Beranda > Finansial > Alasan Menambah Asuransi Pribadi saat Sudah Memiliki Asuransi Kantor

Alasan Menambah Asuransi Pribadi saat Sudah Memiliki Asuransi Kantor

NOBERTA JEANIENoberta Jeanie
Alasan Menambah Asuransi Pribadi saat Sudah Memiliki Asuransi Kantorwatermark

TUNAIKU.COM – Saat ini sudah banyak perusahaan yang mulai sadar akan pentingnya kesehatan dan kemakmuran pegawai. Oleh karena itu berbagai fasilitas asuransi pun sudah pasti disediakan oleh pihak kantor. Dan sebagai pegawai, kamu pun harus bisa memanfaatkan fasilitas asuransi tersebut sebaik mungkin.

 

Artikel Terkait: Kiat Memilih Asuransi yang Tepat untuk Kebutuhanmu

  1. Hal Wajib yang Perlu Dicari Tahu Saat Memilih Asuransi. Jangan Asal Pilih!
  2. Kiat Memilih Asuransi Berdasarkan Kondisi Finansialmu
  3. Waspadai Kecurangan dalam Asuransi! Jangan Sampai Kamu Menjadi Korban Selanjutnya

 

Namun, pernah nggak sih, kamu mendapat tawaran untuk mengikuti asuransi lain dari luar kantor. Misalnya, ketika kamu sedang jalan-jalan di mal, lalu ada salah seorang SPG menawarkan asuransi kesehatan dan mengatakan bahwa asuransi mereka lebih menguntungkan. Nah, kalau pernah mengalaminya kamu jangan bingung, ya. Memang, setiap asuransi pasti berbeda. Bahkan bisa jadi, meski sama-sama difasilitasi oleh kantor, asuransimu berbeda dengan yang temanmu miliki. Lho, kok bisa?

 

Fasilitas asuransi bisa saja berbeda sesuai jabatan karena pada umumnya semakin tinggi jabatan, semakin lengkap fasilitas asuransi yang diberikan. Oleh karena itu, penting bagimu untuk benar-benar mengetahui apa saja yang akan kamu dapatkan dengan asuransi tersebut. Kalau merasa kurang memenuhi kebutuhanmu, maka kamu bisa, lho, mengikuti program asuransi lain yang memang lebih menguntungkan.

 

Kalau kamu masih bingung, berikut ini ada beberapa pertimbangan yang bisa kamu pikirkan lebih dulu sebelum menentukan, apakah ingin menambah asuransi lain atau tidak.

 

Sesuai dengan kebutuhan

Kalau kamu memilih untuk menambah asuransi pribadi, manfaat yang bisa kamu rasakan adalah dapat memilih asuransi apa yang kamu butuhkan. Ini menjadi hal yang penting, terutama bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit yang diturunkan dari orang tua. Oleh karena ada potensi untuk mengidap penyakit yang sama maka kamu harus memastikan asuransimu dapat meng-cover biaya perawatan penyakit tersebut. Kalau asuransi dari kantor nggak bisa memenuhinya, maka kamu perlu mencari asuransi lainnya.

 

Asuransi pelayanan di rumah sakit

Setelah menyesuaikan kebutuhan dengan jenis asuransinya, kamu juga perlu tau apa saja fasilitas yang akan diberikan. Seperti halnya kalau kamu memilih asuransi untuk pelayanan di rumah sakit, pastikan untuk memilih layanan transportasi seperti ambulans, rawat inap, dan fasilitas lainnya yang kamu mungkin butuhkan untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

 

Biaya pengobatan

Obat merupakan hal wajib yang harus dibeli untuk menunjang proses kesembuhan. Kamu tentu sudah mengerti saat ini harga obat tidaklah murah. Untuk beberapa kasus penyakit, obat-obat yang harus ditebus bisa mencapai jutaan rupiah, lho. Untuk itu, carilah asuransi yang dapat meng-cover biaya pembelian obat juga penting dilakukan. Walaupun biasanya asuransi tidak meng-cover seluruh harga obat, namun setidaknya bisa membantu meringankan beban yang harus kamu tanggung suatu saat nanti.

 

Pertimbangan biaya

Hitung total pendapatan dalam per bulannya. Pada dasarnya untuk biaya pengeluaran atas asuransi tidak boleh lebih dari 10% dari pendapatanmu. Kalau biaya asuransi saja sudah melebihi 10% pendapatan maka asuransi tambahan justru akan menambah pengeluaran dan akan menjadi beban bulanan.

 

Selalu pertimbangkan untung-rugi ketika memilih asuransi. Pilihlah asuransi yang relatif murah dengan fasilitas yang cukup memenuhi kebutuhanmu. Kamu bisa mulai survei jasa asuransi swasta untuk mendapatkan fasilitas yang sesuai.

 

Saat yang tepat untuk membuat asuransi pribadi

Asuransi pribadi lebih disarankan dibuat setelah menikah atau berkeluarga. Manfaatnya adalah ketika seseorang menikah dan memiliki anak, risiko penyakit yang akan dihadapi juga mulai beragam. Terutama untuk anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan akan cenderung rentan terserang penyakit. Selain itu anak juga membutuhkan imunisasi dan vaksin yang membutuhkan biaya.

 

Kalau kamu sudah berkeluarga dan memiliki anak, asuransi pribadi dapat kamu mulai segera. Karena semakin bertambahnya usia, tubuh akan semakin rentan penyakit. Semakin tua umurmu, asuransi yang kamu pilih harusnya lebih lengkap.

 

Artikel Terkait: Asuransi Jiwa atau Kesehatan? Pahami Dulu, Baru Memilih!

  1. Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan, Bedanya Apa?
  2. Milenial, Pilih Asuransi Kesehatan atau Asuransi Jiwa? Mana yang Terbaik?
  3. Pahami Seluk Beluk Asuransi Kesehatan Sebelum Memilih

 

Asuransi pribadi memang memiliki banyak manfaat, tapi juga harus dipertimbangkan dengan matang sebelum memulainya.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett