Beranda > Finansial > 5 Jurus Jitu Mengatasi Kebiasaan Berbelanja Impulsif

5 Jurus Jitu Mengatasi Kebiasaan Berbelanja Impulsif

WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKUWinny Witra Maharani
5 Jurus Jitu Mengatasi Kebiasaan Berbelanja Impulsifwatermark

TUNAIKU.COM – Punya kebiasaan untuk membeli apapun tanpa terencana dan nggak pikir panjang. Lalu merasa menyesal telah melakukannya?Nah, ini tandanya bahwa kamu adalah pembelanja impulsif.

 

Selain penyesalan yang tersisa karena merasa terlalu terburu-buru mengambil keputusan untuk bertransaksi, seringkali barang yang dibeli kadang tidak sesuai dengan kebutuhan. Walaupun merasa puas telah membeli tapi yang kamu rasakan hanya bersifat sementara. Sifat impulsive buyer seperti akan sangat merugikan loh, saatnya untuk mengerem dan stop berbelanja secara impulsif.

 

Artikel terkait: Kontrol diri saat belanja!

  1. Jangan Sampai Lapar Mata Melulu, Ini Tips Untuk Kendalikan Diri Saat Belanja!
  2. Tanpa Disadari, 8 Kebiasaan Ini Justru Bikin Kamu Boros!
  3. 5 Cara Ampuh Agar Belanja Nggak Boros, Coba Buktikan!

 

Nah, agar tabungan aman dan tagihan kartu kredit tidak membengkak ada beberapa cara jitu untuk mengatasinya. Coba mencontek beberapa jurus ampuh berikut ini :

 

1. Bikin bujet per pos dengan teknik amplop

Dosa para impulsive buyer itu adalah mereka nggak sadar bahwa sudah overspending. Itulah kenapa budgetting itu penting. Ia berfungsi sebagai rem. Salah satu cara budgetting paling ampuh karena terasa banget adalah dengan sistem amplop.Sediakan amplop untuk setiap pos pengeluaran. Misalnya, pos ke bioskop, pos beli baju, pos belanja bulanan, dan lain-lain. Setiap pengeluaran hanya boleh diambil dari masing-masing amplop. Kalau sudah habis, ya berarti kamu harus nunggu bulan depan lagi. Ibarat kata, when it’s gone, it’s gone.

 

2. Gunakan uang tunai

Meskipun saat ini sedang digalakkan budaya cashless, bukan berarti semua transaksi baiknya pake kartu. Untuk mengontrol diri, belanja tunai lebih disarankan. Trik psikologis, sih. Membayar dengan tunai, lebih terasa spending-nya dibandingkan saat bayar dengan kartu. Iya nggak? Jadi berasa lebih hati-hati, deh.

 

3. Patuh pada daftar belanja

Selain patuh pada orang tua dan negara, hal lain yang harus kamu patuhi adalah daftar belanja! Kebiasaan jajan tanpa daftar belanjaan itu cenderung bikin kamu off side. Apa yang dibutuhkan malah nggak dibeli. Malah lebih banyak belanja karena lapar mata aja.

 

4. Bawa kalkulator pas belanja 

Mengelilingi supermarket sambil bawa troli, tinggal cemplang-cemplung aja. Tanpa sadar berapa total belanjaan. Saya sering begitu, kok. Pas di kasir tahu-tahu udah satu juta. Supaya nggak bablas atau malu gara-gara batal beli, lebih baik kamu juga hitung total harga belanjaanmu selama  berkeliling menggunakan kalkulator di hape. Bisa diwanti-wanti deh kalau over budget. 

 

5. Jangan belanja saat sedang emosional atau lapar

Ini berpengaruh banget! Saat sedang merasakan emosi negatif, seperti sedih atau lapar, orang-orang cenderung belanja lebih banyak, lho. Karena kegiatan berbelanja dianggap sebagai pelampiasan  –yang ironisnya memang benar, sih.  Sedihnya memang hilang, tapi, duitmu bisa-bisa hilang juga. Eh, balik kesal lagi deh sama diri sendiri. Makanya, usahakan jangan berbelanja saat lagi sedih ya.

 

Artikel terkait: Tips mengatur uang untuk pasangan

  1. Untuk Pengantin Baru, Hindari 10 Kesalahan Dalam Mengatur Keuangan Ini!
  2. Pasangan Baru Menikah Apa Mungkin Bisa Beli Rumah Baru?
  3. Sebelum Menikah, Pastikan Mendiskusikan Masalah Keuangan Ini dengan Pasangan

 

Setelah mengetahui 5 jurus jitu untuk mengontol kebiasaan berbelanja secara impulsif, kapan kamu akan mulai mempraktikkannya? Semoga berhasil ya!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

1


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett