SWARA – Modal adalah salah satu poin penting dalam menjalankan sebuah bisnis atau usaha. Kekurangan modal telah menjadi permasalahan yang sering menimpa beberapa orang ketika membangun bisnisnya. Bisnis kecil – kecilan pun akan membutuhkan modal yang cukup untuk memenuhi kebutuhan persiapan bisnis tersebut. Tapi, bagaimanakah cara mendapatkan modal untuk berbisnis? Kamu mungkin sedang membutuhkan modal untuk membuka bisnis kecil – kecilan seperti usaha penjualan kue, bisnis jual beli motor bekas, bisnis catering rumahan atau usaha lainnya.

Nah, Tunaiku punya jawaban atas masalahmu, lho. Karena, kamu bisa mendapatkan modal dengan kredit cepat cair dari Tunaiku. Melalui kredit cepat cair dari Tunaiku, kamu bisa dengan mudah mendapatkan modal untuk usahamu. Sesuai namanya, kamu nggak perlu lagi lama menunggu proses pencairan dana. Alhasil, kamu bisa langsung membawa uang untuk modal membuaka bisnis kecil – kecilanmu.

Selain dengan kredit cepat cair lewat Tunaiku, kamu juga bisa mencoba beberapa langkah ini untuk mendapatkan modal. Tetapi memang kamu harus bersabar dan tidak bisa mendapatkan hasil secepat Tunaiku, ya.

 

1. Menjual barang pribadi

Dengan menjual barang berharga milik pribadi, kamu akan mendapatkan modal dengan cepat. Kamu bisa menjual barang – barang yang memiliki nilai lebih. Jika kamu memiliki motor lebih dari satu juallah salah satunya. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan hasil penjualan motor tersebut untuk membangun usaha. Tapi, meski demikian jangan menjual barang yang sekiranya akan sangat kamu butuhkan dalam membangun bisnis. Semisal, kamu akan membangun usaha catering rumahan, tapi kamu malah menjual kulkas tempat menyimpan bahan – bahan makanan.

 

Sebisa mungkin, kamu menjual barang – barangmu ke keluarga dekat atau teman – teman dekatmu. Selain karena harga yang nggak turun – turun banget kamu juga bisa bernegosiasi jika suatu waktu kamu bisa membeli barangmu kembali setelah bisnismu berjalan lancar.

 

2. Meminjam uang dari orang terdekat

Meminjam uang dari keluarga atau teman dekat adalah pilihan yang aman. Selain kamu bisa meminta keringanan waktu pembayaran, kamu juga ngga perlu membayar bunga dari hutangmu. Selagi kamu memiliki keluarga atau teman dekat yang bisa membantumu, mintalah bantuan pada mereka.

Sebelumnya, untuk mendapatkan pinjaman dari mereka, kamu perlu menceritakan ide bisnis yang akan kamu jalani. Dengan begitu, mereka akan memberikan kepercayaan kepadamu dengan meminjamkan uang untuk modal usahamu. Malah, bisa jadi mereka akan tertarik untuk menjalankan bisnis bersama denganmu. Jika memungkinkan, kamu bisa bekerjasama dengan mereka dalam menjalankan bisnismu.

Kalau kamu nggak mendapatkan pinjaman dari orang terdekat, jangan sekali – kali kamu meminjam uang pada rentenir atau teman yang berprofesi sebagai rentenir. Karena hidupmu nantinya akan dihabiskan hanya untuk membayar bunga dari uang yang kamu pinjam.

Artikel Terkait: Modal Buka Bisnis

  1. Pengin Terjun ke Bisnis Fashion? Lengkapi Modal Lewat Kredit Tanpa Agunan dari Tunaiku
  2. Buka Bisnis Penginapan atau Homestay Pakai Kredit Tanpa Agunan dari Tunaiku
  3. Bisnis Laundry Kiloan, Usaha Rumahan Bermodal Kecil Tapi Menjanjikan

 

3. Meminjam dana dari Pegadaian

Pegadaian adalah salah satu lembaga yang bisa membantumu mendapatkan modal usaha. Kamu bisa mengajukan pinjaman dana usaha dari pegadaian tapi kamu harus memberikan jaminan berupa barang berharga yang kamu miliki. Modal yang kamu miliki adalah punya barang jaminan untuk mendapatkan pinjaman.

4. Pinjaman koperasi

Kalau kamu adalah anggota dari koperasi, maka kamu akan lebih mudah mendapatkan modal usaha. Karena, koperasi akan memberikan fasilitas pinjaman sejumlah uang bagi anggotanya. Tapi biasanya koperasi hanya akan memberikan pinjaman dana dalam jumlah yang nggak terlalu besar.

 

Artikel Terkait : Menabung dan Mengatur Uang

  1. 7 Cara Menabung untuk mengadakan Bridal Shower
  2. Cari Tambahan Saat Weekend, Ini Beberapa Pilihan Untukmu
  3. 10 Cara Hidup Hemat Meski Kamu Kurang Pandai Mengatur Keuangan

 

5. Pinjaman modal usaha dari pemerintah

Beberapa departemen pemerintah memiliki program pemberian dana modal usaha bagi rakyat, lho. Diantaranya ada departemen koperasi, Departemen Perindustrian, dan departemen pertanian. Kamu bisa sesuaikan jenis usahamu dengan departemen mana yang akan kamu ajukan pinjaman.

Kira-kira dari beberapa solusi untuk mendapatkan kredit agar cepat cair memang Tunaiku terbilang lebih memudahkan tanpa proses yang berbelit. Selain itu, Tunaiku memang menyediakan pinjaman untuk pemilik UMKM yang ingin membangun usaha dan mengembangkan.

Pinjaman untuk modal usahamu lewat Tunaiku bisa dari Rp 2juta hingga Rp 20 juta dan pembayaran dapat diangsur dengan tenor 6 bulan hingga 20 bulan. Hasilnya, kamu nggak pusing lagi untuk bisa mendapatkan modal usaha.Jangan lupa ajukan kredit cepat cair dari Tunaiku untuk modal bisnismu, ya.

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, amar bank indonesia, kredit tanpa jaminan, kredit mudah dan cepat, liburan ke bali


NESA WILDA MUSFIANESA WILDA MUSFIA