Beranda > Finansial > 5 Tips Menjaga Tabungan Agar Nggak Jebol Jelang Diskon Lebaran

5 Tips Menjaga Tabungan Agar Nggak Jebol Jelang Diskon Lebaran

PAULUS RISANGPaulus Risang
5 Tips Menjaga Tabungan Agar Nggak Jebol Jelang Diskon Lebaranwatermark

TUNAIKU.COM – Momen hari besar sering sekali dimanfaatkan oleh pusat perbelanjaan untuk memberikan promo besar-besaran seperti diskon. Selain untuk mengundang banyak pembeli karena bertepatan dengan momen besar, diskon Lebaran ini juga berfungsi untuk menghabiskan stok barang yang sudah lama menumpuk.

 

Menjelang Lebaran seperti ini, diskon-diskon yang merajalela bisa menggoda iman untuk membeli berbagai macam hal yang sebenarnya nggak terlalu kita butuhkan sehingga jatuhnya adalah tindakan pemborosan. Sehingga saat belanja Lebaran, butuh kesiapan mata dan hati agar nggak tertipu dengan jebakan diskon ini agar tabungan setelah Lebaran tetap terjaga.

 

Berikut ini saya akan bagikan tips bagaimana agar tabungan nggak jebol menjelang diskon Lebaran. Yuk, simak artikelnya!

 

1. Hitung kembali diskon yang didapat

Terkadang kita mudah sekali tergiur dengan tulisan diskon yang besar tanpa memperhatikan dan menghitungnya dengan cermat terlebih dahulu. Misalnya ada diskon 30%+20%. Jika kita nggak teliti menghitungnya, diskon ganda seperti ini ternyata memiliki perhitungan sendiri dan nggak sama dengan diskon 50%, lho. Diskon ganda seperti ini cara menghitungnya adalah dengan membagi dulu diskonan awal dengan harga barang.

 

Misalnya harga barang Rp100 ribu dengan diskon 30%+20% maka perhitungannya adalah 30/100 x Rp100 ribu = Rp30 ribu. Untuk diskon pertama harganya menjadi Rp100 ribu – Rp30 ribu = Rp80 ribu. Lalu baru kita hitung diskon keduanya dengan cara 20/100 x Rp80 ribu = Rp16 ribu, yang berarti harga akhirnya Rp80 ribu – Rp16 ribu = Rp64 ribu. Tentu ini nggak sama dengan diskon 50% yang kita bisa membayar hanya Rp50 ribu jika harganya Rp100 ribu, bukan?

 

Artikel Terkait: Kiat Belanja Jelang Lebaran

  1. Lakukan 5 Langkah Ini Agar Tak Kalap Belanjakan Uang THR Saat Melihat Diskon!
  2. Hemat dan Aman Berbelanja Online untuk Lebaran, Begini Caranya!
  3. Mau Hemat Belanja Kue Lebaran? Begini Caranya!

 

2. Periksa barang sebelum membeli

Barang yang didiskon besar-besaran bukan nggak mungkin adalah barang reject pabrik yang ada sedikit cacat atau bahkan barang stok lama yang sudah berbulan-bulan berada di gudang. Barang seperti ini nggak selamanya mulus seperti kita beli barang baru dengan harga normal. Maka sebelum membeli, kamu wajib banget cek secara detail tiap sudut barang diskonan yang kamu beli.

 

Jangan ragu untuk menanyakan stok yang lain jika kamu menemukan adanya cacat. Namun, jika kamu merasa cacat produknya nggak terlalu terlihat dan masih layak digunakan, jangan ragu untuk membeli karena kamu sudah mendapatkan harga yang lebih murah daripada harga normal.

 

Artikel Terkait: Kiat Belanja Jelang Lebaran

  1. Lakukan 5 Langkah Ini Agar Tak Kalap Belanjakan Uang THR Saat Melihat Diskon!
  2. Hemat dan Aman Berbelanja Online untuk Lebaran, Begini Caranya!
  3. Mau Hemat Belanja Kue Lebaran? Begini Caranya!

 

3. Survei harga terlebih dahulu

Label diskon harga besar-besaran memang sangat menggoda. Namun, setelah kamu hitung-hitung kok jatuhnya tetap mahal, ya? Pusat perbelanjaan bisa saja menaikkan harga terlebih dahulu barang-barang yang didiskon agar saat dibeli harganya masih tetap sesuai dengan biaya modal produksi. Namun, sebenarnya juga ada barang-barang yang memang harganya bisa sangat murah setelah diskon karena kebutuhan untuk menghabiskan stok di gudang.

 

Pastikan kamu survei dulu barang diskon incaran kamu ke beberapa toko lain atau online shop. Namun, jangan terlalu berpatok pada harga di online shop. Pasalnya, harga di online shop memang cenderung lebih murah karena mereka nggak perlu membayar sewa tempat dan karyawan. Jadi, jika ada sedikit selisih dengan harga offline adalah hal yang wajar. Pastikan harga barang yang ingin kamu beli memang sudah masuk akal sesuai dengan budget dan harga pasaran aslinya.

 

4. Diskon adalah kesempatan untuk membeli barang bermerek

Saat berbelanja diskon, pastikan barang yang kamu beli adalah barang dengan merek yang cukup terkenal. Karena biasanya merek-merek terkenal ini akan mengeluarkan promo besar-besaran sehingga merupakan kesempatan bagi kamu untuk mendapatkan barang berkualitas dengan harga yang lebih murah.

 

Memang sih, jika dihitung barang bermerek yang sudah diskon dengan barang biasa berharga normal jatuhnya akan sama saja. Namun, dari segi model, keawetan dan kebanggaan tersendiri memakai merek ternama menjadi nilai lebih dan layak untuk dibeli.

 

5. Fokus kepada barang, bukan toko

Sebaiknya jangan terlalu fanatik dengan satu toko saja. Bisa saja di toko lain yang sama sekali belum pernah kamu kunjungi harga barang yang sama bisa lebih murah. Jangan pesimis dulu saat memasuki toko yang nggak semewah toko langganan kamu. Soalnya, jika barangnya sama tapi harganya lebih murah, kamu akan lebih untung daripada membayarkan uang lebih tapi untuk membayarkan fasilitas toko yang hanya kamu dapatkan sesaat.

 

Begitulah 5 tips yang bisa kamu lakukan saat berbelanja Lebaran dan berburu diskon tanpa bikin tabungan jebol. Yuk, segera bersiap menuju ke pusat perbelanjaan untuk cari diskonan!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

CTABARU1

Tunaiku

 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett