Beranda > Finansial > 5 Fakta Reksadana untuk Investasi

5 Fakta Reksadana untuk Investasi

5 Fakta Reksadana untuk Investasiwatermark

Kebutuhan investasi belakangan sangat dibutuhkan masyarakat. Prospek investasi reksadana semakin cerah karena sejumlah kemudahan yang ditawarkan. Bagi kamu yang masih pemula di bidang investasi, kehadiran reksadana merupakan solusi terbaik, lho.

Berikut 5 fakta tentang reksadana agar kamu makin memahami praktik investasi jenis ini.

1. Reksadana terkenal ramah bagi para investor pemula. Dana kamu akan ditangani oleh pihak profesional yang berpengalaman di pasar modal. Jadi, jangan takut uang kamu tidak termaksimalkan dengan baik.

2. Kamu dapat berinvestasi dengan dana modal kisaran Rp. 200.000,00. Berbeda dengan sistem saham, reksadana tidak memungut tarikan pajak untuk tiap aktivitas penjualan dan pembelian. Uang hasil investasi yang kamu terima semuanya terhitung bersih mulus!

3. Reksadana berprinsip high risk high return. Kamu dapat memilih jenis reksadana yang dibutuhkan. Tiap jenis reksadana memiliki risikonya masing-masing. Besaran risiko reksadana bisa kamu pertimbangkan sesuai kemampuan dompet:

  • Reksadana pendapatan tetap
    Bagi kamu yang tidak ingin mengambil risiko terlalu tinggi dengan return yang stabil. Reksadana jenis ini dapat digunakan sebagai tabungan pernikahan, satu hingga dua tahun mendatang.
  • Reksadana saham
    Dengan risiko yang paling fluktuatif, cocok untuk tujuan finansial jangka panjang seperti dana pensiun salah satunya. Delapan puluh hingga seratus persen dana akan diinvestasikan ke saham-saham unggulan.
  • Reksadana campuran
    Bagi kamu yang ingin manfaat jangka waktu lebih pendek, reksadana campuran pilihannya. Reksadana jenis ini jauh lebih stabil dibandingkan reksadana saham. Cocok untuk persiapan dana pendidikan yang akan digunakan lima tahun mendatang.

4. Waktu yang paling baik untuk memulai reksadana ialah ketika masih muda. Ketika kamu masih berusia produktif, investasi reksadana membutuhkan waktu yang panjang sekitar 5 hingga 10 tahun untuk menuai hasil. Kamu dapat mengolah keuanganmu dengan sebaik-baiknya. Jadi, reksadana membantumu untuk menjaga sifat menghambur-hamburkan uang.

5. Reksadana yang baik berusia minimal 5 tahun. Semakin panjang waktu investasi, maka semakin banyak hasil yang diperoleh dari praktik investasi ini. Dengan bantuan manajer investasi yang baik dan jujur, kerugian akibat fluktuasi perekonomian dapat teratasi dengan baik. Manajer investasi bertugas menjaga dana yang kamu tanamkan

Bagaimana, Kawan Tunaiku? Setelah tahu tentang 5 fakta tentang reksadana, jangan takut berinvestasi dalam bentuk reksadana, ya. Selama kamu penuh perhitungan dan memiliki kesabaran, pasti kesuksesan menyusul di masa mendatang.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett