Beranda > Finansial > 10 Cara ini Agar Bisa Menabung Separuh Gaji dan Survive Sampai Akhir Bulan

10 Cara ini Agar Bisa Menabung Separuh Gaji dan Survive Sampai Akhir Bulan

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
10 Cara ini Agar Bisa Menabung Separuh Gaji dan Survive Sampai Akhir Bulanwatermark

TUNAIKU.COM – Sadar atau nggak, makin ke sini rasanya untuk menabung itu semakin susah. Rasanya, ada saja pengeluaran yang tidak terduga setiap hari. Setelah dicermati kemudian hari, ternyata pengeluaran itu bukan untuk kebutuhan dasar.

 

Rasanya saya harus menerapkan metode pengelolaan uang sewaktu fresh graduate dulu. Di tiga bulan pertama kerja saya memang bisa menabung setengah dari gaji. Hal ini dimotivasi oleh keinginan resign setelah tiga bulan. Jadi mau nggak mau ya harus punya tabungan. Lagi pula, sayang waktu dan tenaga yang sudah dikeluarkan kalau gaji lenyap begitu saja. Dan dengan menabung setengah dari gaji, financial goal pun semakin cepat tercapai.

 

Artikel terkait: Metode pengaturan uang

  1. Contek Cara Mengatur Keuangan dari Berbagai Negara ini
  2. Kurang Jago Mengatur Keuangan? Simak 7 Cara Anti Boros dalam Menggunakan Kartu Kredit Ini
  3. Yuk, Mulai Ajari Anak Kita Mengatur Uang Melalui 5 Langkah Ini

 

Setelah dicoba, ternyata saya cukup mampu. Jadi penghasilan itu nggak numpang lewat di ATM saja. Ya tapi tetap saja mengalami banyak tantangan. Apalagi kalau sudah mendekati pertengahan bulan. Namun, semua itu bisa terlewati karena memiliki cara khusus:

 

1. Bayar pengeluaran krusial di awal bulan

Saat uang masih banyak-banyaknya, usahakan untuk membayar kebutuhan mendesak, penting, dan dalam jumlah besar. Pengeluaran itu seperti listrik, kontrakan, belanja bulanan, cicilan, dan lain sebagainya. Dengan demikian kamu pun nggak akan bingung cari uang kalau pertengahan bulan sudah tiba.

 

2. Bawa minum kemana-mana

Kadang kalau lagi jalan-jalan atau berangkat kerja, kita lebih nyaman dan ringkas kalau membeli air minum kemasan. Namun, satu air minum kemasan pastinya nggak akan cukup untuk seharian. Pastilah kamu mengeluarkan lebih dari Rp5 ribu dalam sehari untuk membeli minum. Kalau dihitung sampai akhir bulan, lumayan juga lho.

 

Mulai sekarang kamu perlu membawa air minum dari rumah. Gunakan botol yang bisa menampung air lebih banyak.

 

3. Bawa bekal ke kantor

Cara ini adalah cara yang bisa menghemat puluhan ribu, apalagi kalau kamu tinggal di rumah. Dengan membawa makanan dari rumah, seenggaknya kamu menghemat Rp25 ribuan sehari. Lumayan, kan?

 

4. Manfaatkan jaringan internet kantor

Saya sendiri termasuk yang nggak begitu boros dalam pemakaian pulsa internet. Padahal saya cukup rutin berselancar di media sosial, lho. Namun, saya tetap bisa hemat karena memaksimalkan jaringan Wi-Fi di kantor.

 

5. Piknik murah meriah pun bisa

Hemat bukan berarti pelit pada diri sendiri sampai melupakan agenda piknik, ya. Dengan biaya nggak sampai Rp50 ribu saya sudah bisa piknik dan bersenang-senang dengan teman. Pasalnya di Jogja banyak objek wisata yang biaya masuknya cukup murah dan lokasi antar-objek wisata berdekatan. Jadi tinggal modal bensin, tiket masuk, selebihnya saya bisa membawa bekal sendiri dari rumah, hehe.

 

6. Nonton di rumah

Untuk orang yang hobi nonton seperti saya mungkin akan stres kalau nggak punya bujet nonton karena harus menabung. Tenang! Buktinya saya masih bisa nonton, kok. Kuncinya adalah langganan situs streaming film-film di rumah. Ada beberapa vendor yang bisa kamu pilih, semisal iFlix, Netflix, Hooq, dan lain-lain. Yang pasti, selain lebih puas nonton film yang kamu suka, dengan langganan situs ini kamu juga bisa menghemat banyak uang.

 

Artikel terkait: Film yang sebaiknya kamu tonton

  1. 7 Film Indonesia Ini Pamerkan Pesona Alam, Yuk Nonton dan Keliling Nusantara!
  2. Cek, 5 Film Indonesia Tayang Juni 2018 yang Cocok Ditonton untuk Libur Lebaran
  3. Apa Saja Film Genre Biografi yang Hadir Tahun Ini?

 

7. Sebelum nongkrong makan dulu

Biar hemat, tapi saya juga masih bisa nongkrong dengan teman. Caranya ya jangan makan berat saat di kafe. Cukup beli minuman atau cemilan saja. Jadi sebelum berangkat makan yang kenyang dulu dari rumah, hehe.

 

8. Beri jatah mingguan

Biasanya saya memberikan jatah mingguan untuk pengeluaran. Jadi hampir seperti pengelolaan keuangan metode Kakeibo lah. Jadi sebisa mungkin harus bisa bertahan dengan jatah yang ada.

 

CTABARU1

Mobile Site CTA

9. Hindari utang

Saya nggak menyarankan berutang atau menggunakan kartu kredit kalau uang sudah menipis. Berutang hanya akan membuka lubang yang baru. Apalagi kalau sampai terkena bunga kartu kredit.

 

10. Mulai punya penghasilan sampingan

Kalau ingin bertahan dengan pengeluaran yang banyak, ya kamu harus punya penghasilan yang lebih banyak juga. Salah satu caranya adalah dengan memiliki penghasilan tambahan. Penghasilan ini bisa didapat dari punya usaha jualan online atau memiliki pekerjaan freelance.

 

Nah, itu dia 10 cara agar bisa bertahan di pertengahan bulan. Kalau saya pun bisa berhasil, kamu pun pasti bisa!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett