toko online

Tokopedia, Bukalapak, OXL, dan Lazada hanyalah sederet situs dari banyak e-commerce di luar sana. Masing-masing memiliki fitur unggulan tersendiri yang memudahkanmu sebagai pebisnis online menjual produknya. Mulai dari fitur gratis ongkos kirim, jaminan keamanan bertransaksi, luasnya jangkauan pelanggan, dukungan periklanan, serta fitur menguntungkan lainnya yang tentu mempengaruhi kelancaran bisnismu.

 

Kamu tinggal mendaftarkan produk, mengikuti kebijakan, dan mengunggah produk-produk jualanmu. Pengelolaannya juga mudah. Intinya, kamu rajin update barang mulai dari informasi, harga, hingga rajin merespon calon pembeli. Cara ini bisa menarik kepercayaan pelanggan dan potensi peningkatan penjualan toko kamu.

 

Artikel Terkait: Bisnis bersama pasangan.

  1. Bikin Bisnis bareng Pacar? Ini 4 Hal yang Harus Kamu Waspadai
  2. 4 Ciri Pasangan yang Bisa Bikin Kamu Semakin Sukses
  3. 6 Ide Usaha Rumahan dengan Modal Kecil yang Meraup Banyak Keuntungan

 

2. Aplikasi media sosial

Hampir semua orang di seluruh dunia mengakses media sosial setiap harinya. Nah, hal ini bisa kamu manfaatkan dengan membuat akun media sosial olnline shop kamu. Pilihlah media sosial populer dengan pengguna terbanyak seperti Instagram, Facebook, atau Twitter.

 

Media sosial bakal meningkatkan interaksimu dengan calon pembeli dan mendekatkan mereka pada produk yang kamu jual. Saat ini pun media sosial punya fitur akun bisnis sendiri. Manfaatkan hal ini secara maksimal sehingga jangkauan penjualanmu lebih luas.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman tunai mudah dan cepat tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, amar bank indonesia, kredit mudah dan cepat tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, aplikasi penunjang bisnis online, aplikasi penting di smartphone

 

3. Aplikasi chat messenger

Aplikasi percakapan adalah komponen yang sangat penting dalam menjalankan bisnis online. Karena memberikan ruang berkomunikasi antara kamu dan pelanggan. Saat ini banyak olnine shop yang menjadikan instant messenger seperti WhatsApp dan Line sebagai tempat menerima order dan memberikan informasi tentang total harga dan sistem pembayaran kepada pelanggan. Komunikasi secara langsung juga membangun kepercayaan pelanggan terhadap kamu.

 

4. Aplikasi screenshots

Screenshots dibutuhkan oleh pebisnis online ketika hendak mempromosikan tokonya. Biasanya, melalui testimoni melalui komentar atau chat dari pelanggan yang kemudian diunggah ke akun media sosial online shop. Dengan begini, calon pembeli pun dapat melihat kredibilitas dan kualitas online shop kamu.

 

Sebenarnya setiap smartphone sudah punya fitur screenshot. Namun, kamu bisa meng-install aplikasi screenshot untuk jaga-jaga. Contohnya adalah Screen Capture Shortcut Free, Screenshot, dan lainnya.

 

5. Aplikasi jasa pengiriman barang

Dengan memiliki aplikasi ini, kamu bakal lebih mudah untuk mencari tahu estimasi ongkos kirim barang ke kota tujuan. Kamu nggak perlu bolak-balik mencari tarif harga di Google yang belum tentu mutakhir. Kamu bisa meng-install aplikasi jasa pengiriman ini misalnya JNE atau Pos Indonesia.

 

Artikel Terkait: Mencari pinjaman modal usaha.

  1. Kembangkan Usaha Wedding Organizer Lewat Pinjaman Kredit Tanpa Agunan dari Tunaiku
  2. Yuk, Kenali Lebih Dalam Tentang Modal Investasi Awal Usaha!
  3. Mau Buka Usaha Tapi Modal Usaha Terbatas? Ini 5 Cara Mengatasinya

 

6. Aplikasi photo editor

Jangan melupakan aplikasi satu ini bila kamu berencana membuka toko online. Aplikasi photo editor sangat penting untuk menunjang tampilan produk dan barang dagangan agar terlihat menarik dan bagus.

 

Gambar yang bagus dan rapi bakal lebih menarik perhatian calon pembeli. Tapi ingat, jangan sampai kamu mengedit secara berlebihan. Bisa-bisa pelanggan malah kecewa kalau barang di foto jauh berbeda dengan barang aslinya.

 

Itulah enam aplikasi penting yang bisa menunjang kelancaran bisnis online kamu dan harus ada di smartphone-mu. Semoga sukses ya!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 


KENNY CAROLINE KENNY CAROLINE