Beranda > Finansial > 5 Kesalahan dalam Investasi Properti yang Sering Dilakukan

5 Kesalahan dalam Investasi Properti yang Sering Dilakukan

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
5 Kesalahan dalam Investasi Properti yang Sering Dilakukanwatermark

TUNAIKU.COM – Tanpa disadari, banyak investor pemula yang sering kali melakukan kesalahan investasi. Lantaran ingin cepat dapat untung dan kaya, banyak proses yang akhirnya dilupakan.

 

Padahal, sedikit saja kamu melakukan kesalahan, sulit sekali rasanya mendapatkan untung. Nah, sebagai pembelajaran, ini dia 5 kesalahan investasi yang sering dilakukan oleh para investor.

 

Artikel Terkait: Tips Investasi Properti

  1. Ingin Investasi Properti di Jakarta? Segera Cek 7 Kawasan Berpotensi Ini!
  2. Berani Berbisnis Properti Tanpa Modal Lewat 5 Tips Ini!
  3. 5 Daerah di Indonesia yang Cocok untuk Berinvestasi Properti

 

1. Salah pilih lokasi

Memilih lokasi adalah poin utama dari investasi properti. Kalau bisa memilih lokasi yang strategis, kamu bisa menjual propertimu dengan harga tinggi. Berbeda cerita, jika kamu memilih lokasi yang nggak strategis, terpelosok, dan jauh dari transportasi umum, pasti bakal susah dijual.

 

Sebelum memilih lokasi, lakukan survei secara langsung. Apakah lokasi tersebut mudah diakses, ada fasilitas publik, dan nggak rawan bencana? Ini yang harus kamu jadikan pertimbangan.

 

Kamu juga perlu membaca tren pemukiman di masyarakat. Siapa tahu, tempat yang kamu pilih sekarang bakal punya nilai jual yang tinggi di masa depan, bukan?

 

2. Tidak membuat estimasi biaya

Sudah banyak investor pemula yang kelabakan karena nggak membuat estimasi biaya. Segala sesuatu perlu direncanakan dengan baik, apalagi kalau sudah berhubungan dengan investasi. Jadi, jangan asal memulai investasi padahal nggak ada rencana jangka panjang.

 

Minimal, kamu harus membuat estimasi biaya operasional dan perhitungan keuntungan. Kira-kira, berapa banyak modal yang dibutuhkan sampai kamu bisa balik modal nanti?

 

Takutnya, bisnis akan berhenti di tengah jalan karena kekurangan modal. Seandainya berniat untuk melakukan pinjaman bank, semua harus dihitung secara matang.

 

3. Bersikap egois

Investasi properti membutuhkan kerja sama tim yang solid agar semua sistem dapat berjalan sebagaimana mestinya. Kalau kamu mau menang sendiri dan terlalu egois, bisa mengancam keberlangsungan investasi.

 

Nantinya, kamu harus berkomunikasi dengan agen, karyawan, dan pihak bank agar bisnismu berjalan lancar. Selain itu, kamu juga harus komunikasi dengan calon pembeli. Maka, butuh komunkiasi yang baik kalau memang ingin investasi propertimu meraih sukses.

 

4. Lupa biaya tambahan

Investasi properti nggak sekadar bisnis jual dan beli. Sehingga, kamu mesti memperhitungkan biaya tambahan untuk perawatan. Seperti untuk cat gedung, biaya listrik, air, dan fasilitas umum lainnya.

 

Kadang, banyak investor yang lupa bahwa biaya tambahan sangatlah dibutuhkan. Tahu-tahu pengeluaran membengkak dan kamu nggak ada uang cadangan untuk membayarnya. Selalu sisihkan dana tiap bulan untuk biaya tambahan serta perawatan properti.

 

Artikel Terkait: Informasi Investasi Properti

  1. 8 Alasan Investasi Properti Adalah yang Terbaik
  2. Reksa Dana, Saham, Properti: 3 Jenis Investasi yang Cocok bagi Anak Muda. Simak Untung-Ruginya!
  3. Tertarik Berbisnis Properti? Cermati 6 Hal Ini Sebelum Berinvestasi

 

5. Berangkat dengan motif yang salah

Sebenarnya, apa, sih, motivasimu saat ingin investasi properti? Kadang, banyak investor pemula yang berangkat dengan motif yang salah. Investasi properti bukanlah cara untuk mendapatkan keuntungan yang cepat.

 

Kamu harus ekstra kerja keras dan punya kesabaran yang tinggi agar bisa dapat untung. Mungkin nggak hanya setahun, kamu butuh bersabar selama bertahun-tahun. Kalau memang kamu ingin kaya dalam waktu instan, investasi properti mungkin bukan pilihan yang pas untukmu.

 

Jika sudah telanjur, lebih pupuk semangat dan kerja keras tanpa kenal lelah agar bisnismu terus berjalan. Kalau ada passion, pasti semua akan berjalan dengan lancar.

 

Ini dia 5 kesalahan properti yang sering dilakukan oleh investor pemula. Jangan sampai kamu melakukan kesalahan yang sama, ya.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

1

 

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett