SWARA – Dewasa ini peluang bisnis yang menjanjikan adalah bisnis yang berbau dengan jasa. Nggak bisa dimungkiri memang orang-orang zaman sekarang suka dengan hal yang berbau instan dan mudah. Jadi, bisnis yang bergerak di bidang jasa akan selalu ramai. Salah satu bisnis yang bisa kamu pilih adalah bisnis laundry.

 

Artikel Terkait: Ide Membuka Usaha

  1. Nambah Uang Saat Liburan? Coba Buka Usaha Sewa Mobil!

  2. Rekomendasi 10 Usaha yang Sukses Walaupun Beroperasional di Tempat Sepi

  3. 4 Jenis Usaha Waralaba Beromzet Belasan Juta yang Jadi Incaran

 

Kalau melihat peluang bisnis dari laundry ini, banyak orang yang berminat untuk membukanya. Sayangnya, beberapa orang masih mengurungkan niat karena belum ada modalnya. Padahal, buat membuka bisnis ini kamu hanya perlu modal sebesar Rp6 juta. Untuk itu, ada beberapa yang harus diperhatikan!

 

1. Pilih lokasi usaha

Salah satu hal yang harus diperhatikan saat membuka usaha adalah lokasi usaha. Zaman sekarang kalau mau buka usaha harus sewa tempat dulu ya alamat mahal. Beruntunglah kamu yang sudah memiliki tempat di lokasi strategis. Jadi, kamu nggak perlu dipusingkan dengan yang namanya biaya sewa.

 

2. Maksimalkan pemasaran

Kalau pun kamu nggak tinggal di lokasi strategis, pun nggak masalah. Namun, kamu harus benar-benar memaksimalkan di strategi pemasaran. Kamu bisa gencarkan pemasaran di media sosial secara online maupun offline. Biar makin menarik, kamu bisa membuat promo-promo menarik biar pelanggan tertarik. 

 

3. Manfaatkan perlengkapan yang ada

Membuka usaha laundry pastilah membutuhkan mesin cuci, setrika, meja, dan lain sebagainya. Haruskah perlengkapan itu baru? Nggak, ya, kamu bisa memanfaatkan perabot rumahmu. Namun, pastikan kalau perlengkapanmu itu masih bisa bekerja dengan baik, ya. Namanya juga baru permulaan, buka lapak dulu. Nanti kalau perputarannya sudah baik dan permintaan dari masyarakat makin banyak, baru kamu bisa membeli tambahan perlengkapan.

 

4. Jangan buru-buru

Namanya juga baru permulaan, kan? Kamu nggak perlu terburu-buru. Sebagai contoh, ada baiknya jangan buru-buru menyetok pewangi laundry terlalu banyak. Kamu boleh saja menyetok beragam wangi-wangian laundry, tapi ada baiknya dengan jumlah yang sedikit terlebih dahulu. Lagian nggak mungkin orang-orang menyukai semua pewangi laundry kamu, kan? 

 

5. Cari karyawan yang bertanggung jawab

Karyawan ini juga mengambil peran yang penting bagi kelangsungan suatu usaha. Jadi, pastikan kamu mempekerjakan karyawan yang bertanggung jawab. Akan lebih baik lagi kalau kamu turun tangan langsung ke usaha ini.

 

6. Kisaran harga

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, kamu sudah bisa membuka usaha laundry hanya dengan Rp6 juta saja. Adapun berikut rinciannya!

 

Artikel Terkait: Hal-hal yang Berbau Modal Usaha

 

  1. Buka Usaha Bimbel dengan Modal Rp0? Bisa Banget
  2. Mau Buka Usaha Tapi Modal Usaha Terbatas? Ini 5 Cara Mengatasinya
  3. Ingin Membuka Usaha? Lakukan 5 Cara Jitu Ini untuk Mencari Modal

 

 

 

Sewa tempat (rumah sendiri): Rp0

Mesin cuci (aset sendiri): Rp0

Renovasi usaha (pengecatan dll): Rp1,5 juta

Timbangan: Rp600 ribu

Kimia laundry: Rp420 ribu

Plastik dan kresek: Rp350 ribu

ATK: Rp50 ribu

Publikasi: Rp500 ribu

Tambah daya listrik: Rp600 ribu

Bayar rekening listrik: Rp400 ribu

Lain-lain: Rp1.58 juta.

 

TOTAL: Rp6 juta.

 

Ternyata untuk membuka usaha laundry hanya membutuhkan modal Rp6 juta, ya? Bisa memanfaatkan barang-barang sendiri pula! Yuk, buka usaha biar bisa menjadi pendapatan pasif!