SWARA– Kakak saya adalah seorang karyawan di salah satu perusahaan BUMN. Meski gajinya sudah tergolong lumayan, ia memiliki bisnis sampingan yaitu usaha penjualan buku online untuk menambah penghasilan. Berbisnis ini, ia tidak akan direpotkan oleh waktu yang tersita karena bisa dikerjakan kapanpun dan dimanapun. Hasilnya, bisnis berjalan dengan baik dan tanpa menganggu jam kerja kantornya.

 

Memiliki usaha sampingan bagi karyawan memang nggak dilarang. Tapi, beberapa orang takut untuk memulai usaha karena kendala modal. Padahal, banyak jenis usaha dengan modal kecil yang bisa dijalankan oleh para karyawan. Meski nggak membutuhkan modal yang banyak, usah-usaha berikut sangat menjanjikan, lho. Kira-kira jenis usaha apa saja ya? Cek ulasan berikut, yuk.

 

Artikel terkait: Tips membuka usaha sendiri

  1. Bisnis Laundry Kiloan, Usaha Rumahan Bermodal Kecil Yang Menjanjikan
  2. 5 Hal Utama yang Perlu Diperhatikan untuk Memulai Usaha Bakery
  3. 6 Kiat Sukses Rintis Bisnis Online Shop, Mudah dan Cepat Menghasilkan

1. Desain grafis

Menyediakan jasa desain grafis adalah salah satu usaha dengan modal yang sangat minim bahkan bisa juga tanpa modal. Ini akan menjadi usaha yang sangat menjanjikan kalau kamu adalah seorang dengan skill desain grafis. Kamu hanya perlu melakukan promosi jasa desain grafismu melalui group-group online chatting atau via akun sosial media.

 

Untuk kamu yang belum mempunyai konsumen dan kesulitan mendapatkan pelanggan kamu bisa menjual jasamu di pasar desainer online. Kamu bisa menjual jasa desain kartu nama, logo, baju, maskot, poster, booth, interior dan produk desain lainnya ke sribu.com atau projects.co.id. Selain itu kalau kamu bisa menembus pasar internasional kamu bisa menjual jasamu di 99designs.com, Elance.com, dan Upwork.com.

2. Jasa les privat atau bimbingan belajar

Usaha selanjutnya yang nggak perlu banyak modal adalah membuka jasa les privat. Kamu bisa membuka les privat sesuai keahlian kamu. Kalau kamu mahir bermain alat musik seperti piano, gitar atau biola kamu bisa membuka jasa privat alat musik tersebut. Selain les alat musik, membuka jasa les pribat mata pelajaran untuk murid SD, SMP dan SMA juga memiliki potensi yang cukup tinggi.

3. Usaha laundry

Di lingkungan perkotaan, membuka bisnis laundry akan lebih mudah tumbuh mengingat banyaknya orang-orang kota yang membutuhkan jasa cuci pakaian. Kamu hanya perlu membeli mesin jahit dan alat setrika uap untuk menjalankan bisnis ini. Kalau kamu punya istri atau keluarga dekat yang tinggal di rumah cobalah untuk membayar jasa mereka sebagai karyawan. Atau kamu bisa juga menyewa orang untuk menjalankan usahamu.

 

4. Catering

Semua orang membutuhkan makan setiap hari. Ini menjadikan bisnis makanan nggak akan pernah mati. Manfaatkan keuntungan alamiah ini dengan membuka jasa catering makanan. Kamu bisa menjual makanan untuk sarapan, makanan cepat saji, atau pesanan makanan acara-acara kantor. Membuka catering nggak memerlukan modal yang banyak. Apalagi, kalau kamu sudah memiliki peralatan memasak yang lengkap dan juga istri yang pandai memasak.

 

5. Online clothing

Bisnis jual beli online menjadi bisnis yang sangat cocok untuk para karyawan. Dengan berjualan online, kamu bisa mendapatkan tambahan pemasukan tanpa menganggu jam kerja di kantormu. Cobalah untuk membuka usaha jual beli pakaian secara online. Bekerjasamalah dengan distro atau butik di dekat lingkunganmu. Ini akan memberikan keuntungan yang bisa kamu raih.

 

6. Cafe ala warkop

Membuka warung kopi atau warkop menjadi usaha sampingan yang mudah dijalankan. Kamu hanya perlu menyewa satu tempat dan mendekornya sekreatif mungkin agar menjadi tempat yang nyaman untuk nongkrong atau hanya sekedar ngobrol. Karena namanya warkop, jadi kamu ngga perlu menjual kopi ala kafe yang dibuat oleh barista. Kamu cukup menjual kopi-kopi instan dan minuman lain yang didampingi dengan makanan-makanan ringan serta mie instan.

 

Jika kamu serius membutuhkan dana untuk menyewa lokasi sebagai cafe maka gunakan pinjaman Tunaiku. Lewat Tunaiku, berbagai usaha kecil dan menengah akan mudah mendapat bantuan modal. Pinjamannya pun bertambah mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 20 juta. Dengan tenor pembayaran 6 bulan hingga 12 bulan sehingga tidak akan membuat pemilik usaha kecil kerepotan membayarnya.

7. Menjahit pakaian

Membuka jasa jahit pakaian sebagai usaha sampingan menjadi ide yang cukup menarik. Terlebih kalau kamu punya ketrampilan mejahit atau kamu memiliki istri yang cukup pandai menjahit pakaian. Dengan menerima order jahit dari teman-teman kantormu, kamu akan mendapatkan pemasukan tambahan yang cukup untuk memenuhi segala kebutuhan dan juga menabungnya sebagian.

 

Apapun ide usaha yang akan kamu jalankan nantinya, pastikan kamu melakukannya dengan penuh persiapan. Jangan lupa untuk memberikan komitmen yang penuh terhadap bisnis tersebutselagi kamu juga fokus pada pekerjaan kantormu. Dengan begitu, pekerjaanmu akan aman usahamu juga akan tetap berjalan.

 

Artikel Terkait: Yuk Bangun Bisnis Dengan Tunaiku

  1. Mau Coba Usaha Waralaba? Pakai Pinjaman Tanpa Agunan Bisa Dong!
  2. 10 Ide Bisnis dengan Modal Rp 20juta, Langsung Gunakan Pinjaman Tunaiku!
  3. 5 Langkah Memaksimalkan Kredit Tanpa Agunan Untuk Pengembangan Bisnis

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

KTA


NESA WILDA MUSFIANESA WILDA MUSFIA