SWARA – Bulan Ramadan memang bulan yang penuh keberkahan. Nggak hanya bagi kaum Muslim, keberkahan juga dirasakan oleh kaum non-Muslim. Ada beragam ide bisnis musiman yang bisa dicoba. Tentu nggak hanya kaum Muslim saja yang bisa membukanya.

 

Meskipun hanya sebatas bisnis musiman, keuntungan yang didapatkan termasuk lumayan, lho. Jadi, memang momen menjelang Lebaran ini bisa kamu maksimalkan untuk meraup keuntungan. Nah, berikut ide bisnis yang bisa kamu coba!

 

Artikel Terkait: Hal-hal Seputar Ramadan

  1. Ramadan #berbagi5enyum dengan Tips Agar Doa Lebih Cepat Terkabul
  2. Google Siap Hadir Menemani di Setiap Momen Penting Ramadan
  3. Ingin Ramadan yang Lebih Berkesan? Coba 3 Aplikasi Ini!

 

1. Jual kue Lebaran

Ini bisnis musiman yang menjamur di mana-mana. Pasalnya, orang yang hobi membuat kue memang banyak. Karena nggak mau melewatkan momen begitu saja, mereka pun berlomba-lomba membuka usaha dadakan ini. Namun, kamu nggak perlu khawatir dengan saingan yang ada. Pastinya kamu punya pangsa pasar sendiri, kan? Setidaknya ada lingkungan kantor, klien, tetangga, atau saudara yang memesan di kamu. Bahkan, kamu bisa minta tolong mereka untuk menjadi reseller.

 

2. Jual baju Lebaran

Tradisi dalam hari raya Idul Fitri salah satunya adalah membeli baju baru. Mayoritas baju yang akan laku adalah baju Muslim dan kerudung. Nah, usaha yang paling tepat di sini adalah jualan baju Lebaran. Untuk usaha ini, menjadi reseller saja sudah untung yang lumayan.

 

3. Jual amplop Lebaran

Tradisi Lebaran lainnya adalah memberikan angpao pada sanak saudara. Untuk memberikan angpao pasti dibutuhkan amplop. Nah, di sinilah peluang menjual amplop lebaran muncul. Untuk menarik minat pasar, kamu bisa mengkreasikan amplop yang lucu-lucu.

 

4. Jual makanan berbuka

Jualan makanan berbuka juga jangan sampai terlupakan. Ada banyak makanan berbuka yang menarik pembeli. Ada banyak pilihan makanan yang bisa kamu pilih. Dari mulai makanan ringan untuk membatalkan puasa sampai makanan berat. Tentunya jualan makanan ini labanya sangat lumayan.

 

Artikel Terkait: Ragam Makanan untuk Berbuka Puasa

  1. 7 Menu Favorit Berbuka Puasa dari Berbagai Daerah di Indonesia
  2. Contek 5 Resep Menu Buka Puasa Berbahan Dasar Kurma Ini, Yuk!
  3. Wajib Coba 5 Kuliner Tradisional Berikut Ini Kalau Berkunjung ke Surabaya

 

5. Jual minuman segar

Selain makanan, yang khas dari buka puasa adalah aneka minumannya. Adapun minuman paling ditunggu adalah kolak, sup buah, es degan, es dawet, dan lain sebagainya. Laba dari berjualan minuman ini pun nggak kalah lumayan dari bisnis makanan.

 

Itu dia 5 jenis usaha yang membuatmu meraup untung. Hasilnya lumayan bisa untuk THR di hari raya. Bahkan, kamu bisa menabung dari sini. Kuncinya adalah kamu harus telaten dan pantang menyerah, ya!

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

TRI PUSPITASARI   TRI PUSPITASARI