Beranda > Finansial > 7 Kiat Berbisnis Walt Disney yang Patut Ditiru Semua Wiraswasta

7 Kiat Berbisnis Walt Disney yang Patut Ditiru Semua Wiraswasta

Artikel ini ditulis oleh:
7 Kiat Berbisnis Walt Disney yang Patut Ditiru Semua Wiraswastawatermark

TUNAIKU.COM – Suka sama karakter Pocahontas atau Elsa? Atau karakter favoritmu justru Buzz dan Woody dari cerita Toy Story? Saya juga suka banget lho, sama karakter dan cerita yang diciptakan Disney. Menurut saya, Walt Disney adalah pemikir yang sangat hebat karena sukses memperkaya imajinasi anak-anak dan membuat dunia mereka terasa lebih berwarna.

 

Coba deh, kamu tanya adik, teman-teman, atau bahkan orang tuamu, ada nggak di antara mereka yang nggak mengenal tokoh Mickey Mouse atau Snow White (Putri Salju)? Kemungkinan besar nama-nama itu nggak akan asing untuk mereka. Nah, kesuksesan Walt Disney Company sebagai perusahaan raksasa yang bersejarah nggak lepas dari kerja keras pendirinya, yaitu Walt Disney.

 

Awalnya, Disney hanya menggandeng adiknya, Roy Oliver Disney, untuk membangun The Disney Brothers Studio. Seiring berjalannya waktu, karya-karya Disney semakin dikenal lewat film, buku cerita anak-anak, dan taman bermain Disneyland. Lantas apa saja sih, rahasia sukses Disney? Yuk, kita simak 7 rahasianya!

 

Artikel Terkait: Rahasia pola hidup orang sukses di dunia

  1. 10 Menu Sarapan Tokoh Sukses Setiap Pagi, Kamu Ingin Coba?
  2. 7 Kebiasaan Orang Sukses di Akhir Pekan, Kamu Wajib Tiru Kalau Ingin Seperti Mereka!
  3. Mengikuti Langkah dan Gaya Hidup Mark Zuckerberg; Kaya dan Sukses, Tetapi Sederhana

 

1. Jangan malu mempromosikan karya sendiri

Jauh sebelum era endorse dan paid promote, Disney harus memutar otak lebih keras untuk membiayai pembangunan taman bermainnya, salah satunya adalah dengan meminta dana dari stasiun televisi. Sebagai gantinya, Disney menawarkan program barter jasa berupa Disney Pogramming. .

 

Disney tahu bahwa dia perlu uang untuk melanggengkan usahanya. Nah, salah satu cara mendapatkan uang adalah dengan menjajakan dirinya alias menjadi ‘sales’ untuk karyanya sendiri. Meski awalnya pasti menyulitkan, coba deh kamu lihat kesuksesan Disney sekarang. Jangankan anak-anak, orang dewasa pun banyak lho yang kepingin mengunjungi The Happiest Place on Earth alias Disneyland.

 

2. Belajar jadi pemimpin

“Whenever I go on a ride, I’m always thinking of what’s wrong with the thing and how it can be improved” – Walt Disney.

 

Pemimpin yang sukses bukan berarti harus ditakuti dan selalu berhasil mencapai target penjualan, lho. Walt Disney percaya bahwa kekurangan dalam tim hanya bisa diperbaiki lewat pendekatan yang positif. Alih-alih sibuk memerintah karyawan-karyawannya, Disney justru memanfaatkan kemampuannya bercerita untuk menginspirasi mereka agar dapat bekerja dengan lebih baik di kemudian hari.

 

Bagaimana? Siap meniru gaya kepemimpinan Disney untuk mewujudkan lingkungan kerja yang lebih positif?

 

3. Terus berkreasi dan jangan mudah puas

Seandainya Disney merasa puas dengan ketenaran Mickey Mouse dan berhenti mengembangkan karya-karyanya setelah itu, mana mungkin sih, namanya masih dikenal secara meluas bahkan setelah ia meninggal dunia? Nah, pelajaran yang sama juga berlaku untukmu. Kalau kamu mudah puas dan terlena dengan kesuksesanmu sekarang, percaya deh, usahamu pasti akan mudah tergerus persaingan.

 

Intinya, jangan cepat berpuas diri dan teruslah mengembangkan kreativitas yang kamu miliki!

 

4. Berani mengambil risiko

Sekitar tahun 1950 setelah Perang Dunia II, Disney sempat menjual hampir semua asetnya demi mendanai pembangungan taman bermainnya. Padahal, waktu itu jumlah staf yang ia miliki sangatlah terbatas akibat perang yang baru selesai. Berkat keberanian Disney untuk mengambil risiko, Disneyland resmi dibuka untuk umum di bulan Juli tahun 1955.

 

Belajar dari keberanian Disney, kamu harus punya prinsip no pain no gain dalam menjalankan usaha. Jangan takut menghadapi risiko, sejauh risiko itu terukur dan sudah melalui pertimbangan yang matang.

 

Artikel Terkait: Cerita sukses yang memeluk proses

  1. Pendiri ‘Di Bawah Pohon’: 4 Tips Merintis Bisnis Barbershop di Indonesia
  2. 5 Pengusaha Indonesia Ini Kaya Raya Meski Terlahir di Tengah Kemiskinan! Yuk, Simak Rahasia SuksesnyaNggak Perlu Gengsi Mengolah Sampah, 5 Pengusaha Ini Adalah Bukti Suksesnya!


5. Kegagalan bukanlah akhir dari dunia

Siapa bilang tokoh dunia sekelas Disney nggak pernah gagal? Faktanya, seluruh film Disney yang pernah kamu tonton juga pasti melalui proses trial and error. Dalam perjalanannya, Disney bahkan pernah kehilangan hartanya! Nah, jangan sampai kamu yang baru menjalani usaha seumur jagung langsung depresi karena bisnismu belum stabil. Teruslah berusaha dan jangan gampang menyerah!

 

6. PeDe alias percaya diri!

Pemikian dan kepercayaan diri Disney memang luar biasa, sampai-sampai ia dituduh gila oleh adiknya sendiri! Namun saya setuju. Untuk sukses, kadang-kadang kamu perlu punya pemikiran ‘gila’ yang orisinal. Walaupun semua orang meragukanmu, kamu harus tetap percaya diri dan berfokus untuk mengeksekusi ide-idemu. Percaya deh, kegilaanmu akan berbuah keuntungan dan kesuksesan suatu hari nanti!

 

Misalnya nih, siapa sangka produk sesederhana pisang goreng keju saja bisa jadi jajanan kekinian sampai-sampai orang harus antre untuk membelinya? Yuk anak muda, jangan minder sama ide-ide kreatifmu!

 

7. Maju terus, pantang menyerah

Tahun 1960, salah satu karya Disney berjudul Mary Poppins berhasil memenangkan sederet penghargaan dari Academy Awards dan disahkan sebagai salah satu film terbaik di masanya. Namun di balik kesuksesan Mary Poppins, ternyata Disney butuh waktu sampai 14 tahun lho, untuk mendapatkan hak cipta sah dari penulisnya, Pamela Travers. Sifat pantang menyerah inilah yang membuat kesuksesan seseorang dapat bertahan lama.

 

Semoga 7 kiat berbisnis Walt Disney ini bisa menambah inspirasimu, ya!

 

pinjaman tanpa agunan

 

 

 

 

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.
Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar 2-15 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-15 bulan!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett