Beranda > Finansial > 5 Kiat Membangun Startup dari Awal

5 Kiat Membangun Startup dari Awal

PAULUS RISANGPaulus Risang
5 Kiat Membangun Startup dari Awalwatermark

TUNAIKU.COM – Sebagai generasi yang dekat dengan teknologi, kini makin banyak Milenial yang tertarik mendirikan startup. Sejumlah startup bikinan anak bangsa bahkan sudah menjadi unicorn, lho! Unicorn adalah startup yang level valuasinya mencapai US$ 1 miliar atau setara dengan Rp14 triliun.

 

Startup yang sudah menjadi unicorn di antaranya Gojek, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak. Tentunya, manfaat dari startup tersebut sudah dirasakan banyak orang.

 

Nah, jika kamu juga punya impian membangun startup yang sukses seperti mereka, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti. Apa saja? Simak pemaparan di bawah ini, yuk!

 

1. Mulailah dari ide yang sederhana

Meski terkesan kompleks, membangun startup berbasis teknologi bisa berangkat dari ide yang sederhana. Tujuannya adalah mempermudah hidup banyak orang lewat teknologi. Ide tersebut bisa kamu dapatkan dari masalah-masalah yang dekat dengan masyarakat. Temukan masalah yang ada di sekitarmu, lalu bagaimana cara memecahkan masalah tersebut dengan teknologi.

 

Sebagai contoh, Nadiem Makarim mendirikan Gojek karena awalnya ia frustasi dengan layanan ojek di Jakarta. Ia kesulitan mencari ojek di pangkalan, padahal ia kerap membutuhkannya.

 

2. Temukan co-founder yang bisa mendukungmu

Untuk mengembangkan ide yang kamu miliki, mengerjakan semuanya sendirian tentu mustahil. Maka dari itu, kamu butuh co-founder yang mampu “menambal” bidang yang jadi kekuranganmu. Ajak ngobrol teman atau kenalan yang menurutmu potensial untuk diajak bekerja sama. Yang jelas, pastikan kamu dan dia punya misi yang sama.

 

3. Mulai kembangkan startup-mu

Ketika kamu sudah menemukan co-founder, ini saatnya kamu mulai membangun dan mengembangkan startup-mu. Mulailah kembangkan aplikasi yang kamu impikan.

 

Jika startup kerap diidentikkan dengan “bakar duit”, hindari hal tersebut di fase awal. Usahakan untuk mengembangkan startup-mu dengan bujet seminimal mungkin. Nggak perlu nafsu untuk menyewa kantor atau mempekerjakan orang jika hal itu belum terlalu diperlukan. Nikmati saja dulu prosesnya.

 

Artikel Terkait: Kiat Mengelola Startup

  1. Tips Jitu Sukses Kelola Startup
  2. 5 Tips Mendapatkan Investor Bagi Kamu yang Ingin Membangun Startup
  3. 5 Hal yang Tidak Kamu Tahu Ketika Bekerja di Startup

 

4. Berpartisipasi dalam seminar startup

Hal ini nggak kalah penting dalam proses membangun startup. Lewat seminar, workshop, maupun inkubasi, kamu bisa mendapatkan banyak ilmu yang dibutuhkan untuk mengembangkan perusahaan rintisanmu.

 

Nggak hanya itu, di sini kamu juga bisa menjalin relasi dengan sesama pendiri startup. Bahkan, kesempatan untuk memperoleh pendanaan dari investor juga terbuka lebar, lho!

 

5. Dengarkan umpan balik dari user

Selain bisnis, tujuan startup adalah membantu membuat hidup banyak orang lebih mudah. Jadi, kamu mesti memastikan apa yang dibangun bisa sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen yang jadi targetmu.

 

Untuk itu, kamu perlu jadi pendengar yang baik. Pahami keluhan dan masukan dari pengguna terkait aplikasi yang kamu rintis. Sebab, tak jarang mereka punya ide brilian agar aplikasimu semakin baik. Dengan berorientasi pada mereka, kamu juga berkesempatan mendapatkan pelanggan yang loyal.

 

Jalan untuk membangun startup memang terjal dan curam. Namun, jika bisa melaluinya, kesuksesan akan ada di tangan. Jadi, tertarik mengembangkan ide untuk startup-mu?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

 

CTABARU3

Tunaiku

 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett