SWARA – Anak kuliahan pasti bakal berpikir dua kali ketika akan nyambi kerja di tengah kesibukan kegiatan kampus. Karena kerja sambil kuliah itu bisa buat kamu kelabakan, kamu harus pintar-pintar membagi waktu antara pekerjaan dengan tugas-tugas kuliah. Namun, delapan pebisnis muda di bawah ini menjadi bukti bahwa nggak mustahil untuk memulai bisnis meskipun masih menyandang status mahasiswa. Penasaran siapa saja? Yuk, langsung simak!

 

1. Aditya Andriansyah


View this post on Instagram

A post shared by kelinci Medan 🐇 (@aditya_rabbitthiemedan) on

Membuka usaha ternak hewan itu nggak mengenal usia. Hal ini dibuktikan oleh Aditya Andriansyah yang sudah cukup sukses dengan bisnis ternak kelinci miliknya di usia yang masih 20 tahun. Aditya kuliah di Universitas Medan Area dan melalui usahanya ini dia bisa membiayai nggak cuma biaya kuliah, tapi juga biaya kebutuhannya sehari-hari. Muda banget ya!

 

2. Muhammad Khairul Apriatama

Nggak cuma satu, pebisnis muda yang satu ini sudah merintis empat usaha padahal masih berusia di bawah 25 tahun. Mahasiswa tingkat akhir di Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (STPMD) Yogyakarta ini memulai bisnisnya dengan membuka dua usaha fashion pada tahun 2015, yaitu Arka Batik Jogja yang menyediakan baju batik dan MIB Fashion khusus pakaian wanita. Sukses dengan keduanya, pada tahun 2018 dia membuka dua bisnis lagi yang kali ini bergerak di bidang kuliner, yaitu Ceritanya Katsu dan Ceritanya Gule. Kendati mengelola banyak bisnis, Apriatama terbukti nggak kewalahan dalam membagi waktu antara pekerjaan dengan kuliahnya, lho.

 

Artikel Terkait: Pentingnya keamanan dan kenyamanan saat berbisnis.

  1. Lindungi Bisnismu dengan Asuransi, Ini 5 Manfaat Utamanya!
  2. 7 Cara Promosi Bisnis Tanpa Modal dan Bikin Untung Makin Besar
  3. Cek Tips Mudah Mendapatkan Pinjaman dari Bank untuk UMKM

3. Sidik Amin Mubarok


View this post on Instagram

A post shared by Sorgap Bekasi (@sorgap_bekasi) on

Mahasiswa Universitas Padjajaran yang satu ini memulai bisnisnya ketika dia membuat keripik singkong untuk acara sekolah temannya saat diminta untuk membuat makanan. Olahannya ternyata disukai banyak orang, kemudian ketika kuliah dia memberanikan diri untuk menjual keripiknya ke mahasiswa. Meskipun awalnya dicibir karena kemasan keripiknya yang terlalu sederhana, terbukti sekarang bisnisnya ini sukses. Bahkan omsetnya bisa mencapai Rp 50 juta!

 

4. Ahmad Musyaddad


View this post on Instagram

A post shared by bandeng.rawe (@bandeng.rawe) on

Kalau mahasiswa Universitas Gadjah Mada ini nggak perlu mengeluarkan modal, karena berhasil menarik perhatian investor dengan bisnisnya. Ahmad membuka bisnis kuliner berupa Bakpia Lumer, Makaroni Rawe, dan Bandeng Rawe. Uniknya, Ahmad mengemas olahan bandengnya dalam kaleng dan diklaim sebagai yang pertama di Indonesia. Produknya ini sekarang dijual di toko oleh-oleh Yogyakarta dan Tuban, bahkan tembus ke Carrefour juga. Wah, patut ditiru nih!

 

5. Mohamad Faisal Hidayat


View this post on Instagram

A post shared by ITSMILK INDONESIA (@itsmilk.id) on

Faisal memulai bisnisnya pada tahun 2013, dengan menyewa kios dekat kampusnya dan menjual susu bermerek Its Milk. Dimulai dari keuntungan pada bulan pertama yang sebesar Rp5 juta saja, sekarang omzetnya bisa mencapai Rp1 miliar per bulan. Bahkan berkat usahanya ini, dia bisa menyelesaikan kuliahnya di Universitas Negeri Semarang dan mampu membeli empat mobil untuk keluarganya. Wow!

 

6. Riesky Vernandes, Charina Prinandita, dan Michael Chrisyanto

 

View this post on Instagram

A post shared by EATLAH (@eatlahjkt) on

Tiga pebisnis muda ini sukses dengan restoran makanan cepat saji mereka yang bernama EATLAH. Dimulai saat mereka merencanakannya saat kuliah di Singapura, kini restoran mereka ini sudah memiliki 14 gerai, di mana 12 gerai di antaranya merupakan hasil kerja sama. Meskipun dikepalai oleh mereka bertiga, mereka sudah membagi dan mengerti apa tugas dan tanggung jawab masing-masing. Kompak banget ya!

 

Artikel Terkait: Mencari inspirasi bisnis.

  1. 7 Bisnis yang Bisa Raih Untung Besar dengan Modal Nol Rupiah
  2. 5 Ide Bisnis Modal Kecil tapi Menjankalaun Untung Besar di Semarang
  3. 7 Peluang Bisnis Paling Laris yang Masih Bisa Digeluti di 2018

 

Gimana? Masih berpikir bisnis dari kuliah itu mustahil?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


ARUNDHATI LEIKAARUNDHATI LEIKA