SWARA – Zaman dulu, memiliki menantu sarjana adalah idaman semua mertua. Namun, saat ini kesadaran kita semakin baik. Melanjutkan pendidikan tidak hanya bertujuan supaya dapat mengambil hati mertua, namun juga karena keinginan untuk memperdalam ilmu yang sudah didapatkan di bangku sarjana. 

 

Pilihan untuk melanjutkan pendidikan dengan beasiswa merupakan salah satu opsi yang bisa ditempuh. Namun, proses seleksinya yang cenderung ketat membuat orang berpikir dua kali untuk mencoba melamar beasiswa, apalagi jika ternyata nilai saat kuliah sarjana pas-pasan. 

 

Jika kamu memang benar-benar bertekad kuat untuk melanjutkan pendidikan, kamu bisa menggunakan dana pribadi. Namun, sebelumnya kamu harus baca tips di bawah ini supaya semakin mantap untuk melanjutkan studi dengan biaya sendiri!

 

1. Niat, pikirkan positif dan negatifnya dari awal

Sebelum kamu memutuskan untuk mendaftar kuliah S2, kamu harus paham akan banyak hal yang harus kamu korbankan seperti waktu untuk bersosialisasi, uang, hingga resign dari pekerjaan jika kamu kuliah di negara lain. Pahami dampak positif dan negatif dari keputusanmu, jangan sampai kamu salah mengambil langkah. Saat kamu sudah mantap, baru deh cari-cari kampus yang bagus.

 

2. Pilih jurusan S2 yang kamu minati

 

Hasil gambar untuk master degree

 

Pertanyaan “Aku lanjut S2-nya jurusan apa?” adalah hal yang lumrah. Sebisa mungkin, lanjutkan S2 dengan jurusan yang linier dengan jurusan di bangku S1. Kalau tidak linier, tidak masalah. Kamu tetap bisa melanjutkan kuliah, dengan mengikuti program matrikulasi alias pengantar dulu. Pertimbangkan juga akreditasi kampus, lokasi, peluang penelitian, dan profil pengajar sebelum kamu memilih kampus tertentu ya!

 

3. Mencari beasiswa

 

Hasil gambar untuk student study

 

Berbagai beasiswa disediakan oleh banyak pihak. Pemerintah Indonesia memiliki program beasiswa LPDP yang menanggung biaya hidup dan juga biaya pendidikan. Masih banyak opsi beasiswa yang bisa kamu coba, misalnya Fulbright bila kamu ingin kuliah di Amerika, atau Chevening untuk kuliah di Inggris. 

 

4. Bekerja dulu, baru kuliah

Tidak masalah kok kalau kamu memutuskan untuk bekerja setahun-dua tahun sebelum melanjutkan kuliah. Siapa tahu kamu bisa membayar kuliah memakai uang sendiri, kan? Tapi ingat, tujuan utamamu bekerja adalah untuk melanjutkan S2. jangan biasakan untuk memiliki gaya hidup konsumtif ya.. Alokasikan nominal tertentu untuk ditabung supaya melanjutkan studi S2 bukan angan-angan lagi.

 

5. Plan B, beasiswa orang tua

Ketika kita sudah lulus S1, sebenarnya kita ada di posisi sudah harus bisa menghidupi diri sendiri. Satu nasehat orang tua yang biasanya disampaikan setelah kita lulus S1 adalah “Keluar dari rumah, bekerja, dan bayar seluruh tagihanmu sendiri supaya bisa belajar hidup mandiri.” Namun, daripada kuliah S2-mu berhenti atau terhambat di tengah jalan, kamu bisa membicarakannya dengan orang tua. Sambil kamu meminta izin kepada orang tua, kamu bisa membicarakan kemungkinan terburuk dari keputusan yang kamu ambil, khususnya masalah dana.

 

6. Bekerja freelance untuk menunjang biaya kuliah

Zaman sudah maju, walaupun kamu kuliah di luar kota, kamu bisa mencari pekerjaan yang bersifat freelance. Jadi content-writer ataupun editor bisa dilakukan secara remote lho. Jika kamu jeli, banyak sekali lowongan pekerjaan yang tersedia dan bisa dikerjakan di waktu luang sehingga tidak mengganggu kuliahmu. Selamat mencari pekerjaan!

 

7. Disiplin dengan waktu belajar

Berbeda dengan S1 yang lebih banyak praktikum, pada jenjang S2 kamu lebih dituntut untuk belajar mandiri. Kuliahmu nanti akan lebih banyak dilakukan di luar kelas. Sudah bukan waktunya lagi untuk membolos dan titip absen ke teman. Jangan sampai lulus terlambat ya!

 

8. Harus lulus tepat waktu

 

Hasil gambar untuk graduate

 

Ingatlah kembali, kamu memakai uang pribadi untuk membayar kuliah S2. kamu pasti tidak mau kan, kalau pengeluaranmu membengkak karena terlambat lulus? Kamu akan rugi waktu, dan juga finansial. Semangat belajarnya..

 

9. Jangan lupa berdoa

 

Hasil gambar untuk praying

 

Sekeras-kerasnya manusia berusaha, kita harus ingat bahwa kita masih punya Tuhan yang Maha Mengetahui. Berdoalah, maka apa yang kamu inginkan akan tercapai. Ora et labora, berusaha sambil berdoa terus agar keinginanmu tercapai.

 

10. Ajukan pinjaman online

Sudah memilih kampus yang jurusannya sesuai keinginanmu? Berbagai cara sudah kamu tempuh namun ternyata belum membuahkan hasil? Kamu bisa mencoba mengajukan pinjaman. Bisa ke teman, ataupun ke lembaga. Jika kamu membutuhkan dana cepat dengan prosedur yang tidak ribet, kamu bisa mengajukan pinjaman melalui Kreditpedia

 

Melalui Kreditpedia, mungkin saja impianmu untuk bisa melanjutkan studi S2 bisa tercapai! Pilihlah pinjaman yang memiliki tenor dan bunga sesuai dengan kebutuhanmu, ajukan secara online, dan dana akan segera masuk ke rekeningmu. Buruan, yuk, install Kreditpedia sekarang juga!  


Anastasia Galuh Dinung Purwaningtyas Anastasia Galuh