Beranda > Finansial > 5 Hal yang Wajib Dilakukan Apabila Telat Bayar Cicilan Pinjaman Online

5 Hal yang Wajib Dilakukan Apabila Telat Bayar Cicilan Pinjaman Online

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
5 Hal yang Wajib Dilakukan Apabila Telat Bayar Cicilan Pinjaman Onlinewatermark

TUNAIKU.COM –Tak bisa dipungkiri, zaman sekarang kebutuhan sehari-hari semakin lama semakin meningkat. Di lain sisi, nahasnya, pendapatan kerap kali bergerak stagnan alias tidak ada peningkatan yang berarti. Alhasil, tak jarang kita harus berada dalam posisi untuk mengajukan pinjaman guna memenuhi berbagai kebutuhan, baik ke bank maupun mengajukan pinjaman online. Contoh kecilnya ketika kita harus memasukkan anak ke sekolah, modal usaha, menikah, dan lain sebagainya.

 

Aktivitas pinjam meminjami ini tentunya dapat mendatangkan keuntungan bagi kedua belah pihak, baik itu nasabah maupun lembaga keuangan tersebut. Namun, apabila kita melihat dari kacamata lembaga perbankan, ada syaratnya ya. Asalkan para nasabah taat membayar cicilan utangnya tepat waktu. Sayangnya, pada kenyataannya nggak ada bank atau lembaga keuangan yang memiliki nasabah 100% taat. Ada saja kasus dimana nasabah menunggak cicilan. Tak hanya satu bulan, bahkan berbulan-bulan.

 

Artikel terkait: Hal-hal yang berkaitan dengan perbankan

  1. Penting! Ketahuilah 5 Istilah Perbankan Ini yang Mungkin Masih Asing Bagimu
  2. Pinjaman 1 Hari Cair Tanpa Jaminan, Aman Nggak, Ya?
  3. Pahami Syarat Ajukan KTA Tanpa Kartu Kredit Berikut ini

 

Daripada rugi, mau nggak mau bankir harus turun tangan langsung untuk menagih ke nasabah. Sistem penagihan ke nasabah sendiri sebenarnya ada tahapannya. Apabila tagihan masuk dalam status kolektibilitas 2, penagihan masih bisa ditangani oleh marketing. Namun, apa jadinya kalau sudah pinjaman sudah memasuki status kolektibilitas 3, 4, 5, bahkan Write Off (WO)? Kalau sudah masuk ke tahap ini sih, biasanya debt collector yang akan turun tangan.

 

Sebenarnya bukan maksud para bankir menjadi sadis terhadap nasabah. Hanya saja, dengan memastikan pinjaman terbayar dengan lancar, sebenarnya akan membantu nama baik si nasabah tadi di mata dunia perbankan. Kalau pinjaman lancar, itu artinya kolektibilitas 1. Kalau sudah telat bulan, kolektibilitas 2 dan seterusnya. Kalau sudah WO, wah bisa-bisa kamu nggak akan di-ACC kalau mengajukan pinjaman lagi.

 

“Ah nggak papa, kan cuma di bank X!” saya pernah dengar teman saya berujar seperti itu. Jangan salah. Pinjaman mereka tercatat dan diawasi oleh Bank Indonesia lengkap dengan kualitas kredit. Kualitas kredit mu akan dibaca oleh semua lembaga keuangan, termasuk juga leasing. Jadi, kalau kamu mau kredit mobil atau KPR, macetnya kredit mu tadi akan berpengaruh.

 

Lalu apa yang harus dilakukan kalau kamu sudah terlanjur telat membayar cicilan?

 

1. Tanyakan bunga dan penalti

Penerapan bunga adalah hal yang wajar di setiap lembaga keuangan. Namun, nggak semua lembaga keuangan memberlakukan penalti keterlambatan bayar. Sebelum membayar tagihan yang sudah terlambat, kamu harus tahu berapa bunga dan penalti yang dikenakan kepadamu agar kamu tahu berapa banyak uang yang harus kamu sediakan untuk membayar cicilan, plus bunga dan penalti.

 

2. Tanyakan sistem pemotongan

Sistem pemotongan tunggakan setiap bank juga berbeda-beda. Ada perbankan yang memberlakukan potongan penalti terlebih dahulu, bunga, baru tagihan pinjaman. Maksudnya seperti ini, misalnya total yang harus kamu bayar untuk menggeser kolektibilitas adalah Rp5 juta, dengan rincian Rp3,5 juta adalah pokok utang, Rp1 juta adalah bunga, dan Rp500 ribu adalah penalti. Kalau kamu hanya membayar cicilan sebesar Rp2 juta maka artinya yang terlunasi baru penalti, bunga, dan sebagian kecil dari pokok. Itu artinya tagihanmu untuk satu bulan saja belum lunas dan kolektibilitas-mu belum bergeser ke posisi yang lebih baik.

 

3. Tanyakan harus bayar berapa agar kolektibilitas-nya bergeser

Kalau membaca poin nomor 2, cukup miris, bukan? Itulah kenapa kamu harus bertanya pada marketing atau debt collector, berapa total uang yang harus kamu bayar agar namamu kembali baik.

 

Artikel terkait: Hal-hal yang berkaitan dengan utang

  1. Terungkap, 5 Rahasia Bebas Utang, Contek dan Buktikan Sendiri!
  2. Cara Bicara Soal Uang dengan Teman tanpa Takut Jadi Canggung
  3. Cara Melunasi Utang Kartu Kredit yang Menumpuk Menurut Ahli

 

4. Jangan sampai gali lubang tutup lubang

Jangan sampai untuk melunasi utang, kamu meminjam uang ke lembaga keuangan lain. Ingat, di peminjaman baru kamu akan terkena bunga. Walau kamu nggak sayang dengan bunganya, saya ragu pinjaman mu akan di-ACC mengingat BI Checking-mu sudah berstatus “jelek”.

 

Sebaiknya kamu mencari tambahan pemasukan. Walaupun uangnya belum mencukupi, kamu bisa jual aset atau pinjam ke teman dan keluarga yang nggak mengenakan bunga.

 

5. Hadapi debt collector, beri kepastian tanggal

Yakinlah kalau hidupmu nggak akan tenang kalau dikejar debt collector terus-menerus. Entah itu ditelpon maupun datang ke rumah atau kantor. Jadi, sebaiknya kamu segera memutar otak untuk mendapatkan sumber uang. Katakan pada debt collector, kapan sekiranya kamu bisa membayar cicilan yang tertunda. Seenggaknya, kamu punya waktu untuk mencari sumber uang. Selama itu juga hidupmu nggak akan diteror mereka. Namun, kamu jangan asal janji ya. Bagaimanapun juga, kamu harus membayar cicilan di tanggal yang kamu informasikan kepada debt collector. Karena, dalam hal ini, nama baikmu yang akan dipertaruhkan.

 

Itu dia yang harus kamu lakukan apabila sudah telat bayar cicilan dan ditagih oleh pihak bank. Sebenarnya membayar cicilan tepat waktu merupakan salah satu cara untuk menjaga nama baikmu sehingga kedepannya kamu akan dipermudah apabila harus kembali berurusan dengan pihak bank. Oh iya, walaupun status pinjaman mu sudah membaik, jangan lupa untuk pertahankan status kolektibilitas 1 pada pinjamanmu, ya.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett