SWARA – Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti tidak bisa produktif dan memanfaatkan peluang bisnis. Justru, para ibu rumah tangga kini banyak yang sukses berbisnis. Beragam jenis usaha rumahan yang bisa dipilih dan dijalani oleh ibu rumah tangga. Salah satu contohnya adalah usaha laundry kiloan.

 

Bisnis ini memang sudah menjamur di mana-mana. Namun, prospeknya masih cukup tinggi, apalagi jika tinggal di lingkungan kampus, perkantoran, dan kawasan indekos. Asyiknya, menjalani bisnis ini tidak akan menyita waktu banyak karena dapat dilakukan sendiri atau jika ingin memberdayakan tenaga kerja di sekitar rumah dapat merekrut karyawan. Selain mendapatkan untung juga bisa menciptakan lapangan kerja untuk orang lain.

 

Artikel terkait: Tips membuka usaha sendiri

  1. Ingin Penghasilan Tambahan? Ini 4 Langkah Praktis Memulai Usaha Kecil
  2. 5 Hal Utama yang Perlu Diperhatikan untuk Memulai Usaha Bakery
  3. 6 Kiat Sukses Rintis Bisnis Online Shop, Mudah dan Cepat Menghasilkan

 

Tertarik untuk menjalani bisnis ini? Yuk simak kiat sukses untuk memulai usaha laundry kiloan berikut ini :

 

1. Perlengkapan operasional

Hal pertama yang harus dilakukan saat memutuskan bisnis ini mencari lokasi dimana jasa layanan laundry kiloan beroperasional. Jika ingin menghemat bujet maka dapat memilih rumah sendiri. Namun bisa juga memilih menyewa kios di area yang cukup strategis untuk menjalani bisnis ini.  Misalnya kawasan strategis seperti kompleks  perumahan, perkantoran, kampus, dan kos-kosan sebagai target marketnya.

 

Selanjutnya, memikirkan tenaga kerja yang akan digunakan. Mengerjakannya langsung sendiri atau merekrut tenaga luar. Kalau menggunakan tenaga sendiri pastikan kamu bisa membagi waktu dengan baik. Sedangkan kalau memutuskan merekrut karyawan, pastikan kamu mendapatkan karyawan yang berkualitas dan loyal.

 

Lalu, pastikan perlengkapan komplet untuk menunjang operasional jasa laundry  kiloam. Mulai dari satu unit mesin cuci, timbangan, ember, hanger, perlengkapan setrika serta sabun pencuci pakaian dan pewangi. Jika dihitung dengan harga standar maka kamu membutuhkan modal sekitar Rp 5juta.

 

Penghitungan sederhana di atas belum termasuk sewa kios (jika bukan dibuka di rumah), listrik, dan tenaga (jika memutuskan untuk merekrut karyawan).

 

2. Modal

Nah, semua perencanaan sudah matang tetapi masih memiliki pertimbangan mengenai modal. Sebagai ibu rumah tangga yang mengandalkan pemasukan dari suami maka modal sebesar Rp5juta pun dapat jadi kendala. Untungnya, permasalahan mengenai modal ini ada solusi yang aman.

 

Lewat pinjaman Tunaiku, para pemilik usaha kecil dan menengah akan dengan mudah mendapatkan modal. Saat ini pinjaman Tunaiku bahkan memberikan kemudahan meminjam Rp 2juta hingga Rp 20 juta dengan tenor waktu yang lebih lama yaitu 6 bulan hingga 20 bulan.

 

Selain itu, pinjaman Tunaiku kini telah hadir di 8 kota. Tidak hanya wilayah Jabodetabek dan Surabaya saja tetapi Tunaiku juga hadir di Bandung, Semarang, Medan, Palembang, Padang, Pekanbaru, Bandar Lampung, dan Makasar.

 

Artikel terkait: Kelebihan yang dimiliki Tunaiku

  1. Sekarang, Kamu Bisa Ajukan Pinjaman Tanpa Agunan Tunaiku Sampai Rp20 Juta, Lho!
  2. E-KTP Belum Jadi, Bisakah Mengajukan Pinjaman Tanpa Agunan di Tunaiku?
  3. Apa Kata Mereka Tentang Pinjaman Tanpa Agunan dari Tunaiku?

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

KTA


TRI PUSPITASARITRI PUSPITASARI